Perkembangan pariwisata di Kulonprogo terbilang cukup pesat dengan wisata andalannya yaitu wisata air terjun yang salah satunya adalah Air Terjun Curug Sidoharjo. Akhir-akhir ini Kulonprogo menjelma menjadi primadona baru di bidang pariwisata karena terbukti banyak sekali tempat wisata baru yang hits dan ramai didatangi wisatawan. Terlebih lagi Air Terjun Curug Sidoharjo memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang.

Air terjun yang pengelolaan wisatanya masih ditangani masyarakat sekitar ini merupakan air terjun tertinggi di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Ketika musim penghujan aliran air di tempat wisata ini cukup melimpah sehingga biasanya lebih ramai dikunjungi pengunjung. Lokasinya yang masih dalam satu wilayah dengan wisata hits lain di Kulonprogo seperti Kalibiru membuat destinasi ini menjadi alternatif dalam paket wisata satu hari di Kulonprogo.

Menengok Keindahan Alam di Air Terjun Curug Sidoharjo

Lokasi Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Curug Sidoharjo memiliki tinggi menjulang sekitar 75 meter dengan sudut kemiringan sebesar 90 derajat. Tidak hanya keindahan di air terjunnya saja yang bisa dinikmati, namun selama perjalanan para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai hal menarik. Para wisatawan akan berpapasan dengan penduduk yang sedang mencari rumput di hutan dan dengan keramahannya menyapa para wisatawan yang datang.

Baca juga, Candi Sambisari Yogyakarta, Menyusuri Misteri Sejarah Agama Hindu

Hijaunya persawahan yang dialiri saluran air dengan ujung saluran yang tampak seperti air terjun kecil dengan ketinggian 10 meter menjadi pemandangan yang menarik. Setelah itu, para pengunjung akan menyusuri tepian sungai yang hulunya terdapat di Curug Sidoharjo. Lebatnya pepohonan, tebing yang terlihat lembab dengan rembesan airnya melengkapi harmoni keindahan di sekitar air terjun ini.

Ketika musim kemarau tiba aliran airnya memang tidak cukup deras karena debit airnya tidak terlalu tinggi. Tempat ini terbilang masih sepi pengunjung sehingga masih terlihat asri, alami, dan bersih karena belum banyak tangan manusia yang menjamahnya. Di sekitar air terjun terdapat batuan pasir dan cekungan air seperti kolam dengan kedalaman yang beragam.

Kejernihan air dan kelestarian alamnya menjadi panorama keindahan yang menyatu menjadi sebuah harmoni yang indah. Terdapat beberapa tanaman bunga liar yang terlihat begitu indah ketika sedang mekar. Udara yang sejuk dan segar pun begitu terasa ketika sampai di tempat wisata ini.

Rute dan Lokasi Air Terjun Curug Sidoharjo

Air Terjun Curug Sidoharjo berlokasi di Gonolangu, Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasinya tepat berada di antara perbukitan Pegunungan Menoreh yang terbentang di bagian selatan Kulonprogo hingga Magelang.

Akses untuk menuju tempat wisata ini masih cukup sulit dengan jalanan yang cukup sempit dan hanya dapat dilewati kendaraan roda dua. Sehingga sangat disarankan bagi wisatawan yang datang dari luar kota untuk menggunakan jasa sewa motor yang biasanya ditawarkan pihak agen tour & travel. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat para wisatawan yang datang harus rela berjalan kaki dari tempat parkir yang biasanya di rumah penduduk sampai ke lokasi air terjun.

Untuk menuju tempat wisata ini bisa dengan melewati rute dari pusat Kota Jogja – melewati perempatan Ring Road Demak Ijo – lurus ke Jalan Godean hingga menemukan Jembatan Progo – ambil arah kanan (utara) di perempatan Nanggulan – perempatan Tugu Dekso ambil kiri ke arah Samigaluh atau Puncak Bukit Suroloyo – lurus sampai menemukan papan nama MTs Sidoharjo pada sebuah tanjakan yang menikung – ikuti gang masuk sekolah tersebut hingga memasuki pemukiman penduduk – ikuti petunjuk jalan menuju Air Terjun Curug Sidoharjo yang tertera di setiap persimpangan jalan.

Harga Tiket Masuk

Tempat wisata ini tergolong sangat murah meriah karena para pengunjung yang datang tidak dikenakan tarif biaya masuk sama sekali alias gratis. Para pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Sensasi petualangan yang seru dan menantang pun dapat dirasakan selama perjalanan menuju curug dengan melewati bebatuan yang tidak rata, jalanan sempit, dan persawahan.

Baca juga, The Lost World Castle, Wisata Instagramable Kekinian di Jogja

Udaranya yang segar dengan panorama keindahan yang seolah merupakan paket lengkap membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat pelarian refreshing. Jika datang ke sini, para pengunjung dapat menikmati makanan khas regedheg yang merupakan jajanan berupa daun pegagan yang digoreng dengan tepung. Tentu hal ini dapat menambah pengalaman yang tak akan terlupakan selama liburan di Air Terjun Curug Sidoharjo ini.

Rate this post