Wisata air terjun menjelma menjadi tempat wisata favorit bagi yang ingin mencari udara segar dan sejuk, tak terkecuali Air Terjun Lepo. Air terjun yang lokasinya berdekatan dengan tempat wisata lainnya di kawasan Mangunan ini menjadi primadona baru para wisatawan yang datang ke Bantul. Bahkan banyak yang mengatakan keistimewaan air terjun di sini mirip dengan Erawan Falls di Thailand.

Para wisatawan di sini dapat menikmati panorama keindahan berupa hijaunya pepohonan di sekitar, kejernihan air, dan kesejukan udaranya. Tak jarang banyak pula yang memanfaatkan kolam di air terjun ini untuk mandi dan berenang atau sekedar membasuh muka. Tempat wisata ini bisa menjadi destinasi wisata pilihan lainnya yang tergabung dalam satu paket wisata dengan destinasi lainnya di kawasan Mangunan.

Air Terjun Lepo Bantul

Udara nan sejuk dan segar khas pegunungan akan langsung dirasakan para pengunjung begitu sampai di lokasi wisata ini. Di sini para wisatawan yang datang akan disuguhkan 3 air terjun dan 4 buah kolam yang biasanya dimanfaatkan untuk mandi maupun berenang. Masing-masing kolam yang ada memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri.

Air Terjun Lepo Jogja

Kolam yang pertama biasanya dimanfaatkan oleh anak remaja dan dewasa untuk berenang karena memiliki kedalaman yang cukup dalam yaitu sekitar 2 meter. Kolam kedua biasanya digunakan untuk berendam sambil menikmati pemandangan yang ketiga dengan kedalaman seukuran pinggang orang dewasa dan lebih luas. Sedangkan kolam ketiga dan keempat sangat cocok untuk tempat anak-anak bermain karena tidak begitu dalam atau cukup dangkal.

Lihat juga: Wisata Pantai Ngobaran

Keindahan kolam alami ini semakin terlihat dengan adanya tebing-tebing batu di sekitar kolam yang tersusun eksotis dengan sebuah titian batu dan selokan kecil. Tak jarang banyak yang memanfaatkan spot-spot ini untuk menjadi spot foto menarik yang instagramable. Kejernihan airnya yang berwarna hijau tosca semakin melengkapi keindahan alami di wisata Air Terjun Lepo ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Lepo

Tempat wisata ini memang tergolong masih sangat baru sehingga masih tampak begitu asri. Namun, para pengunjung yang datang tidak perlu khawatir karena tempat wisata Air Terjun Lepo ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang cukup mendukung dan memadai seperti berikut ini:

  • Warung makan
  • Aula besar yang bisa digunakan untuk acara
  • Penyewaan pelampung
  • Penyewaan tikar untuk alas
  • Toilet dan ruang ganti
  • Spot foto menarik
  • Area parkir

Rute dan Lokasi Air Terjun Lepo

Lokasi Air Terjun Lepo berada di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Tidak tersedia kendaraan umum yang menuju lokasi wisata ini sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Bagi para pengunjung yang datang dari luar kota pun tidak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan jasa sewa motor di jogja yang ada.

Lokasi Air Terjun Lepo

Untuk sampai di lokasi wisata ini bisa dengan melewati rute dari pusat Kota Jogja – melewati Jalan Imogiri – lurus terus hingga sampai di Kantor Kecamatan Dlingo – ikuti papan petunjuk hingga sampai di lokasi Air Terjun Lepo. Tak perlu takut tersesat karena di zaman serba canggih seperti sekarang ini bisa memanfaatkan google maps atau bertanya ke penduduk sekitar.

Kunjungi juga: Air Terjun Curug Sidoharjo

Akses jalan yang harus dilewati tidak begitu mudah sehingga sangat disarankankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini dikarenakan jalanan menuju lokasi wisata harus melewati tengah kampung dengan kondisi jalan yang cukup sempit. Ketika musim hujan tiba jalanan begitu licin sehingga harus lebih berhati-hati dalam membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Tempat wisata ini tergolong destinasi yang sangat murah dan pengunjung yang datang hanya cukup menyiapkan biaya seperti rincian berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket masukRp 5.000
Parkir motorRp 3.000
Parkir mobilRp 5.000
Sewa pelampungRp 10.000
Sewa tikarRp 10.000

Air Terjun Lepo pun kini menjadi primadona wisata baru yang banyak dilirik wisatawan yang datang khususnya ke daerah Bantul. Banyaknya pilihan wisata di daerah ini membuat para pengunjung tak segan untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata baru.

Menikmati pemandangan alam yang begitu asri dengan udaranya yang sejuk tentu menjadi pilihan yang tepat untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk pilihan berlibur bersama keluarga sambil berpiknik ria di sekitar kolam. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Air Terjun Lepo ini agar keasriannya senantiasa terjaga.