Alun Alun Utara Yogyakarta hampir dimiliki oleh kota-kota yang tersebar di Indonesia. Biasanya, alun-alun akan dimanfaatkan bagi masyarakat yang hendak bersantai atau menggelar acara-acara di kota tersebut. Salah satu alun-alun yang terkenal di kawasan Yogyakarta adalah Alun-Alun Lor Yogyakarta.

Alun-alun ini sendiri terletak di sisi utara Keraton Yogyakarta atau tepatnya Jalan Alun-Alun Utara, Ngupasan. Alun-Alun Lor atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Alun-Alun Utara ini merupakan lahan atau landmark yang cukup luas, berbentuk persegi dan dikelilingi oleh jalan beraspal, serta di bagian tengahnya terdapat dua buah pohon beringin tua yang diberi nama Lyai Wijayandaru.

Pada zaman dahulu sekitar 63 pohon beringin yang melambangkan usia Nabi Muhammad SAW. Namun kini hanya tersisa dua pohon saja di tengah-tengah alun-alun.

Berbagai Hal Seputar Lokasi Wisata

Pada zaman dahulu di masa sultan masih menjabat, lokasi alun-alun ini dijadikan sebagai lokasi latihan para prajurit yang akan unjuk kehebatan di depan sultan. Sultan akan menyaksikan pertunjukan tersebut dari sisi yang disebut dengan Siti Hinggil. Namun kini, seiring berjalannya waktu alun-alun ini dijadikan sebagai ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja.

Baca juga, Selfie Park Jogja, Tempat Foto Instagramable di Kota Jogja

Tempat ini sendiri, kini banyak dipadati oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Acara yang biasa diadakan di lokasi ini adalah pasar malam, pertunjukan seni budaya, konser musik, dan lain sebagainya. Alun-Alun yang letaknya berada di tengah Kota Yogyakarta ini membuat para wisatawan memilih untuk berkunjung ke lokasi ini.

Selain letaknya yang strategis, untuk menuju ke lokasi ini terbilang sangat mudah karena banyak kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda kesana. Jika Anda ingin berkunjung, maka sebaiknya cobalah untuk datang di saat perayaan hari besar Islam.

Biasanya di lokasi ini akan diadakan pagelaran Sekaten di mana di saat ini lokasi alun-alun akan dipadati dengan banyak orang yang ingin menyaksikan Sekaten. Sekaten sendiri menawarkan wisata budaya dan juga belanja sehingga Anda bisa mendapati betapa meriahnya acara tersebut.

Selain menikmati suasana malam Yogyakarta, Anda juga dapat menikmati jajanan kuliner di sekitar Alun-alun. Banyak jajanan murah meriah yang bisa Anda coba di sini. Mulai dari harga Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

Salah satu aktivitas yang dilakukan di lokasi wisata ini adalah berburu kuliner. Salah satu makanan khas di lokasi wisata ini adalah gudheg wijilan. Lokasi kuliner ini terletak tidak terlalu jauh dari lokasi. Anda hanya harus menuju ke Jalan Ibu Ruswo, kemudian beloklah ke kanan arah Jalan Wijilan.

Lokasia

Lokasi alun-alun ini berada di Jalan Alun-Alun Utara, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin menuju ke lokasi wisata, berjalanlah dari kantor pos besar atau ujung paling selatan di Jalan Malioboro ke arah selatan kurang lebih 200 meter.

Bila tidak ingin lelah berjalan kaki, Anda bisa menggunakan alat transportasi umum seperti becak dan andong. Sedangkan, bila ingin lebih praktis lagi, Anda dapat rental mobil jogja lepas kunci matic beserta supir.

Apakah Ada Harga Tiket Masuk?

Bagi Anda yang ingin berwisata ke alun-alun ini, maka Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Fasilitas yang Disediakan di Sekitar Lokasi Wisata

Fasilitas yang disediakan di area alun-alun ini tidak terlalu banyak, meski begitu terdapat sejumlah fasilitas seperti kuliner di sana sehingga Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Yogyakarta sambil bersantai di sekitar alun-alun. https://www.kartanesia.com telah merangkum tempat wisata ini dalam paket liburan ke jogja.

Bagi Anda yang berkunjung ke alun-alun ini, jangan lupa mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang letaknya berada di kawasan alun-alun sehingga Anda bisa sekaligus menikmati wisata Yogyakarta dalam waktu sehari. Wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata edukatif bisa Anda kunjungi semuanya.

Sekian ulasan singkat seputar Alun Alun Utara Yogyakarta yang menjadi salah satu tempat kunjungan favorit dan hits di berbagai kalangan baik dalam maupun luar negeri. Jika Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta, rasanya belum lengkap jika Anda tidak menyempatkan waktu untuk datang ke destinasi wisata bersejarah yang satu ini.