Di balik ganasnya Gunung Merapi ketika erupsi ternyata menyimpan keindahan alam yang mempesona di sekelilingnya. Sayangnya, tidak sedikit tempat-tempat yang pada akhirnya hanya tinggal menjadi saksi bisu akan keganasan erupsi Gunung Merapi. Meskipun demikian, eksotisme dan pesona kawasan wisata Gunung Merapi selalu berhasil membius para wisatawan untuk datang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Bunker Kaliadem Merapi pun tak luput dari keganasan erupsi tersebut hingga akhirnya memporak porandakan apa yang ada di sekitarnya. Kini hanya tinggal sisa-sisa hamparan pasir dan batuan vulkanik yang menjadi saksi bisu. Namun, spot ini termasuk menjadi salah satu spot yang banyak digemari para wisatawan untuk hunting foto.

Sekilas Tentang Bunker Kaliadem Merapi

Letak tempat wisata Kaliadem ini berada di sebelah selatan lereng Gunung Merapi tepat berada di atas rumah Mbah Maridjan yang merupakan mantan juru kunci Gunung Merapi. Lokasi tersebut tepat berada pada ketinggian 2.963 meter di atas permukaan laut sehingga udara di sekitar masih terasa sejuk dan segar.

Ikon Bungker Kaliadem Merapi

Sebelumnya, Kaliadem dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan bagi para pendaki sekaligus tempat wisata bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan Merapi dari dekat. Tempatnya yang luas dengan suguhan panorama keindahan alaminya menjadi daya tarik utama tempat wisata ini di masa lalu.

Anda wajib baca: Bukit Klangon Merapi

Ketika terjadi bencana alam pada tahun 2006, kawasan ini menjadi porak poranda hingga memakan beberapa korban jiwa. Ditemukan dua korban jiwa di dalam bunker bawah tanah yang memiliki luas 12 x 8 meter dengan kedalaman 3 meter dalam kondisi bekas luka bakar akibat wedhus gembel atau awan panas.

Belum pulih sepenuhnya dari kondisi setelah erupsi waktu itu, pada tahun 2010 terjadi lagi erupsi yang meratakan Kaliadem. Pada erupsi tersebut memakan 43 korban jiwa termasuk Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi. Dan kini para wisatawan hanya bisa melihat hamparan pasir dan batuan vulkanik yang menjadi saksi bisu peristiwa tersebut.

Panorama yang Ditawarkan Kaliadem Merapi

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kawasan wisata di sekitar lereng Gunung Merapi selalu menghadirkan panorama keindahan yang memikat hati. Ketika berada di tempat ini sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah puing-puing batu di atas hamparan pasir nan luas. Padahal dulunya kawasan ini merupakan tempat favorit para pendaki gunung mendirikan tenda.

Di kawasan ini para wisatawan akan menemukan sebuah bunker yang menyimpan banyak sejarah dan menjadi saksi bisu terenggutnya nyawa dua relawan ketika terjadi letusan. Kawasan dengan luas 25 hektar ini masih terlihat asri dengan adanya hutan pinus di sekelilingnya.

Hal menarik lainnya yang akan wisatawan dapatkan sambil menikmati sejuknya udara di sini adalah kegiatan Lava Tour. Kegiatan ini akan memberikan edukasi untuk para wisatawan yang datang untuk mengetahui dan memahami bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Pengunjung pun dapat menyaksikan puncak Gunung Merapi dengan jarak yang sangat dekat yaitu sekitar 2 km dari puncaknya.

Spot Foto Menarik di Kaliadem Merapi

Liburan di jaman sekarang hal pertama yang paling dicari di tempat wisata yang didatangi adalah spot-spot foto yang menarik. Berikut ini beberapa spot menarik yang dapat wisatawan temukan di Bunker Kaliadem Merapi:

Pengunjung Bungker Kaliadem Merapi

  • Di tengah hamparan pasir dan batuan vulkanik dengan background Gunung Merapi di belakangnya
  • Tangga menuju bunker bawah tanah
  • Di depan spot tulisan “Bunker Kaliadem”

Rute Menuju Lokasi Bunker Kaliadem Merapi

Lokasi Bunker Kaliadem Merapi berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Pengunjung bisa datang setiap hari ke tempat wisata ini mulai dari pukul 07.00 hingga selesai.

Untuk menuju tempat wisata Kaliadem, rute yang bisa dilewati adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus menuju Jalan kaliurang – lurus terus sampai menemukan pertigaan Pakem – ambil arah kanan (arah ke timur) – belok kea rah utara – ikuti papan petunjuk menuju Kaliadem.

Para wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan harus selalu hati-hati karena jalanan cukup terjal. Jika datang dari luar kota, bisa memanfaatkan jasa sewa motor atau rental mobil matic di jogja yang biasanya ditawarkan agen-agen tour dan wisata.

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem Merapi

Tidak perlu khawatir akan liburan yang mahal karena para wisatawan yang ingin datang berkunjung ke Bunker Kaliadem Merapi ini tidak perlu merogoh kocek lebih. Berikut ini tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berkunjung ke Kaliadem Merapi:

KeteranganHarga
Tiket masuk kawasan :Rp 10.000,00 per orang
Parkir kendaraan :Rp 5.000,00
Tiket Lava Tour rute pendek :Rp 350.000,00
Tiket Lava Tour rute panjang :Rp 650.000,00

Jika Anda ingin terima beres maka sebaiknya membeli paket tour jogja 2 hari yang banyak ditawarkan tour and travel. Sehingga Anda bisa fokus berlibur tanpa perlu sibuk memikirkan harga tiket dan biaya-biaya lainnya. Ketika berkunjung ke Bunker Kaliadem Merapi kita akan belajar bahwa ada masanya alam akan mengalami kerusakan jika kita tidak bisa menjaga keseimbangannya.