Rate this post

Kabupaten Bantul adalah salah satu daerah yang menawarkan paket wisata honeymoon di Jogja yang lengkap, mulai dari pantai, air terjun, kebun bunga sampai bukit juga ada. Salah satu bukit yang terkenal di sana ialah Bukit Mojo Gumelem.

Sejak awal dikembangkan hingga saat ini, bukit ini masih sering dikunjungi oleh orang-orang yang hobi melakukan aktifitas fotografi. Hal ini dikarenakan wisata baru ini dilengkapi dengan spot foto yang menarik. Selain menawarkan spot foto yang menarik, objek wisata Bantul satu ini juga menawarkan pemandangan yang sangat bagus.

Daya Tarik Bukit Mojo Gumelem Sebagai Destinasi Wisata Favorit

Bukit Mojo Gumelem Jogja

Sebenarnya Bukit Mojo Gumelem ini sudah dibuka sejak tahun 2016 yang lalu. Namun, saat awal dibuka, bukit ini tidak begitu menarik karena gardu pandangnya hanya ala kadarnya. Tetapi, setelah Jurang Tembelan populer berkat gardu pandangnya yang unik, objek wisata inipun akhirnya ditata kembali sehingga mempunyai daya tarik seperti sekarang ini.

  • Adanya Spot Foto Sangkar Burung dan Bunga Matahari Raksasa

Jika Bukit Panguk Kediwung mempunyai spot foto berbentuk perahu dan hati, maka berbeda dengan Bukit Mojo Gumelem yang menawarkan spot foto berupa sangkar burung dan bunga matahari raksasa. Kedua spot foto ini telah viral di media sosial karena bentuknya yang tak biasa.

Kunjungi juga wisata bukit lainnya: Bukit Klangon Merapi

Banyaknya pengunjung yang datang membuat siapa saja yang ingin berfoto, baik di sangkar burung maupun di bunga matahari raksasa harus antri. Namun sebenarnya, selain dilengkapi dengan sangkar burung dan bunga matahari, disini juga dilengkapi dengan kata-kata lucu yang juga sangat menarik untuk dijadikan objek fotografi.

  • Pemandangannya Sangat Bagus

Pemandangan yang disajikan oleh Bukit Mojo Gumelem ini sangat bagus. Diantara pemandangan yang dapat disaksikan di sini ialah Kali Oya yang tampak berkelok-kelok serta deretan Perbukitan Seribu.

  • Tempat yang Pas untuk Menyaksikan Sunset dan Sunrise

Tak hanya menyajikan pemandangan Sungai Oya dan Perbukitan Seribu saja, lokasi wisata ini juga memungkinkan pengunjungnya untuk menikmati sunset dan sunrise. Makanya tidak heran bila bukit ini begitu ramai sesaat sebelum kedua momen tersebut muncul.

  • Menawarkan Sensasi Seperti di Atas Awan

Hal lain yang juga membuat Bukit Mojo Gumelem ini begitu menarik ialah, adanya kabut yang menutupi daerah-daerah di bawahnya yang membuat pengunjung merasakan sensasi seperti di atas awan. Kabut tersebut biasanya hanya muncul pada saat-saat tertentu dan menjelang sunrise saja.

Momen munculnya kabut ini termasuk momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap wisatawan yang datang. Selain karena sensasi yang ditawarkan, adanya kabut ini juga membantu wisatawan menghasilkan foto yang menarik. Apalagi langit juga turut memberikan gradasi warna. Tidak heran jika banyak wisatawan yang rela berangkat ke sana saat hari masih pagi buta.

Lokasi Bukit Mojo Gumelem Ada di Mangunan

Lokasi Bukit Mojo Gumelem ini ada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tepatnya adalah di Dusun Pedukuhan Kediwung RT 04. Karena lokasinya tersebut, bukit ini berada berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan dan juga Bukit Panguk Kediwung.

Dengan demikian apabila Anda sudah puas dengan pemandangan yang ada di tempat wisata ini, Anda dapat berpindah ke hutan pinus atau Bukit Panguk Kediwung tersebut, atau sebaliknya.

Cara Menuju Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Untuk menuju ke lokasi Bukit Mojo Gumelem, Anda lebih disarankan untuk menggunakan motor saja dibandingkan dengan mobil. Hal ini dikarenakan jalanan yang menuju ke sana cenderung sempit dan posisinya juga menanjak. Mobil memang masih bisa dibawa sampai ke lokasi, tapi mengingat kondisi jalannya yang seperti itu, Anda sebaiknya gunakan motor saja.

Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir Bukit Mojo Gumelem

Harga tiket masuk Bukit Mojo Gumelem tidak ada alias gratis. Namun, jika Anda ingin berfoto di spot foto yang telah disediakan, Anda perlu membayar sebesar Rp 3.000 untuk masing-masing spot foto. Sementara untuk tarif parkir, besarnya hanya Rp 2.000 jika Anda membawa motor dan Rp 5.000 jika Anda membawa mobil.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Foto Rp 3.000, 00 per Spot Foto
Parkir Motor Rp 2.000,00
Parkir Mobil Rp 5.000,00

Mengenai harga tiket masuk, harga spot foto dan tarif parkir ini bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Namun, jika mengingat keistimewaan yang ditawarkan oleh Bukit ini, sayang rasanya jika Anda merencanakan perjalanan liburan ke Bantul tetapi tidak memasukkan objek wisata satu ini dalam daftar tempat yang perlu dikunjungi.

Sebelum pergi baca dulu: Bukit Bintang

Kalau Anda kesulitan mengatur perjalanan, coba Anda gunakan jasa agen wisata. Para agen wisata ini mempunyai paket-paket yang dapat Anda pilih, termasuk salah satunya ialah paket wisata 1 hari ke Jogja. Dengan demikian, perjalanan liburan Anda akan menjadi lebih efektif walaupun waktunya cukup singkat.