Rate this post

Tepatnya di Desa Sidoharjo, Kulon Progo Yogyakarta, Air Terjun Sidoharjo berada. Sesuai dengan namanya, air terjun ini dinisbatkan pada nama daerah itu sendiri, yakni Sidoharjo. Warga sekitar seringkali menyebutnya dengan sebutan “curug”.

Tinggi dari air terjun ini adalah sekitar 75 meter dengan kemiringan sebesar 90 derajat. Air yang mengalir deras dari bagian atas berakhir di kolam yang berisi air yang sangat jernih. Air terjun Sidoharjo sendiri merupakan air terjun tertinggi yang ada di Yogyakarta, tidak ada yang bisa menandinginya lagi.

Banyak orang rela berjauh-jauhan untuk datang kesini dengan membeli paket wisata jogja 2 hari dalam rangka menyaksikan keindahan air terjun Sidoharjo. Lokasinya yang masih berada di dalam hutan, membuat air terjun ini masih memiliki keasrian lingkungan.

Tak jarang siapapun yang datang kesini akan merasakan sensasi kesegaran yang tidak ada duanya. Anda juga bisa menenangkan pikiran Anda, dari kepenatan yang ada.

Menyambangi Air Terjun Sidoharjo

Pesona Air Terjun Sidoharjo

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke daerah air terjun ini, terlebih dahulu bisa mendatangi Rumah Kepala Dusun setempat, Anda bisa menitipkan kendaraan yang dibawa di rumah tersebut. Karena akses menuju air terjun tidak bisa menggunakan kendaraan, maka Anda pun harus perjalanan kaki selama hampir 30 menit.

Baca juga artikel wisata: Lokasi Wisata Embung Batara Sriten Gunungkidul

Namun, pada saat melakukan perjalanan ini, Anda tidak perlu merasa khawatir karena kecapean. Sebab, sepanjang jalan yang Anda susuri akan ada berbagai pemandangan yang indah dan menakjubkan, seperti hamparan sawah di pedesaan, kicauan burung, serta hamparan bukit hijau yang luas membentang.

Alih-alih capek, Anda malah menikmati perjalanan tersebut, hingga terlupa bahwa Anda sudah sampai di lokasi tujuan. Air terjun ini masih menjadi bagian dari Pegunungan Menoreh, yakni pegunungan yang membentang di bagian barat Kabupaten Kulon Progo dan sebagian wilayah Kabupaten Magelang.

Adapun alternatif pilihan jalan lainnya adalah melalui rute searah dengan Puncak Bukit Suroloyo.

Ada apa saja di Air Terjun Sidoharjo

Saat melakukan perjalanan menuju air terjun, tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan eksotis saja, bahkan di waktu-waktu tertentu Anda juga bisa menyaksikan kera ekor panjang yang bergelantungan di tebing air Sidoharjo untuk mencari makanan.

Selain itu, tebing air terjun ini juga menarik untuk dijajali, khusus bagi Anda yang memiliki hobi memanjat. Untuk kondisi yang lebih aman, Anda bisa melakukan pemanjatan pada musim kemarau, sehingga debit air yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

Namun, ada hal yang perlu adi perhatian, di tempat wisata ini tidak ada petugas keamanan, sehingga Anda tidak dianjurkan untuk datang sendirian.

Tips Berwisata ke Air Terjun Sidoharjo

Air terjun Sidoharjo ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Pasar Dekso, jarak ini memang tidak terlalu jauh. Untuk mencapainya Anda bisa menggunakan asa sewa motor dengan kemampuan yang bisa menaiki ketinggian serta medan yang terjal. Selain itu, banyak pula tikungan tajam.

Selain itu, di daerah ini juga minim sinyal telepon seluler. Oleh sebab itu, bertanya kepada warga setempat adalah hal yang paling mungkin dilakukan pada saat Anda menanyakan lokasi air terjun tersebut.

Akses Transportasi Menuju Lokasi

Kota Yogyakarta – Jembatan Progo – belok ke kanan di perempatan Nanggulan – sampai di lampu merah Dekso ambil tikungan ke kiri – MTS 4 Samigaluh – masuk ke jalan kecil di sebelah kiri sekitar 5 kilometer – sampai di Desa Sidoharjo. Akses transportasi bisa Anda bawa hanya sampai dengan Rumah Kepala Dusun saja, sisanya Anda sendiri yang melakukan perjalanan menuju lokasi air terjun.

Keindahan Air terjun Sidoharjo memang tidak ada duanya, banyak wisatawan lokal maupun domestik yang sengaja datang untuk menyaksikan keindahan dari air terjun ini. Anda bisa membawa berbagai perlengkapan yang bisa membantu Anda dalam perjalanan, diantaranya:

  1. Makanan ringan
  2. Alat elektronik, seperti kamera
  3. Jaket atau mantel
  4. Baju ganti
  5. Peralatan keamanan
  6. P3K

Perjalanan wisata menuju Air Terjun ini dikenal sebagai perjalanan paket komplit, karena selain bisa menyaksikan air terjun tertinggi di Yogyakarta, Anda bisa juga menyaksikan keindahan alam di Kulon Progo. Maka dari itu, perjalanan akan lebih nyaman bila Anda menggunakan kendaraan pribadi maupun rental mobil lepas kunci di jogja.

Keindahan Air Terjun Sidoharjo

Harga Tiket Masuk Curug Sidoharjo

Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau bagi semua kalangan. Untuk menikmati pesona air terjun ini Anda cukup membayar Rp 3.000,00. Namun harga tersebut bisa berubah pada akhir pekan.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 3.000,00

Jangan lewatkan, kunjungi juga: Puncak Bukit Widosari Kulon Progo

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berbagai kebiasaan atau tradisi warga setempat sekitar Air Terjun Sidoharjo. Tunggu apa lagi? segara datangi wisata ini untuk liburan Anda yang menyenangkan.