Yogyakarta, kota yang sangat menarik untuk dikunjungi ini memang tidak pernah habis untuk memberikan pilihan wisata. Mulai dari wisata yang memiliki harga tiket masuk menengah, hingga gratis, ditawarkan oleh kota ini.

Seperti kota yang berada di tanah Jawa, biasanya setiap pusat pemerintahan memiliki masjid, alun-alun serta pasar dengan jarak yang tidak jauh. Bagi masyarakat Yogyakarta, Alun Alun Kidul atau yang lebih sering disingkat Alkid memang tidak asing lagi. Alkid adalah salah salah satu alun-alun yang berada di selatan Kraton. Bagi Anda yang penasaran dengan wisata merakyat ini, berikut review selengkapnya.

Alun Alun Kidul Jogja

Jika Anda mencari tempat nongkrong yang asyik dan murah meriah di Jogja, Alkid bisa dijadikan pilihan. Selain kawasan Malioboro, saat malam hari Alkid selalu ramai pengunjung. Berlokasi tak jauh dari Titik Nol KM, Alkid menjadi pilihan hangout warga lokal atau pun wisatawan yang berasal dari luar daerah saat malam hari. Dari sore hari, halaman belakang dari Kraton Yogyakarta ini biasanya sudah dipadati oleh pengunjung. para pedagang pun tidak sabar membuka lapak dagangannya, bahkan pemilik odong-odong telah menyiapkan lampu.

Alun Alun Kidul Jogja

Sebenarnya, sebelum menjadi lokasi nongkrong yang cukup hits di Yogyakarta, Alkid adalah tempat latihan ketangkasan prajurit kraton. Perlu Anda ketahui, Alkid begitu sarat akan cerita. Dibangunnya Alkid konon agar bagian belakang kraton terlihat seperti bagian depan, selain itu alun-alun juga sengaja di tanami pohon beringin. Hal tersebut bertujuan agar kraton tak terkesan membelakangi daerah Laut Selatan.

Baca juga, De Arca Statue Museum, Wisata Kekinian yang Asyik di Yogyakarta

Cerita lain dari Alkid ini ialah mitos masangin. Saat menjalankan ritual masangin, ini Anda harus berjalan diantara pohon beringin. Ritual ini berasal dari topo bisu mubeng. Ritual tersebut biasanya dilakukan saat malam satu suro. Saat mengitari benteng, orang-orang tak boleh mengeluarkan suara. Ketika ritual diakhiri, Anda harus melewati beringin. Konon, diantara beringin tersebut terdapat rajah penolak bala. Mereka yang memiliki hati bersih akan dapat melewati beringin ini. Namun, mereka yang memiliki niat jahat tak akan lolos.

Sekarang, masangin tak menjadi ritual namun permainan. Bagi Anda yang penasaran dengan mitos beringin ini, Anda dapat mencobanya. Setelah bermain, Anda bisa melanjutkan menyewa odong-odong yang dihiasi dengan lampu berwarna-warni serta mengayuh sepeda. Jika malam sudah semakin larut, keindahan wisata malam Anda bisa diakhiri dengan menikmati secangkir kopi atau menikmati wedang ronde.

Lokasi Alun Alun Kidul

Alkid berlokasi tepat di selatan Kraton atau di Jalan Alun-alun Kidul, Yogyakarta. akses untuk sampai di Alkid tidak sulit. Bila Anda berangkat dari Malioboro, Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan alat transportasi umum seperti bis, becak atau delman.

Kebanyakan wisatawan lebih sering menggunakan becak dan delman. Sehingga setelah mereka puas berjalan-jalan di sekitar Malioboro, mereka melanjutkan wisata ke Alkid dengan menggunakan becak. Namun tidak jarang wisatawan juga datang ke lokasi ini dengan menggunakan sewa motor di sekitaran Malioboro.

Jika menggunakan becak, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 15 ribuan. Jarak tempuh Malioboro dengan Alkid bila menggunakan becak hanya 15 menit saja.

Fasilitas yang Berada di Sekitar Alkid

Wisata Alun Alun Kidul

Berikut beberapa fasilitas yang berada di sekitar Alkid, antara lain:

  • Tempat parkir

Alkid memiliki area parkir yang cukup luas. Sehingga jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor hanya Rp 2 ribuan saja, sedangkan mobil Rp 5 ribuan.

  • Warung makan

Selain tempat parkir, fasilitas umum yang terdapat di Alkid adalah warung makan. Ada begitu banyak warung makan di sekitar sini mulai dari yang memiliki harga mahal atau pun murah. bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ringan, beberapa makanan ringan yang bisa dicoba seperti cilok Bandung, tempura, otak-otak serta roti bakar.

  • Hotel atau penginapan

Baca juga, XT Square, Wisata yang Cocok Bagi Anda Pecinta Selfie

Di sekitar Alkid juga terdapat hotel dengan harga yang cukup terjangkau. Namun bila Anda mencari hotel dengan kelas mewah, Anda bisa mencari di sekitar Malioboro.

Semakin tertarik mengunjungi Yogyakarta? Jangan lupa mampir ke Alkid ya. Yuk, atur jadwal liburan Anda sekarang juga. Jika penginapan Anda jauh dari Alkid tidak perlu khawatir, karena sudah banyak tempat sewa mobil murah di Jogja.

Rate this post