Beri peringkat untuk posting ini

Pesona Merapi dengan segala keindahan dan eksotisme alamnya memang tidak ada habisnya karena semakin hari semakin banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru di sekitarnya. Tak ayal tempat wisata yang mengusung tema spot-spot foto menarik dan instagramable menjadi destinasi wisata yang sangat banyak diminati. Spot-spot foto ini dibuat dengan mempertimbangkan panorama keindahan yang akan didapatkan jika berada di spot tersebut.

Spot kekinian yang ada di Bukit Klangon Merapi bahkan tak pernah sepi pengunjung karena suguhan pemandangan indahnya. Selain menikmati pemandangan lereng Gunung Merapi dan sekitarnya, para pengunjung yang datang pun dapat merasakan udara sekitar yang sejuk dan segar. Tak jarang tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi yang termasuk dalam paket wisata bersama tempat-tempat wisata lainnya di kawasan Merapi.

Sekilas Tentang Bukit Klangon Merapi

Panorama Bukit Klangon Merapi

Nama tempat wisata Bukit Klangon Merapi bukanlah nama asli dari tempat wisata ini dan nama tersebut merupakan sebutan oleh pengguna media sosial. Tempat wisata ini memiliki nama Wisata Alam Bukit Glagaharjo yang merupakan tempat wisata yang dikembangkan sebagai wisata minat khusus oleh Rotary International.

Spot Foto Menarik di Bukit Klangon Merapi

Bukit Klangon Merapi ini memiliki ciri khas gardu pandangnya yang menjadi spot foto keren dengan latar belakang keindahan Gunung Merapi. Momen sunrise menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu para wisatawan yang hobi hunting foto. Tak jarang tempat ini sering dijadikan lokasi untuk foto pre wedding untuk mendapatkan view yang indah dan eksotis.

Baca juga: Bukit Paralayang Watugupit

Para pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan pepohonan hijau di atas lahan yang subur di lereng Gunung Merapi. Gagahnya Gunung Merapi tampak begitu jelas lantaran lokasi tempat wisata ini hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer saja dengan Gardu Pandang Rotary yang memiliki tinggi 5 meter. Sehingga para wisatawan dapat mengabadikan dengan jelas landscape Gunung Merapi yang begitu gagahnya.

Aktivitas Seru yang Bisa dilakukan di Bukit Klangon Merapi

Selain menjadi spot yang sangat tepat untuk selfie dan hunting foto dengan kegagahan Gunung Merapi sebagai backgroundnya, tempat wisata ini juga sangat cocok sebagai trek downhill. Panjang trek yang tersedia sejauh 20 kilometer dengan tingkat elevasi start dan finish kurang lebih 300 meter.

Olahraga seru yang memacu adrenalin ini bisa ditempuh dengan bersepeda selama 1.5 jam. Biasanya para pecinta downhill dan pembalap sepeda gunung (MTB) sering memanfaatkan tempat ini sebagai tempat even kejuaraan dan tempat latihan di lintasan sirkuitnya. Bahkan lintasan di sini menjadi salah satu lintasan sirkuit downhill terbaik di Jogja.

Rute Menuju Lokasi Bukit Klangon

Bukit Klangon Merapi

Lokasi wisata Bukit Klangon Merapi berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. Lokasi ini cukup dekat dengan tempat wisata hits lainnya seperti The Lost World Castle dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat Kota Jogja. Para wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik menggunakan milik pribadi atau memanfaatkan jasa sewa motor atau sewa mobil.

Rute yang harus dilewati untuk sampai di tempat wisata ini cukup mudah yaitu dari pusat Kota Jogja – lurus terus menuju Jalan kaliurang – belok ke kanan setelah pertigaan arah ke Kaliadem/Cangkringan – lurus terus sampai menemukan pertigaan menuju Merapi Golf atau The Lost World Castle – belok ke kanan – lurus ke timur sampai menemukan pertigaan – ambil ke kiri – lurus terus dan ikuti plang petunjuk rute Bukit Klangon.

Rekomendasi untuk anda baca: Bukit Pengilon Gunung Kidul

Biaya Masuk Lokasi Bukit Klangon Merapi

Ingin berlibur murah di Jogja? Bukit Klangon Merapi menjadi salah satu alternatifnya dengan biaya tiket masuk yang sangat murah. Para pengunjung yang datang tidak dikenakan tarif biaya sedikitpun alias gratis. Para wisatawan yang datang berkunjung hanya cukup membayar biaya parkir motor Rp 2.000,00 dan parkir mobil Rp 5.000,00 serta kotak sumbangan seikhlasnya.

Merasakan hangatnya mentari pagi sambil menikmati eksotisme Gunung Merapi yang nampak begitu dekat dengan spot gardu pandang yang menarik dan harga yang murah hanya bisa didapatkan di sini.