Salah satu panorama alam di Kota Jogja yang sangat memikat hati para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara adalah keindahan pantainya. Kota yang dijuluki kota pariwisata ini menyimpan sejuta keindahan surga tersembunyi di pesisir pantai selatan. Tak heran jika destinasi wisata pantai menjadi salah satu destinasi favorit dan paling banyak dikunjungi ketika hari libur tiba.

Pantai Parangtritis menjadi salah satu tempat wisata yang pamor keindahannya sudah sampai di tingkat internasional. Pantai yang memiliki hamparan pasir hitam yang sangat luas ini menjadi salah satu spot favorit apalagi ketika senja tiba. Keindahan pantai ini pun tidak hanya bisa dinikmati dari dekat bibir pantai namun ada salah satu spot yang sangat hits untuk menikmati keindahan pantai tersebut, yaitu Bukit Paralayang.

Panorama Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Jogja

Bukit ini dinamakan Bukit Paralayang karena menjadi salah satu spot penerjun paralayang menunjukkan aksinya hingga mendarat di dataran pantai Parangtritis. Para wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan pemandangan sunset ketika senja tiba tanpa halangan apapun di ufuk barat. Guratan warna-warni langit yang mempesona pun tak ayal membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Baca juga, Bukit Pengilon Gunung Kidul

Daya tarik Bukit Paralayang ini juga tidak lepas dari aktivitas seru dan memacu adrenalin yang biasanya dilakukan di sini yaitu olahraga paralayang. Para atlet paralayang dapat menikmati keindahan pantai Parangtritis dari ketinggian selama kurang lebih 30 menit hingga akhirnya mendarat di landasan yang terletak di antara Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok. Warga Jogja khususnya Bantul sudah sepatutnya berbangga memiliki spot wisata seperti ini karena tempat ini pernah dijadikan lokasi event bertaraf nasional pada tahun 2014 lalu yaitu Jogja Air Show.

Selain itu, di lokasi ini para pengunjung akan menemukan peninggalan bersejarah seperti Sendang Beji, Candi Gembirowati, dan Pasanggrahan Gembirowati. Sehingga selain menikmati keindahan alam dari atas sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus, pengunjung bisa sekaligus melihat dan belajar tentang peninggalan bersejarah.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Paralayang

Bagi para pecinta senja, tempat wisata ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menikmati keindahan momen ketika matahari terbenam dan menghilang di garis pantai. Para wisatawan pun tak perlu khawatir karena disini sudah disediakan beberapa fasilitas agar para pengunjung merasa nyaman, di antaranya:

  • Meja dan kursi dari kayu untuk tempat duduk wisatawan agar celananya tidak kotor
  • Warung makan untuk melepas lapar dan dahaga
  • Spot foto menarik
  • Toilet dan Mushola yang berada di kawasan Pantai Parangtritis.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Lokasi Bukit Paralayang ini berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis tepatnya 3 km dari pantai dan 30 km dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika ingin ke sini baik menggunakan milik sendiri atau menggunakan jasa sewa mobil atau sewa motor.

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai di lokasi wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus melewati Jalan Parangtritis – berhenti di TPR lalu lurus terus sampai di pintu masuk Pantai Parangtritis – tetap lurus pada jalan menanjak menuju bukit paralayang hingga menemukan pertigaan – belok kanan – lurus ikuti jalan dan tepat berada di sebelah kanan para pengunjung sudah bisa melihat Bukit Paralayang tersebut.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang

Bukit Paralayang Malah Hari

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tak perlu khawatir harus mengeluarkan ongkos yang mahal. Para pengunjung yang datang tidak dikenakan tarif sama sekali alias gratis dan cukup membayar biaya parkir motor Rp 2.000,00 dan mobil Rp 5.000,00. Akan tetapi pengunjung harus menyiapkan uang Rp 7.000,00 untuk memasuki TPR pantai Parangtritis.

Berbeda ceritanya jika ingin mencoba paralayang dan terbang di atas pantai Parangtritis ini karena para wisatawan harus merogoh kocek yang lebih banyak. Biaya sewa paralayang termasuk pemandunya dikenakan tarif RP 300.000,00 – Rp 350.000,00 per orang.

Rekomendasi untuk anda: Wisata Bukit Cumbri Wonogiri

Bukit yang memiliki nama lain Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watugupit ini akan memanjakan para wisatawan yang datang dengan keindahan dan eksotisme view pantai dari ketinggian. Para wisatawan bisa memanfaatkan paket wisata yang biasanya ditawarkan agen wisata untuk sekaligus berwisata ke destinasi lain di sekitarnya.

Rate this post