Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal lama memiliki beragam keanekaragaman wisata di dalamnya. Wisata yang ditawarkan oleh Jogja mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi namun juga wisata alam. Wisata alam yang ditawarkan mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan, perkebunan dan sebagainya. Salah satu wisata alam yang sangat menarik dan viral saat ini adalah wisata Goa Pindul Yogyakarta.

Goa Pindul Jogja adalah salah satu ikon pariwisata utama yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini menghadirkan beragam keindahan alami pegunungan kapur seperti stalaktit dan stalakmit eksotis yang terbentuk di dalam goa. Anda juga ditawarkan dapat menikmati langsung keindahan wisata alami pegunungan kapur ini dengan masuk dan menyusuri bagian dalam gua secara langsung.

Sekilas Informasi Mengenai Wisata Goa Pindul

Nama Pindul merupakan singkatan dari dua kata, yaitu “Pipi” dan “Kebendul”. Goa ini merupakan goa alami yang diperkirakan telah terbentuk sejak berjuta-juta tahun lalu. Hebatnya adalah, goa yang ada di Indonesia ini telah dinobatkan sebagai goa dengan stalaktit terbesar nomor empat di dunia.

Baca juga, Goa Tanding, Lokasi Wisata Bawah Tanah Menajubkan di Gunung Kidul

Yang membuat menarik dari goa ini adalah pemandangannya yang sangat menarik dengan aliran air di bawah goa yang dingin dan sangat jernih. Anda juga bisa bertemu dengan banyak kelelawar ketika memasuki area goa. Panjang lokasi wisata ini sendiri sekitar 350 meter dengan lebar lima meter.

Lokasi Wisata Goa Pindul

Lokasi Objek Wisata Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat Kota Wonosari, lokasi wisata ini berjarak sekitar tujuh kilometer ke arah utara. Sementara dari pusat kota Yogyakarta dapat dicapai selama kurang lebih dua jam perjalanan.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, anda hanya perlu mengendarai kendaraan ke arah Jalan Wonosari. Kemudian terus bergerak lurus setelah melewati bundaran simpang empat Siyono yang memiliki air mancur di bagian tengah. Belok kiri setelah bertemu perempatan besar ke arah Desa Bejiharjo. Di Desa Bejiharjo, aka nada beberapa pemuda yang akan mengarahkan anda ke lokasi parkir wisata.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Total harga yang ditawarkan untuk bisa masuk ke objek wisata Goa Pindul sebesar Rp 45.000 dengan rincian sebagai berikut: Rp 10.000/orang merupakan biaya tiket masuk ke kawasan wisata goa ditambah Rp 35.000/orang untuk membayar tiket masuk ke objek wisata goa.

Sementara untuk biaya sewa peralatan cave tubing yang harus dikeluarkan adalah berkisar mulai Rp 50.000/orang hingga Rp 100.000/orang. Harga berubah-ubah sesuai waktu. Pada weekday, biaya sewa jauh lebih murah dibanding saat hari libur maupun weekend.

Baca juga, Gunung Ireng Srumbung, Spot Hunting Sunrise Terbaik di Jogja

Apa saja yang didapat? Dengan membayar biaya sewa, anda dapat memperoleh fasilitas ban dan baju pelampung, senter penerang lengkap dengan pemandu wisata selama menyusuri gua. Sebelum mulai menyusuri gua, pemandu akan memberi pelatihan dan informasi singkat terkait keselamatan selama perjalanan susur gua. Wisata gua yang berada di Dusun Gelaran, Gunung Kidul ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00 sore.

Fasilitas di Tempat Wisata

Berikut beberapa fasilitas yang sudah disediakan, antara lain:

  1. Toilet Umum

Terdapat sejumlah toilet umum yang tersedia di sekitar areal wisata. Toilet umum yang disediakan jumlahnya sangat mencukupi dan cukup terjamin kebersihannya.

  1. Area Parkir

Untuk mencapai areal lokasi ini, umumnya orang-orang lebih memilih kendaraan pribadi karena hampir tidak tersedia kendaraan umum yang langsung dapat mengantarkan anda ke lokasi wisata. Area parkir yang disediakan oleh pengelola lumayan mencukupi untuk kendaraan bermotor maupun mobil. Tiket parkirnya juga sangat murah, yaitu hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Area parkir ini disediakan di dekat gerbang masuk utama objek wisata.

  1. Mushola

Untuk anda yang muslim dan berencana mengunjungi lokasi gua dari pagi hingga sore hari, anda tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan beribadah saat dzuhur dan ashar. Pengelola telah menyediakan mushola yang mencukupi untuk pengunjung melaksanakan kewajiban ibadahnya.

  1. Homestay

Disediakan beberapa rumah penduduk yang terbuat dari dinding bambu di sekitar lokasi wisata yang telah dimanfaatkan sebagai homestay bagi pengunjung wisata. Biaya homestay ini cukup murah, mulai Rp 50.000/orang untuk ukuran kamar 3 x 3 meter persegi. Harganya tentu akan naik ketika liburan panjang anak sekolah dan weekend.

  1. Rumah Makan

Beragam menu makanan ditawarkan di beberapa rumah makan yang ada di sekitar goa. Menu makanan yang ditawarkan seperti mie ayam, mie instan, sate, bakso dan makanan seperti biasa.

Tips Wisata saat Mengunjungi Goa Pindul

Berkunjung ke goa alam tidak terasa lengkap jika tanpa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen selama susur gua. Kamera yang bisa digunakan mulai dari kamera smartphone maupun kamera DLSR. Namun, jika dirasa terlalu berisiko untuk membawa perangkat gadget sendiri, anda bisa menyewa jasa fotografer yang ditawarkan oleh pengelola jasa wisata goa.

Baca juga, Gumuk Pasir Parangkusumo, Replika Padang Sahara di Kota Yogyakarta

Biaya yang diperlukan juga tidak terlalu mahal untuk ukuran foto menggunakan kamera DLSR, yaitu berkisar 80an ribu hingga ratusan ribu. Karena yang akan dilakukan di goa berupa susur gua menggunakan ban pelampung, sehingga tentunya baju yang anda kenakan akan basah. Bawalah handuk dan baju ganti secukupnya setelah berrafting ria di goa.

Demikianlah penjelasan singkat beserta beragam keasyikan yang ditawarkan oleh ikon wisata utama Kabupaten Gunung Kidul ini. Segera rencanakan jadwal kunjungan anda bersama keluarga maupun teman ke lokasi wisata ini. Jika anda berasal dari luar kota, anda juga bisa mencari penginapan di sekitar area wisata maupun hotel di daerah Wonosari.