Yogyakarta adalah salah satu daerah yang sebaiknya dieksplor oleh para pecinta alam. Pasalnya, di daerah yang juga dijului Kota Pelajar ini terdapat sejumlah objek wisata yang bisa membuat orang-orang menikmati keindahan alam secara langsung. Salah satu diantara objek wisata tersebut ialah Bukit Lintang Sewu.

Nama Lintang Sewu ini sendiri berasal dari bahasa Jawa dan terdiri dari dua kata, yaitu Lintang dan Sewu. Kata Lintang artinya adalah Bintang. Sedangkan Sewu artinya adalah seribu, Jadi, jika dillihat dari namanya, bukit yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi di malam hari.

Pesona yang Tersimpan di Balik Nama Bukit Lintang Sewu

Pemandangan utama yang bisa Anda saksikan di Bukit Lintang Sewu saat malam hari ialah ribuan bintang di langit. Bintang-bintang tersebut bisa Anda saksikan tanpa dihalangi oleh apapun, kecuali jika langit tengah mendung di musim penghujan.

Bukit Lintang Sewu Jogja

Bukan hanya bisa menyaksikan keindahan langit saja, setiap orang yang berada di sini pada malam hari juga bisa menyaksikan indahnya Kota Yogyakarta, yang gemerlap karena lampu-lampu yang menyala.

Sementara itu, pada siang hari, lokasi wisata ini memberikan pemandangan yang berbeda. Pemandangan yang dimaksud ialah berupa panorama hutan Kayu Putih. Pemandangan ini juga yang membuat bukit ini begitu unik, karena selama di perjalanan, pohon yang terlihat justru pohon pinus, bukannya pohon kayu putih.

Di atas pohon kayu putih tersebut, tampak sesekali burung alap-alap akan melintas. Pemandangan ini menjadi lebih lengkap lagi dengan adanya Gunung Merapi, Gunung Menoreh, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing sebagai latar belakangnya. Dan jika beruntung, Anda bisa sekalian menyaksikan indahnya sunset saat senja di bukit ini juga.

Kegiatan Seru yang Dilakukan di Bukit Lintang Sewu

Dengan beragamnya pemandangan yang disajikan, sudah jelas Bukit Lintang Sewu ini sangat cocok dikunjungi oleh orang-orang yang ingin lebih dekat lagi dengan alam. Tapi, kegiatan yang bisa dilakukan di sini bukan hanya menyaksikan pemandangan saja, tetapi masih ada kegiatan yang lainnya juga seperti berikut ini.

Baca wisata bukit lainnya: Bukit Bintang

Berkemah

Kegiatan yang pertama ialah berkemah. Di wisata bukit ini terdapat sebuah area yang luas dan memang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin mendirikan tenda di sini. Alhasil, Anda pun bisa menikmati sebagian keindahan alam Jogja lebih lama.

Aktifitas Fotografi

Aktifitas lain yang juga sebaiknya tidak dilewatkan saat berada di ketika berada disini ialah fotografi. Untuk aktifitas yang satu ini, sudah ada beberapa spot foto sekaligus yang dapat dimanfaatkan.

Spot foto yang pertama ialah Tugu Watu Asah. Spot foto ini dibangun di dekat tebing, sehingga apabila Anda berada di posisi ini, Anda akan melihat pemandangan yang lebih luas. Tugu Watu Asah ini sendiri adalah dua batu yang dibentuk menyerupai gapura. Di ujung tugu tersebut, ada jembatan tambahan yang panjangnya sekitar 1,5 meter.

Spot foto yang kedua ialah gardu pandang. Gardu pandang yang ada di sini mengadopsi bentuk telapak kaki, hanya saja ukurannya sangat besar. Bentuk telapak kaki yang besar tersebut membuat gardu pandang di Bukit Lintang Sewu begitu berbeda dari gardu pandang kebanyakan.

Kemudian untuk spot foto yang ketiga, bentuknya menyerupai bintang. Di tengah-tengah spot foto bintang ini terdapat tempat duduk yang bisa Anda manfaatkan saat pengambilan foto.

Spot foto yang selanjutnya ialah pintu kemana saja seperti Doraemon. Hanya saja pintu ke mana saja yang ada satu ini warnanya putih. Hasil foto di pintu kemana saja akan menjadi lebih bagus jika dilakukan di malam hari karena latar belakangnya adalah gemerlap lampu yang ada di kejauhan.

Fasilitas yang Sudah Ada di Bukit Lintang Sewu

Sebagai destinasi yang menawarkan paket wisata alam jogja 4 hari 3 malam lengkap, Bukit ini sudah ditambahkan dengan beberapa fasilitas yang ada di bawah ini.

  • Spot foto
  • Area berkemah
  • Warung makan
  • Rumah pohon
  • Gazebo
  • Tempat parkir
  • Toilet

Biaya Tiket Masuk ke Bukit Lintang Sewu

Harga tiket masuk Bukit Lintang Sewu sangat terjangkau. Namun harga tiket masuk ini berbeda dengan tarif parkir dan biaya berkemah. Adapun range harganya adalah sebagai berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 3.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00
Biaya BerkemahRp 15.000,00

Lokasi Bukit Lintang Sewu

Wisatawan Bukit Lintang Sewu

Adapun lokasi Bukit Lintang Sewu ini ada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Untuk menuju ke sini, Anda bisa sewa mobil avanza atau dengan kendaraan pribadi juga bisa.

Jangan pergi dulu sebelum baca: Bukit Mojo Gumelem

Begitu istimewanya Bukit Lintang Sewu ini sehingga pastikan Anda mengunjunginya saat melakukan perjalanan wisata di Kabupaten Bantul. Jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan keberadaan Anda di sana. Alangkah bagusnya lagi jika Anda mengajak sahabat dan orang-orang tercinta agar bisa refreshing bersama.