5.0
01

Sekarang ini banyak orang yang lebih suka menikmati malam dengan cara menyaksikan pemandangan, dibandingkan dengan melakukan aktifitas bergaya hedonis dan konsumeristik. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak tempat yang sangat mendukung kegiatan tersebut, salah satunya ialah Bukit Bintang yang ada di Jogja.

Sebelumnya bukit ini hanyalah bukit biasa yang tidak diperhatikan oleh para pecinta alam. Namun, setelah banyak yang menyadari bahwa bukit ini begitu menarik terutama di waktu-waktu tertentu, akhirnya statusnya berubah menjadi salah satu tempat wisata yang favorit di Jogja seperti sekarang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Bintang

Sejak sore sampai malam, Bukit Bintang ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung yang kebanyakan diantaranya adalah anak muda. Hal ini dikarenakan pemandangan utama yang banyak dinantikan oleh pengunjung terjadi di dua waktu tersebut.

Tempat Terbaik Bukit Bintang

Pada saat sore hari, bukit ini menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan sunset. Sementara di malam hari, pemandangannya akan berubah menjadi Kota Jogja yang bersinar karena lampu-lampu di bagian bawah menyala.

Baca juga, Air Terjun Sri Gethuk

Dan apabila cuaca sedang cerah, maka pengunjung akan mendapatkan bonus, berupa pemandangan bintang di langit tanpa dihalangi oleh apapun. Pemandangan ini dapat dinikmati sambil duduk santai di kursi beton yang telah tersedia di sana.

Posisi Bukit Bintang yang berada di ketinggian 150 mdpl membuat udara sekitar sangat sejuk. Kalau Anda tidak kuat dengan dingin, sebaiknya kenakan baju yang tebal saja. Kalau masih kurang, Anda dapat menghangatkan diri dengan aneka minuman seperti kopi, teh atau wedang jahe yang disajikan oleh warung-warung di sana.

Ingin nyemil? Bisa juga karena selain menjual minuman, beberapa warung yang ada di Bukit Bintang juga menjual aneka makanan ringan seperti gorengan, roti bakar, jagung bakar dan lain-lain. Warung-warung tersebut bangunannya semi permanen, tapi aneka sajiannya layak untuk dicoba.

Selain warung, di Bukit Bintang juga ada restorannya yang beberapa diantaranya menawarkan fasilitas berupa outdoor restaurant. Anda dapat menjadikan restoran ini sebagai objek untuk menyantap makan malam bersama orang-orang tercinta.

Fasilitas yang Ada di Bukit Bintang Jogja

Sebagai salah satu tempat wisata favorit, akhirnya Bukit Bintang ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan saat berada di sini ialah sebagai berikut.

  • Warung
  • Restoran
  • Tempat duduk beton
  • Rest area
  • Lahan parkir

Lokasi Bukit Bintang dan Cara untuk Menuju ke Sana

Lokasi Bukit Bintang ini adalah di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya, objek wisata malam ini berada di Jl. Raya Yogyakarta – Wonosari KM 15 pas tepi jalan sehingga mudah untuk ditemukan,

Untuk ke sana, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau angkutan umum. Tapi, dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum, Anda lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih bebas menentukan waktu pulang.

Atau kalau tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa sewa motor atau mobil saja, karena angkutan umum tidak beroperasi sampai malam hari. Sehingga jika Anda sampai kemalaman di Bukit Bintang, maka Anda harus menginap dan menunggu sampai esok hari.

Berapa Harga Tiket Masuk ke Bukit Bintang?

Untuk tiket masuk ke Bukit Bintang Jogja ini masih gratis, dan jam operasionalnya juga 24 jam. Itu artinya Anda bisa masuk ke objek wisata satu ini kapan saja tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Hanya saja jika Anda membawa kendaraan, Anda perlu membayar biaya parkir yang besarnya cuma Rp 3.000 saja untuk sepeda motor. Sedangan untuk mobil, biaya parkirnya sedikit lebih mahal yakni Rp 5.000.

Tempat wisata Jogja lainnya: Air Terjun Seloprojo

Murahnya biaya parkir dan bagusnya pemandangan yang disajikan membuat Bukit Bintang ini juga menjadi tempat yang pas untuk Anda menciptakan quality time bersama keluarga. Namun, sebelum berangkat ke sana, sebaiknya Anda perhatikan dulu cuacanya ya.

Hal ini dikarenakan pemandangan-pemandangan yang bagus tersebut akan lebih maksimal lagi jika cuaca sedang cerah. Apabila ternyata waktu yang Anda punya cukup terbatas, Anda bisa menggunakan paket wisata 1 hari supaya perjalanan liburan menjadi lebih efisien.