Air Terjun Seloprojo dikenal juga dengan nama Air Terjun Sumuran dan memiliki ciri khas unik berupa bentuk pancuran airnya. Para pengunjung yang datang akan menikmati keindahan pemandangan alam dengan hawa udaranya yang segar dan sejuk. Perjalanan jauh yang melelahkan pun seperti terbayar lunas dengan segala keindahan yang ada.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun, para wisatawan akan dibuat takjub dengan hijaunya persawahan dan pepohonan di sekelilingnya. Lokasinya yang berada di Magelang membuat tempat wisata ini menjadi destinasi pilihan berikutnya selain Candi Borobudur yang bisa dimasukkan dalam satu paket wisata.

Menikmati Alam di Air Terjun Seloprojo

Nuansa Bali seolah dapat dirasakan ketika berada di sini karena terdapat 3 buah patung kepala burung di ujung kolam yang bentuknya menyerupai arca candi seperti pure di Bali. Air yang mengalir di air terjun ini bersumber dari Gunung Telomoyo yang kemudian aliran airnya jatuh ke dua buah kolam buatan di bawahnya dengan kedalaman sekitar 1 meter. Selain menikmati pemandangan di sekitar air terjun, pengunjung pun dapat mandi dan berenang langsung di kolam tersebut.

Wisatawan Air Terjun Seloprojo

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk

Tinggi air terjun ini berkisar sekitar 30 meter dan ketika musim hujan alirannya menjadi semakin deras. Terdapat dua air terjun di sini yaitu Air Terjun Sumuran dan Air Terjun Senthong yang keduanya mengalir indah menyuguhkan pemandangan eksotis. Aktivitas penduduk seperti mengurus sawah dan mencari rumput untuk ternaknya menjadi pemandangan bonus yang bisa didapatkan selama tracking menuju lokasi wisata.

Akses lokasinya yang cukup sulit membuat tempat wisata ini masih sepi pengunjung sehingga suasana sepi dan asri masih begitu kental terasa. Tempat ini bisa dibilang surga tersembunyi yang ada di Magelang yang berada di balik pegunungan. Para wisatawan pun dapat memanfaatkan spot-spot foto menarik yang terdapat di sekitar air terjun ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Seloprojo

Meskipun terbilang masih baru dan masih dalam tahap pengembangan, tempat wisata ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti berikut ini:

  • Gazebo yang terdapat di samping kolam yang dapat digunakan untuk tempat beristirahat pengunjung
  • 2 toilet
  • Camping ground
  • Jembatan kecil dari besi yang terdapat di depan air terjun
  • Spot foto menarik
  • Area parkir yang lokasinya dekat pos retribusi

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo berlokasi di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tepat di bagian barat lereng Gunung Telomoyo. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau dengan memanfaatkan jasa sewa motor karena akses untuk menuju tempat wisata ini cukup sulit.

Air Terjun Seloprojo Magelang

Para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini harus melewati hamparan sawah yang luas menuju permukiman penduduk sampai menemukan sebuah gapura. Gapura tersebut bertuliskan Air Terjun Seloprojo dengan papan petunjuk arah menuju lokasi air terjun. Harus berhati-hati ketika melewati jalanan menuju tempat wisata ini karena masih terdapat jalanan beraspal yang rusak dan harus melewati jalanan setapak.

Jika dari arah Kota Jogja, lokasi wisata ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan rute Tugu Jogja – lurus terus di Jalan Magelang – Tempel – Muntilan – Kota Magelang – ambil arah Salatiga – ambil kiri setelah sampai di pertigaan Pasar Grabag – melewati Air Terjun Sekar Langit – menuju Desa Seloprojo – lurus terus sampai menemukan gapura bertuliskan Air Terjun Seloprojo dan ikuti papan petunjuk.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Seloprojo

Berlibur ke Air Terjun Seloprojo merupakan salah satu alternatif wisata yang cukup murah karena para wisatawan hanya akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 3.000,00 per orang. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir motor sebesar Rp 2.000,00.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin mencari udara yang segar untuk refreshing melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tak heran jika tempat ini lebih sering ramai ketika hari libur atau ketika akhir pekan tiba dibandingkan hari biasa.

Rekomendasi untuk anda: Hutan Pinus Pengger

Bagi yang suka berpetualang dan berwisata alam tempat ini menjadi tempat pilihan untuk mengeksplorasi lebih banyak tempat wisata baru. Nuansa alam pedesaan yang khas dengan penduduknya yang ramah dapat pengunjung rasakan selama berada di tempat wisata ini. Namun, jika datang ke Air Terjun Seloprojo ini jangan lupa untuk membawa bekal makanan atau minuman karena belum ada warung yang berjualan di sekitar lokasi wisata.

Rate this post