Selain terkenal dengan wisata waduk terbesarnya, Wonogiri mungkin memang belum terlalu dikenal dengan potensi wisata yang dimilikinya. Padahal, salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki wisata tersembunyi yang panorama keindahannya begitu mempesona. Para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat berupa bukit ini akan terkagum-kagum dengan keindahan bak negeri di atas awan.

Bukit Cumbri menjadi salah satu tempat wisata yang cukup hits dan terkenal di Wonogiri berkat peran media sosial. Tak heran jika kawasan wisata yang berada di ketinggian 638 mdpl ini mulai dilirik banyak orang untuk dijadikan tempat liburan maupun tempat mencari spot foto yang menarik.

Sekilas Tentang Bukit Cumbri yang Viral

Bukit Cumbri Wonogiri

Nama yang disematkan untuk bukit ini memang tergolong unik dan konon katanya nama tersebut diambil dari nama burung besar “Cok-Bri”. Burung yang disebut juga Burung Beri ini menghuni bukit tersebut dan suka memangsa hewan ternak yang dimiliki penduduk desa di sekitar bukit tersebut. Sehingga untuk menyelamatkan ternaknya, penduduk desa pun mengusir burung-burung tersebut dengan menggunakan tikus.

Baca juga, Kalibiru Kulonprogo, Hutan Lindung dengan Daya Tarik Wisata

Karena sayap burung tersebut digerogoti tikus, Burung Beri pun tidak bisa terbang dan akhirnya terjatuh mati di bukit ini. Entah itu hanya mitos atau cerita sebenarnya yang pasti keindahan alam yang disuguhkan di bukit ini bukan lagi sesuatu yang dimanipulasi. Tempat ini juga sangat cocok bagi para pendaki pemula yang ingin belajar mendaki gunung dengan trek yang tidak terlalu tinggi.

Berhati-hatilah Ketika Trekking Menuju Puncak Bukit

Untuk mendapatkan keindahan maksimal di atas bukit, para wisatawan yang datang harus berjalan kaki atau trekking selama hampir 1 jam hingga sampai di puncak bukit. Ketika sampai di puncak, para wisatawan akan disuguhkan pemandangan berupa landscape Kota Wonogiri beserta bukit-bukit di sekitarnya.

Selama trekking menuju puncak, jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena struktur tanahnya yang tidak rata bisa membahayakan diri jika lengah. Apalagi terdapat banyak batuan yang lebih tinggi dari yang lainnya dan cenderung curam baik di sisi kanan maupun kiri. Bahkan jalanan yang harus dilewati pun tergolong sempit dan hembusan anginnya pun begitu kencang.

Menikmati Keindahan Alam dari Atas Bukit Cumbri

Bukit Cumbri menghadirkan dua puncak yang menawan sebagai spot untuk melihat panorama keindahan di sekitarnya. Puncak pertama menghadap ke barat dengan ketinggian yang lebih rendah dibandingkan puncak yang menghadap ke timur. Para pengunjung akan melihat awan seperti berada di sekelilingnya dan tidak perlu mendongak ke atas lagi untuk melihat keindahan awan.

Menikmati momen sunrise dan sunset menjadi waktu terbaik yang paling ditunggu karena pemandangan yang lebih indah akan didapatkan pada dua momen tersebut. Selain itu, sangat disarankan untuk datang ke tempat ini ketika musim hujan datang karena puncak bukit terlihat gersang pada saat musim kemarau.

Rute dan Lokasi Bukit Cumbri

Indahnya Wisata Bukit Cumbri

Secara administratif, Bukit Cumbri berlokasi di Kepyar, Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah sekaligus termasuk dalam wilayah Pager Ukir, Sampung, Ponorogo, Jawa Timur. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik menggunakan milik pribadi maupun memanfaatkan jasa sewa motor atau sewa mobil.

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini pun tidak terlalu sulit apalagi zaman sekarang sudah sangat terbantu dengan adanya teknologi Google Maps. Jika melakukan perjalanan dari Solo para pengunjung bisa melewati jalan menuju Wonogiri – lurus terus mengikuti jalur aspal menuju Ponorogo – belok ke kiri sebelum sampai di gapura selamat datang Kota Ponorogo – lurus menuju Purwantoro dan Desa Biting — ikuti petunjuk atau tanya penduduk sekitar hingga sampai di lokasi,

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati panorama keindahan bak negeri di atas awan ini para pengunjung tidak perlu merogoh kocek mahal. Tidak ada tarif untuk tiket masuk alias gratis dan cukup membayar uang parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Namun, jika ingin menginap dan mendirikan tenda di bukit ini maka pengunjung dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 10.000,00 untuk parkir.

Baca juga, Waduk Gajah Mungkur, Bendungan yang Memiliki Daya Tarik Wisata

Tentu akan menjadi pilihan destinasi wisata yang seru sekaligus menantang bersama paket wisata di Wonogiri lainnya untuk menghabiskan waktu liburan. Spot-spot foto menarik dengan latar pemandangan bukit dan hijaunya pepohonan disekitarnya menjadi momen yang tidak akan terlupakan bagi siapapun yang datang ke sini. Namun, yang paling penting untuk selalu diingat ketika berlibur ke Bukit Cumbri adalah selalu jaga kebersihan agar alam tetap asri dan indah.