Rate this post

Di Yogyakarta memang sudah terdapat bangunan-bangunan candi megah yang memang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dalam dan luar negeri. Bahkan legenda atau sejarah di baliknya membuat banyak sekali wisatwan yang mengunjungi kawasan candi ini, sebagai pengisi liburan atau hanya untuk mengabadikan foto di sana. Salah satu candi terkenal di kawasan Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Candi ini sendiri merupakan bangunan candi yang menyimpan banyak sekali sejarah hingga orang dibuat takjub mendengarnya.

Candi Prambanan merupakan komplek candi Hindu tertinggi dan tercantik di Indonesia. Kisah cinta antara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, serta Rama dan Shinta melingkupi candi yang hampir tak pernah sepi dikunjungi wisatawan ini. Dikatakan terbesar se-Asia Tenggara membuat candi ini benar-benar menjadi ikon Kota Yogyakarta yang terus-menerus digemari oleh para traveller.

Informasi Seputar Candi Prambanan

Candi Yogyakarta sendiri memiliki letak yang tidak berada di pusat Kota Yogyakarta. Akan tetapi, terletak di jalan utama Jogja-Solo. Jika Anda bertolak dari Solo, Anda akan dapat dengan mudah menemukan kompleks candi ini. Bangunan Candi Prambanan ini sendiri terdiri dari 3 candi utama, yaitu Wisnu, Brahma, dan Shiwa.

Candi Shiwa yang letaknya berada di tengah-tengah merupakan bangunan yang paling tinggi dari yang lainnya. Terdapat empat buah ruangan di dalamnya, satu ruang berisi arca Shiwa, sementara tiga ruangan lainnya terdiri dari arca Agastya, Durga, dan Ganesha. Arca Durga itulah yang dikatakan adalah sosok arca Roro Jonggrang dalam legenda kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Mengulas sedikit seputar sejarah kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang melatarbelakangi terciptanya candi ini. Dulunya dikisahkan bahwa Roro Jonggrang meminta kepada Bandung Bondowoso dibangunkan candi seribu hanya dalam kurun waktu satu malam saja. Hal ini dijadikan sebagai syarat bagi Bandung Bondowoso jika ingin mempersuntingnya. Hal ini dilakukan oleh Roro Jonggrang karena sesungguhnya ia tidak ingin menjadi istri dari Bandung Bondowoso.

Baca Juga, XT Square, Wisata yang Cocok Bagi Anda Pecinta Selfie

Akan tetapi, karena Bandung Bondowoso menggunakan ilmu ghaib yang bisa meminta bantuan para jin untuk membantu pengerjaan dari candi seribu ini membuat Bandung Bondowoso nyaris menyelesaikan bangunan candi seribu hanya dalam waktu satu malam.

Namun, karena kecerdikan Roro Jonggrang akhirnya ia meminta bantuan dari para abdinya untuk memukul lesung sebagai tanda hari sudah pagi. Ia kemudian membuat para jin yang membantu Bandung Bondowoso kalang kabut karena mengira hari sudah pagi. Akan tetapi, ketika pengerjaan candi yang kurang satu buah etrsebut berhenti. Barulah Bandung Bondowoso menyadari bahwa Roro Jonggrang lah yang merekayasa semuanya. Hingga kemarahan Bandung Bondowoso lah yang menyebabkan Roro Jonggrang berakhir menjadi bangunan candi yang kurang satu tersebut.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Lokasi Wisata

Candi Prambanan

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di lokasi wisata ini, antara lain sebagai berikut:

  • Mempelajari sejarah dan budaya
  • Photo session
  • Mengunjungi museum yang ada di lokasi candi
  • Berburu oleh-oleh khas Prambanan
  • Menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana
  • Bersepeda santai mengelilingi kompleks candi

Lokasi Wisata Candi Prambanan

Lokasi ini beralamat di Jalan Raya Solo-Jogja, tepatnya di Desa Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, jika Anda bertolak dari arah Solo. Maka Anda hanya tinggal menyusuri Jalan Solo-Jogja hingga tiba di area Prambanan. Tujuan Anda berada di sebelah kanan setelah lampu merah kawasan Prambanan. Anda juga bisa menggunakan paket wisata dari agensi tour and travel yang ada di Joga untuk meengantarkan ke Candi Prambanan

Baca juga, De Mata Trick Eye Museum, Wisata Yogyakarta yang Instagrammable Banget

Harga Tiket Masuk ke Lokasi Wisata

Harga tiket yang ditetapkan oleh pihak pengelola berbeda-beda, antara lain sebagai berikut:

Keterangan Harga
Wisatawan dalam negeri dewasa Rp 30.000
Wisatawan dalam negeri anak-anak Rp 12.500
Wisatawan luar negeri 18 dollar

Fasilitas yang Disediakan oleh Pengelola Wisata

Banyak fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata, antara lain sebagai berikut:

  • Tempat parkir yang luas

Di kawasan Candi Prambanan terdapat lokasi parkir yang cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan terlebih di waktu libur tiba.

  • Tempat beribadah

Kawasan lokasi candi ini sudah dilengkapi juga dengan tempat beribadah bagi pengunjung yang ingin beribadah di kawasan wisata ini.

  • Penginapan

Terdapat juga penginapan bagi Anda yang ingin menginap di kawasan candi ini.

  • Warung-warung

Banyak terdapat warung di sekitar objek wisata yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli camilan atau minuman.

  • Pusat oleh-oleh

Ketika Anda keluar dari kompleks candi, Anda akan mendapati pusat oleh-oleh yang menjajakkan aneka oleh-oleh dengan harga yang murah.

  • Toilet umum

Terdapat toilet umum di berbagai sudut kompleks candi ini sehingga memudahkan Anda untuk ke toilet sewaktu-waktu membutuhkan.

Ada beberapa hal yang harus Anda terapkan ketika berkunjung ke candi yang satu ini. Salah satunya Anda harus bersikap sopan ketika berada di kawasan kompleks candi. Anda juga tidak diperkenankan untuk merusak segala sesuatu yang ada di kawasan candi.

Baca Juga, Museum Batik Jogja, Gedung Penyimpan Batik Pertama di Indonesia

Tidak hanya itu bawalah barang bawaan secukupnya agar Anda tidak lelah membawanya. Pastikan juga bahwa alas kaki yang Anda kenakan nyaman untuk digunakan selama perjalanan mengelilingi kompleks candi yang cukup luas. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman, serta payung untuk menangkal sinar matahari secara langsung.

Berikut tadi ulasan singkat mengenai candi Hindu terbesar yang ada di Asia Tenggara ini. Bagi Anda yang ingin berkunjung jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menyiapkan fisik karena perjalanan mengelilingi kompleks candi juga lumayan jauh dan melelahkan. Selain itu, agar kegiatan berwisata Anda menjadi lebih puas, Anda bisa membeli sejumlah paket wisata Yogyakarta sesuai keinginan.