Salah satu tempat wisata air terjun yang cukup menarik dan ramai dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Sri Gethuk. Kabupaten Gunungkidul yang menjadi salah satu primadona wisata ini memang tidak ada habisnya menyuguhkan tempat-tempat wisata menarik. Mulai dari wisata pantai, susur goa, sungai, persawahan, hingga air terjun pun dapat ditemui di Gunungkidul.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk bisa dinikmati dalam satu paket wisata dengan wisata minat khusus Goa Rancang karena lokasinya berdekatan. Selain menikmati keindahan air terjun dan melakukan permainan seru, para wisatawan akan disuguhkan kearifan lokal khas Gunungkidul. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dan perkembangan pengelolaan wisatanya dari tahun ke tahun pun semakin pesat.

Sumber Mata Air di Tanah yang Tandus

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk

Seperti kita ketahui, tanah di Gunungkidul merupakan tanah kapur dan terkenal tandus apalagi ketika musim kemarau tiba. Namun, siapa sangka di balik kegersangan wilayah ini ternyata menyimpan sumber mata air yang menjadi penghidupan masyarakat sekitar.

Baca juga: Taman Wisata Alam Posong

Air yang mengalir terjun ke bawah Sungai Oyo ini berasal dari 3 sumber mata air yaitu mata air Ngumbul, Dong Poh, dan Ngandong. Air terjun tersebut akhirnya terbentuk lantaran ketiga mata air tersebut berkumpul dan mengalir melalui tebing tinggi. Para wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan keindahan air terjun yang memiliki tinggi 25 meter dengan 3 hingga 5 terjunan air.

Panorama Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun yang jatuh membentuk sebuah kolam yang kemudian airnya dialirkan melewati batuan kapur di sekitarnya menuju Sungai Oyo. Jika sedang beruntung, pemandangan indah berupa pelangi di sekitaran air terjun pun dapat menjadi pemandangan bonus bagi wisatawan yang datang.

Untuk menuju tempat spot air terjun ini pun para wisatawan bisa memilih dua alternatif jalan. Pilihan pertama bisa dengan berjalan melewati jalan setapak sambil menikmati pemandangan hijaunya persawahan dan gubuk-gubuk di tengahnya. Sedangkan bagi para wisatawan yang tidak ingin capek bisa menggunakan jasa sewa rakit untuk mengantarkan sampai ke spot air terjun.

Sangat disarankan untuk datang ke tempat wisata ini ketika musim kemarau tiba saat air sungai sangat jernih dan berwarna hijau tenang. Karena ketika musim hujan tiba aliran air menjadi deras dan warna air sungainya pun menjadi coklat. Sayangnya ketika musim kemarau, rerimbunan pepohonan hijau di sekitar sungai menjadi tampak gersang.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sri Gethuk

Sambil menikmati panorama keindahan di sekitar air terjun, para pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti berikut ini:

  • Mushola
  • Toilet dan ruang ganti
  • Sewa pelampung dan ban untuk tubing
  • Sewa kapal yang terbuat dari drum dan susunan kayu
  • Spot foto menarik
  • Warung makan yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan makanan serta minuman khas daerah Gunungkidul seperti nasi tiwul, gatot, ikan wader, dan masih banyak lagi
  • Area parkir

Rute dan Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Tidak ada kendaraan umum yang sampai di lokasi wisata ini sehingga bagi pengunjung yang dari luar kota disarankan menggunakan jasa sewa motor atau sewa mobil.

Untuk sampai di lokasi wisata ini bisa melewati rute pusat Kota Jogja – lurus melewati Jalan Wonosari – lurus terus hingga sampai di perlimaan bunderan Siyono – ambil arah kanan barat – lurus terus hingga Pasar Playen – belok kiri di pertigaan Pasar Playen – lurus terus sampai menemukan pertigaan dengan plakat bertuliskan arah menuju Air Terjun Sri Gethuk – lurus terus ikuti petunjuk hingga sampai di lokasi wisata.

Biaya Tiket Masuk Wisata Sri Gethuk

Bagi para wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata ini bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Siapkan budget sebanyak ini jika ingin menikmati setiap fasilitas yang disediakan:

KeteranganHarga
Tiket masukRp 10.000,00 per orang dan sudah termasuk tiket masuk Goa Rancang Kencana
Naik shuttleRp 10.000,00 per orang (pulang pergi)
Sewa perahu Rp 10.000,00 per orang (pulang pergi)
Sewa ban/jaket pelampungRp 5.000,00 – Rp 10.000,00 per unit

Sebelum pergi silahkan baca: Hutan Pinus Pengger

Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat tepat untuk berlibur bersama keluarga maupun teman-teman. Selain disuguhkan dengan berbagai panorama keindahannya, para wisatawan akan merasakan sensasi kearifan lokal dengan suasana dan makanan khas pedesaan di Air Terjun Sri Gethuk.

Rate this post