Seiring dengan perkembangan pariwisata yang pesat di Gunungkidul, kekayaan alam yang ada banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata tak terkecuali Air Terjun Gedad. Tempat wisata ini memang tergolong masih sangat baru karena baru berdiri pada tahun 2016 dan dikelola langsung oleh karang taruna dusun setempat. Namun, siapa sangka tempat wisata baru tersebut kini menjelma menjadi primadona tempat wisata baru yang ramai akan wisatawan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri.

Air terjun yang berada di balik tebing kapur ini menyuguhkan panorama keindahan air terjun yang khas dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Pengunjung pun akan merasakan kesejukan dan kesegaran udara begitu memasuki kawasan wisata ini. Lokasinya yang cukup dekat dengan Air Terjun Sri Gethuk membuat tempat wisata ini bisa menjadi alternatif paket liburan ke jogja di Gunungkidul.

Asal Mula Air Terjun Gedad

Keindahan Air Terjun Gedad

Kemunculan Air Terjun Gedad ini ternyata menyimpan cerita unik sendiri yang akhirnya menjadi mitos turun temurun yang diceritakan. Konon katanya air terjun ini ditemukan oleh seorang kyai yang bernama Abu Dardak. Kyai tersebut menggali tanah di Gunung Nggrunggung dan membuka aliran air bawah tanah, kemudian mengalirkannya ke Dusun Gedad melewati tebing pegunungan.

Panorama Keindahan Air Terjun Gedad

Tak kalah menarik dengan air terjun lainnya yang sudah lebih dahulu terkenal, Air Terjun Gedad menyuguhkan pemandangan khas berupa air terjun dan batuan kapurnya. Air terjun tampak mengalir begitu derasnya menghantam batuan besar yang membuat air terpecah membentuk suatu panorama keindahan. Terdapat pepohonan hijau nan rindang dan pohon kelapa yang menjulang tinggi yang menambah keasrian tempat wisata ini.

Jangan lewatkan yang satu ini, Air Terjun Curug Sidoharjo

Ketinggian air terjun ini memang tidak terlalu tinggi dan hanya berkisar sekitar 10 – 15 meter dengan dinding yang cukup lebar dan berpunuk-punuk. Dinding bebatuan inilah yang menjadi daya tarik air terjun ini karena membuat aliran airnya terlihat semakin eksotis dan artistik. Aliran airnya tampak berwarna putih berbuih yang mengalirkan air ke kolam di bawahnya yang sering dimanfaatkan untuk tempat mandi dan berenang.

Fasilitas yang Tersedia Untuk Wisatawan

Tempat wisata ini sudah dikelola dengan cukup baik oleh pihak setempat dan tersedia beberapa fasilitas seperti berikut ini:

  • Warung makan
  • Jembatan dari kayu dan pohon
  • Pesantren peninggalan Kyai Dardak di atas Air Terjun Gedad
  • Spot foto menarik
  • Dek khusus di depan air terjun untuk mengambil foto
  • Pelampung, ban karet, dan perahu karet

Rute dan Lokasi Air Terjun Gedad

Lokasi wisata Air Terjun Gedad ini berada di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena jalanan yang harus dilewati berupa bebatuan dengan permukaan yang tidak rata dan cukup sempit. Sehingga bagi para wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa motor harian jogja yang ada.

Para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini harus melewati jalanan desa berupa batuan kapur dengan berjalan kaki. Untuk menuju tempat wisata ini para wisatawan bisa melewati rute dari pusat Kota Jogja – lurus terus melewati Jalan Wonosari – lurus terus hingga perlimaan bunderan Siyono – ambil arah kanan barat hingga pertigaan pasar Playen – belok kiri di pertigaan Pasar Playen sampai menemukan pertigaan dengan plakat arah Air Terjun Sri Gethuk – belok kanan hingga pos pertigaan arah Sri Gethuk – ambil arah kiri sampai menemukan perempatan Balai Desa Banyusoco kurang lebih 3 kilometer – ambil kiri dan ikuti papan petunjuk ke Air Terjun Gedad.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Gedad

Wisata Air Terjun Gedad

 

Untuk menikmati panorama keindahan di tempat wisata ini para pengunjung tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis tiket masuk. Para wisatawan yang datang cukup membayar biaya parkir motor Rp 2.000,00 dan parkir mobil Rp 5.000,00.  Tentu saja tempat wisata ini menjadi tempat wisata destinasi pilihan yang cukup menarik dengan harga yang sangat murah.

KeteranganHarga
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

Tempat wisata lainnya, Candi Sambisari Yogyakarta

Menghabiskan akhir pekan sambil menikmati pemandangan disini tentu menjadi salah satu cara untuk refreshing sambil menikmati kesegaran udara yang ada. Spot-spot menarik yang khas dengan keasrian dan nuansa alamnya sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto. Tak jarang tempat wisata Air Terjun Gedad ini sering dijadikan tempat liburan bersama keluarga, anak-anak, maupun bersama teman-teman.