Rate this post

Candi Abang terletak di Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lebih spesifik lagi, candi ini berada di Dusun Candi Abang. Selain itu, lokasinya juga tidak jauh dari situs candi lainnya seperti candi Bayunino, Candi Barong dan Candi ratu Boko. Adapun bentuk dari Candi ini menyerupai bentuk Piramid serta terbuat dari batu merah.  Berdasarkan warna batu batanya tersebut, kemudian candi ini dinamakan Candi Abang. Abang sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya warna merah.

Informasi Menarik Seputar Candi Abang

Lokasi Candi ini berada pada tempat yang cukup tinggi, yakni di atas bukit. Untuk ukurannya sendiri adalah sebesar 36 x 34 meter. Saat ini candi tidak nampak terlihat jelas, karena sudah ditutupi oleh rumput-rumput hijau. Yang terlihat hanyalah gundukan yang hijau menyerupai bukit.

Keindahan Candi Abang Jogja

Pada awal ditemukannya candi ini, adalah terdapatnya arca dan alas yoni yang merupakan lambang Dewa Siwa dengan ukuran sisinya masing-masing 15 cm. Untuk bagian tengah candi ini sendiri adalah berupa sumur serta tangga yang terbuat dari batu putih atau gamping. Selain itu, ada pula batu andesit di sekeliling candi.

Baca juga artikel wisata lainnya: Tlogo Putri Kaliurang

Adanya sumur di bagian tengah candi menimbulkan berbagai macam spekulasi, salah satunya adalah sebagai tempat penyimpanan harta karun di zamannya. Hal ini kemudian menarik beberapa arkeolog untuk berusaha menggali sumur yang ada di Candi Abang ini. Namun, tidak ada yang ditemukan selain artifak-artifak terkait Candi.

Candi Abang ini diperkirakan dibangun pada abad 9 dan 10 dan merupakan peninggalan pada agama Hindu.

Bagaimana Cara menuju Ke Candi Abang Yogyakarta

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan kendaraan menuju Piyungan dari Prambanan. Setelah itu, Anda turun di Desa Bercak. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Lokasinya berada di sebelah utara Desa ini.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor. Namun perlu diwaspadai, karena jalanan yang ditempuh cukup terjal.

Untuk bisa sampai ke Candi Abang, Anda juga bisa melewati jalan utama Yogya-Solo hingga kilometer 14 di sekitar daerah Kalasan. Selanjutnya belok kanan menuju Jll Yogyakarta-Piyungan dan ikuti jalan tersebut. Setelah sampai di perempatan ketiga, Anda berbelok ke kanan maka akan menemukan SMP1 Berbah. Kemudian akan terlihat bukit di sebelah kanan jalan, maka disanalah Candi Abang berada.

Jika Anda tidak bisa berjalan kaki ke tempat Candi, maka Anda juga bisa memilih rental motor murah di jogja milik warga setempat untuk sampai di Candi Abang.

Akses Hotel yang Dekat dengan Candi

Saat Anda melakukan perjalanan wisata ke tempat baru tentu memerlukan beberapa hal, salah satunya adalah tempat tinggal. Banyak penginapan yang disediakan oleh warga untuk para wisatawan sebenarnya. Mereka menawarkannya melalui paket tour jogja 2 hari yang ada sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pengunjung.

Selain itu, jika Anda ingin memilih penginapan dengan konsep Hotel, maka bisa mendatangi The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa dan atau Grand Quality Hotel. Tempat-tempat tersebut, memiliki beragam pelayanan yang mungkin bisa Anda nikmati saat menikmati masa libur di Yogyakarta, khususnya pada objek wisata Candi ini.

Tiket Masuk Candi Abang

Menikmati wisata berlibur di Candi Abang tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, harga tiket masuknya sendiri terbilang sangat murah, yakni hanya sebesar Rp. 2000,- per orang saja. Untuk waktu buka lokasi adalah mulai dari jam 05.00 pagi sampai dengan jam 19.00 WIB.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 2.000,00

Wisata Candi di Jogja ini merupakan sesuatu yang tidak asing, karena Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata bernuansa sejarah seperti Candi ini. bagi wisatawan yang berkunjung, biasanya sangat mendambakan puncak dari Candi itu sendiri. Mereka dapat melihat keindahan sekitar Candi sambil menikmati matahari terbit atau terbenam.

Waktu Paling Ramai untuk Dikunjungi

Sunset di Candi Abang

Adapun waktu paling ramai dikunjungi adalah pada saat sore hari, khususnya di hari libur. Keindahan matahari terbenam sangat Indah disaksikan secara langsung di atas bukit Candi Abang. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas olahraga bersepeda.

Area sekitaran bukit yang terjal bisa menantang adrenalin Anda saat mencoba bersepeda ekstrem atau downhill.

Kunjungi juga: Bukit Teletubbies Jogja Gunung Kidul

Pada musim hujan Candi ini akan terlihat seperti bukit yang hijau serta tertutup rerumputan yang tebal. Sedangkan apabila di musim kemarau rerumputan tersebut bisa mengering dan perlahan terlihat tumpukan bata merah yang menyusun candi.