Rate this post

Jika berbicara mengenai daerah yang kaya akan potensi wisata, sudah pasti Yogyakarta harus diikutkan ke dalamnya. Daerah Istimewa ini sudah tereksplor dengan begitu baik dan ada banyak sekali objek wisata menakjubkan di dalamnya, salah satunya adalah Bukit Widosari.

Sesuai dengan namanya, bukit ini menyajikan pemandangan yang begitu bagus dari ketinggian. Sangat cocok kiranya jika dikunjungi oleh Anda yang sangat menyukai alam. Anda yang menyukai fotografi juga bisa kok mendatang objek wisata satu ini. Namun, untuk mencapai puncak, Anda harus hiking dan melakukan petualangan kecil terlebih dahulu.

Pesona Alam yang Ditampilkan Bukit Widosari

Ketinggian Bukit Widosari ini adalah sekitar 1.017 mdpl, dan sebelum terkenal seperti sekarang, sebenarnya bukit ini telah dibuka tahun 2012 yang lalu. Hanya saja pada saat itu kondisinya masih sangat sederhana dan aksesnya juga cenderung sulit. Makanya orang-orang enggan untuk datang.

Puncak Widosari Awal Dibuka

Namun, setelah objek wisata ini dipugar tahun 2017 dan aksesnya juga diperbaiki, banyak orang-orang yang melirik sehingga sekarang termasuk salah satu spot yang difavoritkan wisatawan.

Baca juga artikel lainnya: Air Terjun Curug Sidoharjo

Jika Anda juga berkunjung ke sini, maka dari lokasi Bukit Widosari Anda dapat menyaksikan pemandangan sekitar yang begitu hijau, asri dan menyegarkan.

Dari ketinggian ini pula, Anda bisa menyaksikan betapa megahnya 3 gunung sekaligus, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Merapi. Dan apabila cuaca sedang cerah, Anda juga bisa melihat bibir pantai selatan di kejauhan.

Ciri Khas Bukit Widosari yang Apik Buat Fotografi

Salah satu ciri khas Bukit Widosari ialah adanya sebongkah batu yang begitu unik. Batu ini ukurannya besar, berada di ketinggian dan di bagian atasnya terdapat tumbuhan liar. Hingga saat ini, batu tersebut sering dijadikan objek berfoto oleh setiap pengunjung yang datang.

Pastinya, kombinasi antara batu besar tersebut dengan pemandangan sekitar akan menghasilkan sebuah foto yang sangat bagus. Dan untuk mengakomodasi kebutuhan pengunjung dalam hal fotografi, di bukit ini sudah ada gardu pandang yang dibuat dari konstruksi beton, lengkap dengan pengamannya berupa pagar berbahan besi.

Alhasil, Anda pun bisa berfoto sekaligus menikmati pemandangan dengan aman dan tenang sekalipun berada di ketinggian yang dikelilingi oleh jurang dalam. Di gardu pandang ini juga ada tempat duduknya yang bisa dijadikan teman saat berpose.

Dan sebagai tambahan informasi, konon katanya Bukit ini adalah tempat bertapanya Pangeran Diponegoro. Dengan demikian, saat berada di sini Anda juga bisa sekaligus menapak tilas salah satu kisah Pahlawan Nasional tersebut.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Widosari

Lokasi Bukit Widosari adalah di Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasi ini membuat bukit tersebut berada berdekatan dengan objek wisata yang lainnya, yaitu Kebun teh Tritis, Kebun Teh Nglinggo dan Puncak Suroloyo.

Sementara untuk menuju ke sana, sebaiknya Anda rental motor harian di jogja saja. Menyewa mobil sebenarnya juga bisa, hanya saja kondisi jalanan yang cenderung berkelok dan menanjak menjadikan motor sebagai pilihan yang bagus dibandingkan dengan mobil.

Nah, jika Anda tidak ingin menyewa kendaraan, sebaiknya Anda bawa kendaraan pribadi saja. Jangan mengandalkan transportasi umum. Bisa juga Anda membeli paket wisata 2 hari jogja. Dengan begitu maka semua kebutuhan transportasi dan lainnya akan diurus pihak tour and travel dan Anda tinggal santai menikmati liburan.

Sesampainya di pintu masuk, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini mengharuskan Anda untuk hiking dengan melalui anak tangga yang jumlahnya cukup banyak dan posisinya juga menanjak.

Fasilitas yang Ada di Bukit Widosari

Sangat jauh berbeda dengan awal dibuka tahun 2012 yang lalu, kini objek wisata Bukit Widosari sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Beberapa diantara fasilitas tersebut ialah sebagai berikut:

  • Area parkir
  • Mushola
  • Gazebo
  • Gardu pandang
  • Warung makan
  • Tempat duduk

Harga Tiket Masuk ke Bukit Widosari

Spot Foto Bukit Widosari

Harga tiket masuk Bukit Widosari hanya sebesar Rp 5.000. Kalau Anda berminat untuk berfoto dengan tulisan, Anda dapat menyewanya dengan biaya sebesar Rp 2.000. Tentunya harga ini bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan pengelola.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 5.000,00
Foto Dengan Tulisan Rp 2.000,00

Wisata lainnya di Kulonprogo: Tebing Gunung Gajah

Walaupun demikian, tetap Bukit Widosari ini bisa Anda jadikan tujuan saat ingin hiking santai sembari menikmati pemandangan. Dengan begini, bukan hanya pikiran Anda saja yang bisa kembali segar, tetapi tubuh Anda juga bisa lebih sehat. Jadi, kapan mau berkunjung ke sana?