Mengajak anak-anak liburan tentu akan lebih afdol jika destinasi tempat wisatanya sekaligus bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk belajar. Bahkan tidak hanya anak-anak yang bisa belajar ke tempat-tempat wisata yang memiliki nilai edukasi tersebut, karena orang tua pun bisa sekalian mencuri ilmu yang didapat selama liburan.

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan salah satu tempat wisata yang berkonsep agrowisata dan edukasi dan sangat cocok dijadikan destinasi liburan bersama anak-anak dan keluarga. Selain belajar tentang perkebunan, para pengunjung pun akan dimanjakan dengan spot-spot foto menarik yang instagramable sambil menikmati panorama keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata dengan konsep agrowisata yang dibanung sejak 20 Desember 2015 ini selalu ramai akan pengunjung terutama ketika hari libur tiba. Hal ini mengingat fungsi Agrowisata Bhumi Merapi yang selain berperan sebagai tempat wisata atau rekreasi namun juga berfungsi sebagai sarana edukasi untuk anak-anak.

Jangan lewatkan, baca juga Bukit Klangon Merapi

Para wisatawan yang datang juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah berupa taman nan hijau dan bunga-bunga warna-warninya. Bahkan terdapat pula paket pelatihan usaha yang tentu saja sangat bermanfaat bagi yang sedang bingung untuk memulai usaha. Pengunjung akan didampingi oleh tour guide yang akan menjelaskan segala informasi terkait tempat wisata ini.

Kegiatan di Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi menjadi salah satu destinasi favorit terutama bagi anak-anak dan keluarga yang memiliki luas lahan sekitar 5,2 hektar. Lahan tersebut dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, peternakan, dan pertanian dengan menyuguhkan pemandangan indah Gunung Merapi sebagai latar belakangnya.

Para wisatawan yang datang bisa melakukan kegiatan seru seperti berikut ini:

  • Camping
  • Outbound
  • Saran edukasi untuk mengenal hewan mamalia dan reptil
  • Field trip untuk belajar mengenai tanaman hidroponik
  • Melakukan kontak langsung dengan hewan-hewan yang ada seperti memerah susu kambing, memberi susu ke anak kambing, memberi minum kambing, bermain dengan kelinci, bersentuhan langsung dengan aneka reptil, dan naik kuda
  • Mengunjungi Goa Ponggolo yang merupakan sebuah goa yang dibuat ketika zaman Perang Diponegoro (1825 – 1830) oleh Kyai Ponggolo dan Nyi Ponggolo.
  • Caving dan rafting di Goa Ponggolo yang memiliki panjang 350 meter dan lebar 1 – 2.5 meter
  • Olahraga offroad dengan layanan tour menggunakan jeep

Fasilitas di Agrowisata Bhumi Merapi

Mencari spot foto yang menarik dan instagramable seolah menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan jika sedang berlibur. Agrowisata Bhumi Merapi juga menyuguhkan spot-spot foto menarik  dan fasilitas-fasilitas memadai lainnya seperti berikut ini:

Kegiatan Agrowisata Bhumi Merapi

  • Rumah Hobbit 1 dengan bentuk bangunannya yang seperti rumah biasa dan terbuat dari kayu
  • Rumah Hobbit 2 yang berbentuk lingkaran
  • Gazebo di taman untuk istirahat
  • Arena camping dan outbound
  • Area budidaya binatang (ikan, kambing etawa, musang, reptile, kelinci, dan masih banyak lagi)
  • Area pacuan kuda
  • Area kebun hidroponik
  • Toilet
  • Mushola
  • Kantin

Rute Menuju Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi

Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi berada di Jalan Kaliurang km 20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik milik sendiri atau menggunakan jasa sewa motor atau sewa mobil.

Rute yang harus dilewati untuk sampai di tempat wisata ini adalah melalui Jalan Kaliurang dan tinggal ikuti petunjuk arah yang ada. Jika masih bingung, tentu saja bisa memanfaatkan kemudahan teknologi seperti google maps.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Bhumi Merapi

Pengunjung yang ingin memanfaatkan Agrowisata Bhumi Merapi untuk wahana edukasinya bisa datang setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB. Jika ingin berlibur ke sini para wisatawan tidak perlu merogoh kocek mahal karena setiap pengunjung yang datang hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,00 saja.

Tarif dan biaya yang harus dikeluarkan untuk memasuki kawasan wisata dan menikmati setiap fasilitas yang ada pun tergolong tidak terlalu mahal. Berikut range harga yang biasanya ditawarkan:

KeteranganHarga
Tiket masuk :Rp 10.000,00 per orang
Berkuda dengan kuda poni :Rp 10.000,00
Berkuda dengan kuda besar :Rp 20.000,00
Satu dot susu untuk memberi minum anak kambing :Rp 2.500,00
Sewa 1 jeep :Rp 150.000,00 per mobil (untuk 5 – 6 orang)

Jangan pergi dulu sebelum baca Bukit Bukit Paralayang Watugupit

Jika ingin lebih hemat maka memilih menggunakan paket wisata adalah pilihan yang paling tepat. Tentu anak-anak akan senang bermain dan belajar di tempat wisata yang sangat edukatif dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memadai ini.

Rate this post