Menikmati waktu bersama orang-orang yang paling kalian sayangi tidak melulu harus pergi ke tempat yang jauh dan mahal, mengunjungi wisata alam seperti daerah sekitar sawah, tempat bersejarah, atau bahkan menenangkan hati di pantai. Seperti Candi Ratu Boko yang berada di Yogyakarta, sebuah destinasi liburan yang menarik.

Candi yang berada di daerah Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki keunikan sering kali dikunjungi pada siang hingga sore hari. Hal ini dikarenakan spot di daerah Candi Ratu Boko memang memiliki tempat yang pas untuk menikmati sunset atau matahari terbenam.

Lihat candi lainnya di jogja: Candi borobudur

Oleh karena itu rasanya sayang bila kalian melewatkan untuk tidak mengunjungi Candi Ratu Boko sebagai turis maupun kalian yang tinggal di Yogyakarta, lalu adakah yang melatarbelakangi kenapa disebut Candi Ratu Boko? Berikut adalah penjelasan singkat mengenai asal usul Candi Ratu Boko.

Lokasi Candi Ratu Boko

Seperti nama pada lokasinya, Candi Ratu Boko berada di kompleks Candi Prambanan, namun bukan berarti tatanan serta bentuk bangunan dari Candi Ratu Boko sama seperti Candi Prambanan. Yang menjadi unik dari Candi Ratu Boko adalah bentuk yang dilindungi oleh bangunan tinggi serta di dalamnya terdapat candi-candi.

Menurut cerita hal ini bisa terjadi karena Candi Ratu Boko merupakan tempat berlindung serta menyepi dari pemerintahan Rakai Panangkaran pada abad ke-9 Masehi. Oleh karena itu bentuk bangunan yang memiliki gapura utama ini seperti layaknya gedung yang terlindungi.

Candi Ratu Boko Jogja

Lalu bagaimana bila kalian datang sebagai turis luar kota yang ingin mengetahui spot-spot menarik untuk mengambil gambar serta mengabadikan momen? Kalian bisa mencari paket wisata jogja 2 hari dari agen tour yang tersedia di Yogyakarta. Hal ini akan membantu kalian guna mendapatkan perjalanan yang terjadwal.

Fasilitas di Candi Ratu Boko

Sebagai tempat wisata, Candi Ratu Boko jelas memiliki banyak tempat yang menyimpan hal unik. Dan berikut merupakan fasilitas yang ada di Candi Ratu Boko

  • Gerbang masuk utama atau gapura utama
  • Paseban
  • Gua
  • Keputren
  • Pendapa

Gapura utama, Pendapa, Kepuntren dan Paseban merupakan salah satu dari banyak bukti peninggalan pada masa pemerintahan abad 9 Masehi tersebut, maka dari itu media ini akan memberikan wawasan baru mengenai sejarah candi yang ada di Indonesia tentunya bagi para pengunjung.

Lihat juga: Candi pawon

Beberapa tempat tersebut tersedia di komplek Candi Ratu Boko dan tentu saja bisa menjadi tempat bagi kalian untuk lebih mengenal budaya Indonesia dari tempat-tempat yang ada. Tidak hanya itu kalian pun bisa mengambil gambar dengan latar belakang candi yang ada, namun ingat kalian harus tetap menjaga tata krama yang ada

Bagaimana Cara Untuk Bisa Berkunjung ke Candi Ratu Boko

Tempat wisata seperti Candi Ratu Boko biasanya dikunjungi oleh orang-orang yang sedang berlibur atau rombongan dari komunitas yang sedang melakukan event, oleh karena itu biasanya mereka menggunakan jasa sewa bus pariwisata jogja agar semua peserta yang ikut andil bisa merasakan keindahan dari panorama yang disajikan oleh alam.

Namun bila kalian datang hanya bersama pasangan atau keluarga kecil kalian, rasanya menggunakan transportasi pribadi lebih disarankan. Misalnya menggunakan jasa sewa nmax nmax, mengingat jarak yang harus ditempuh dari Yogyakarta ke Candi Ratu Boko relatif tidak terlalu jauh hanya 16 km serta mampu ditempuh selama 20 menit saja.

tiket Masuk Candi Ratu Boko

Hal ini jelas akan mempercepat perjalanan kalian tanpa akan menemui hambatan berupa kemacetan, jalur yang bisa kalian gunakan adalah jalur jalan raya Solo-Yogyakarta. Nantinya kalian akan menemukan petunjuk arah ke Candi Prambanan, pilihlah jalur tersebut karena Candi Ratu Boko berada di wilayah Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Setelah memasuki kawasan Candi Prambanan kalian bisa membeli tiket masuk terusan atau hanya membeli tiket masuk biasa tergantung keinginan , kemudian kalian harus membayar tiket sesuai yang ditentukan :

  • Tiket terusan : Rp 30.000
  • Usia di atas 6 tahun : Rp 25.000
  • Usia di bawah 6 tahun : Rp 10.000
  • Turis asing : 13 Dollar

Perlu diingat bahwa tiket terusan hanya digunakan bagi kalian yang ingin menggunakan bus, yang nantinya bisa dibeli saat memasuki Candi Prambanan kemudian berkeliling hingga Candi Ratu Boko. Bus tersebut akan membawa kalian mulai dari titik keberangkatan hingga nanti kembali lagi ke titik awal.

Tempat wisata lainnya di jogja: Wisata Air Terjun Lepo Dlingo

Mengenal budaya Indonesia terutama kalian yang ingin berkunjung ke candi-candi yang ada di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Tentu sayang bila melewatkan Candi Ratu Boko ini, dengan memiliki fasilitas yang begitu mumpuni serta ciri khas berupa pemandangan sunset yang indah dinikmati.

Jelas Candi Ratu Boko direkomendasikan bagi kalian untuk menghabiskan akhir pekan dan waktu berlibur bersama orang-orang yang kalian sayangi, kemudian bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar bagi kalian yang memiliki sanak saudara maupun anak-anak yang masih muda untuk mendalami sejarah mengenai candi di Indonesia.

Rate this post