Beri peringkat untuk posting ini

Sejak beberapa waktu yang lalu destinasi wisata alam berupa perbukitan begitu digandrungi. Apalagi jika kemudian bukit tersebut ditambahkan dengan spot foto yang keren dan unik, bisa dipastikan akan ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung, terutama para anak muda.

Tahun 2017 yang lalu, Yogyakarta kembali memperkenalkan destinasi wisata bukit yang dinamakan dengan Bukit Jangkang atau Jangkang Hills. Dinamakan demiian karena dahulunya di atas bukit ini terdapat pohon jangkang yang cukup lebat. Pohon tersebut kemudian ditebang dan sekarang bukit ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Kulon Progo.

Pesona Bukit Jangkang yang Membuatnya Didatangi Wisatawan

Nama Bukit Jangkang sudah begitu tenar di media sosial. Bukan tanpa alasan, tetapi karena memang tempat wisata yang satu ini tidak kalah menakjubkannya dari bukit-bukit lain yang juga ada di Kabupaten Kulon Progo. Diantara pesona Jangkang Hills yang membuat wisatawan begitu tertarik untuk mendatanginya ialah sebagai berikut.

Pemandangan Dari Bukit Jangkang

Pemandangan Waduk Sermo

Pada dasarnya, Bukit ini memang mirip dengan Bukit Cendana. Keduanya sama-sama mempunyai gardu pandang yang dapat dinikmati oleh pengunjung untuk melihat indahnya Waduk Sermo dari kejauhan. Hanya saja yang membedakan adalah posisi Jangkang Hills ini lebih dekat dengan waduk tersebut dibandingkan dengan Bukit Cendana.

Pemandangan Alam

Selain bisa menikmati perairan Waduk Sermo, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan lain yang berupa bukit-bukit. Bukit ini dipenuhi oleh pepohonan hijau sehingga sangat segar saat dipandang dan bagus untuk dijadikan background foto.

Baca juga artikel lainnya: Waduk Gajah Mungkur

Begitu bagusnya pemandangan sekitar jika dijadikan background foto membuat bukit ini juga populer sebagai lokasi pengambilan foto prewedding.

Pemandangan Sunset

Lebih lanjut lagi, Bukit ini juga menjanjikan pemandangan sunset atau matahari tenggelam. Alhasil, jika Anda sangat menyukai pemandangan dimana langit didominasi oleh warna keemasan saat matahari tenggelam, maka bukit ini adalah salah satu tempat yang cocok untuk Anda datangi.

Pemandangan Pagi Hari

Pemandangan pagi hari di lokasi ini juga sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, pada pagi hari seperti ini, udara bukit begitu segar dan pemandangan sekitar juga dikelilingi oleh kabut yang tipis.

Spot Foto

Bukit Jangkang juga sudah dilengkapi dengan spot foto yang sangat keren dengan posisinya adalah di area Waduk Sermo. Meskipun berada di ketinggian, tetapi Anda tiak perlu khawatir jika ingin berfoto di spot foto ini. Pasalnya, Anda akan dilengkapi dengan tali pengaman terlebih dahulu sehingga keamanan Anda terjamin.

Fasilitas yang Sudah Ada di Bukit Jangkang

Sebagai objek wisata yang mulai populer di kalangan wisatawan, Bukit Jangkang ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang diantaranya seperti berikut.

  • Tempat sholat
  • Tempat istirahat
  • Jasa foto
  • Toilet
  • Warung

Lokasi Bukit Jangkang Mudah Ditemukan

Jika Anda tertarik untuk mendatangi Bukit Jangkang, maka Anda bisa langsung mendatangi lokasinya yang ada di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya, bukit ini berada di sebelah utara Waduk Sermo.

Dengan lokasinya ini, maka Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya, terutama dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika tidak dengan kendaraan pribadi, sebaiknya Anda rental motor jogja terlebih dahulu, supaya nanti bisa lebih mudah jika ingin mampir ke berbagai destinasi lain yang juga ada di Kabupaten Kulon Progo.

Selain itu, memang belum ada transportasi umum yang menuju ke sana langsung, sehingga jika tidak membawa kendaraan pribadi atau kendaraan sewa, Anda akan kesulitan. Akan lebih mudah jika Anda membeli paket wisata 1 hari jogja yang banyak ditawarkan agen tour and travel.

Lokasi Bukit Jangkang

Harga Tiket Masuk Bukit Jangkang Terjangkau

Jika Anda ingin menikmati pemandangan-pemandangan yang disajikan oleh Bukit Jangkang ini, Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Jumlah yang harus Anda bayarkan sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 3.000 saja.

Sementara untuk biaya parkir, bila kendaraan yang dibawa adalah motor, maka besarnya biaya parkir ialah Rp 2.000. Sedangkan jika kendaraan yang dibawa adalah mobil, biaya parkirnya sedikit lebih mahal yaitu Rp 5.000.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 3.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

Dengan tiket masuk dan biaya parkir yang sangat terjangkau seperti itu, ditambah lagi dengan pemandangan yang sangat indah, tentu sayang sekali jika objek wisata satu ini sampai terlewat saat Anda sedang melakukan perjalanan wisata di Kabupaten Kulon Progo.

Wisata lainnya di kulonprogo: Kalibiru Kulonprogo

Adapun waktu yang disarankan untuk Anda datang ke sana adalah pagi hari atau sore hari saja. Tapi kalaupun Anda mau datang saat siang hari juga tidak masalah. Sesuaikan saja dengan kondisi Anda. Yang pasti, Bukit Jangkang ini juga termasuk salah satu tempat yang tepat untuk seru-seruan bersama sahabat.