Beri peringkat untuk posting ini

Bantul adalah salah satu bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga sering dijadikan tujuan wisata. Salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Bantul ialah Gumuk Pasir atau Pantai Parangtritis, yang merupakan pantai terluas di daerah Yogyakarta.

Selain mempunyai objek wisata pantai, Bantul juga mempunyai jenis objek wisata lainnya yang berupa air terjun. Diantara air terjun tersebut ada yang dinamakan dengan Air Terjun Randusari. Sayangnya, air terjun ini hanya dapat dikunjungi saat musim penghujan saja karena pada musim kemarau akan ditutup.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari Jogja

Air terjun yang satu ini diberi nama Randusari, karena memang di dekat terjunan air ada pohon randu atau pohon kapuk yang ukurannya cukup besar. Sementara untuk kata ‘sari’ itu sendiri asalnya dari bahasa Jawa yang artinya adalah utama. Berikut ini keistimewaan yang menjadi daya tarik Air Terjun Randusari.

  • Sumber Air Bersih Bagi Warga

Sebelumnya, air terjun yang tingginya sekitar 15 meter ini adalah sumber air bersih bagi warga sekitar. Namun, karena lokasinya sangat bagus, akhirnya air terjun tersebut dialihkan sebagai tempat wisata.

  • Lebih Cantik Pada Saat Musim Penghujan

Seperti yang telah diketahui, Air Terjun Randusari ini adalah objek wisata musiman yang hanya dapat dikunjungi saat musim penghujan. Namun, ini bukan karena air terjun tersebut menjadi kering ketika musim kemarau. Tetapi, karena memang sengaja ditutup guna memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat.

Kunjungi juga: Air Terjun Sri Gethuk

Di samping itu, pemandangan air terjun ini juga menjadi lebih cantik saat musim penghujan karena alirannya cukup besar. Sementara pada musim kemarau alirannya cenderung kecil.

  • Terdapat Kolam Buatan

Di bawah terjunan air terdapat kolam buatan yang dalamnya sekitar 3 meter. Dulunya, kolam buatan ini difungsikan sebagai tanggul. Namun sekarang pengunjung bisa menggunakannya untuk bermain air sepuasnya. Tapi, mengingat batu-batu yang ada di sana itu licin, setiap pengunjung diharapkan untuk berhati-hati saat bermain air.

  • Hammock

Tepat di depan air terjun, terdapat hammock yang biasa dipakai sebagai spot foto oleh pengunjung. Selain bisa dipakai untuk berfoto, hammock ini juga bisa sekalian dipakai untuk bersantai.

  • Bentuk Air Terjun yang Tampak Kembar

Hal lain yang juga membuat air terjun Bantul ini begitu menarik ialah bentuknya, yang apabila dilihat sekilas tampak seperti ada dua buah air terjun. Bentuk yang demikian ini diakibatkan oleh adanya batu besar yang lebih menonjol di bagian atas tebing sehingga membuat terjunan air terbagi menjadi dua.

  • Kondisi Lingkungan yang Bersih

Lingkungan di sekitar Air Terjun Randusari ini cukup bersih. Hal ini dikarenakan pihak pengelola sudah menyediakan cukup banyak tempat sampah, sehingga pengunjung tidak membuang sampahnya secara sembarangan.

Lokasi dan Cara Menuju ke Air Terjun Randusari

Lokasi air terjun kembar ini adalah di Bantul, tepatnya di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo. Lokasi ini terdapat di area perbukitan Kapur Dlingo di sebelah timur Kabupaten Gunung Kidul.

Lokasi ini juga membuat Air Terjun Randusari berdekatan dengan Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan serta Bukit Sri Panjung Dlingo yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Lihat wisata Jogja lainnya, Bukit Bintang

Untuk bisa mencapai lokasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan berupa mobil atau motor. Namun, penggunaan motor lebih disarankan mengingat kondisi jalan menuju ke lokasi cenderung sulit dilalui oleh kendaraan dengan roda empat. Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan sewa motor murah di sekitaran Jogja.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Randusari

Sejatinya lokasi wisata ini masih berada dalam tahap pengembangan. Karena itu, tidak banyak fasilitas yang dapat ditemukan di sini. Diantara fasilitas-fasilitas yang sudah ada di sana ialah sebagai berikut.

  • Gazebo
  • Hammock atau tempat tidur ayunan
  • Kamar mandi
  • Warung
  • Area parkir
  • Tempat sampah

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Randusari

Wisatawan Air Terjun Randusari

Sementara untuk harga tiket masuk atau htm Air Terjun ini sangat terjangkau, dimana pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya saja. Namun, jika membawa kendaraan maka harus membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Sangat terjangkau bukan?

KeteranganHarga
Tiket Masuk:Seikhlasnya
Parkir Motor:Rp 2.000,00
Parkir Mobil:Rp 5.000,00

Karena itu, sangat disayangkan sekali bila Anda melakukan perjalanan wisata ke Bantul tetapi Air Terjun Randusari ini malah terlewat. Manfaatkan saja paket wisata 1 hari ke jogja yang ditawarkan oleh para agen terkait agar perjalanan Anda bisa terjadwal dengan lebih baik, sehingga Anda pun bisa menikmati waktu luang dengan lebih nyaman.