Beri peringkat untuk posting ini

Tempat wisata minat khusus seperti desa wisata menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat menarik untuk liburan bersama keluarga maupun teman-teman. Karena melalui desa wisata ini, para wisatawan selain dapat menikmati panorama keindahan yang disuguhkan mereka juga dapat belajar hal-hal baru yang menjadi ciri khas tempat wisata tersebut.

Desa Wisata Brajan menjadi salah satu desa wisata yang banyak digemari wisatawan dan menjadi salah satu industri kreatif dengan nilai budaya dan seni yang tinggi. Salah satu daya tarik utamanya adalah kerajinan bambunya yang bahkan menjadi sentra UKM dan ikon desa ini.

Baca Juga, Green Village Gedangsari, Wisata Alam Baru nan Eksotis di Gunungkidul

Desa Wisata Brajan Sebagai Pusat Kerajinan

Kerajinan di Desa Wisata Brajan

Tempat wisata ini banyak diminati para wisatawan yang ingin berwisata menikmati panorama alam pedesaan sekaligus belajar tentang apa yang menjadi ciri khas desa tersebut. Desa Wisata Brajan didukung baik oleh pemerintah, perusahaan swasta, maupun universitas untuk mengembangkan potensi kerajinan yang dibuatnya agar memiliki nilai jual yang tinggi.

Terbukti produk-produk kerajinan hasil karya warga di Desa Wisata Brajan ini banyak digemari oleh para wisatawan yang berkunjung karena kualitas dan nilai seninya yang tinggi. Produk-produk yang dihasilkan pun didesain oleh pakar desain profesional sehingga selalu mengikuti tren pasar ekspor.

Nama Brajan sendiri diambil dari nama orang pertama yang menetap di desa tersebut yaitu Kyai Brojo Sentiko. Meskipun desa ini termasuk desa yang kecil, potensi yang terdapat di desa ini pamornya telah berhasil menembus pasar internasional dengan kerajinan bambu sebagai ciri khasnya.

Beberapa hasil kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin bambu yang menjadi keunggulan desa ini seperti besek, ceting atau tempat nasi, hiasan dinding, tas, tempat lampu, piring makanan, keranjang atau box, rak, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik Desa Wisata Brajan

Selain kerajinan dari bambu sebagai daya tarik utamanya, Desa Wisata Brajan juga dikenal memiliki kesenian-kesenian lain yang akhirnya menjadi potensi lain dari pariwisata di desa ini. Para wisatawan akan disuguhkan pertunjukan seperti campursari, kuntulan (seni religi islami), karawitan, sholawat, dan cokekan.

Baca Juga, Museum Anak Kolong Tangga Jogja, Salah Satu Wisata Edukasi di Yogyakarta

Para wisatawan dapat merasakan suasana pedesaan dengan udaranya yang sangat sejuk yang sangat jarak dirasakan di daerah perkotaan. Hamparan padi yang hijau terbentang di persawahan yang luas dan deretan perbukitan hijau menjadi pemandangan yang bisa dilihat oleh para wisatawan yang datang langsung. Para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini juga akan disuguhkan dengan sebuah taman yang dibuat dengan properti dari bambu dan dihiasi aneka tanaman bunga yang berwarna-warni.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata Brajan

Fasilitas Desa Wisata Brajan

Sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi sorotan para wisatawan hingga tingkat internasional, Desa Wisata Brajan juga didukung fasilitas-fasilitas yang memadai seperti berikut ini:

  1. Kantor sekretariat berupa rumah joglo
  2. Sepeda ontel yang digunakan untuk menyusuri perkampungan
  3. Pemandu wisata
  4. Akses jalan yang luas dan lebar
  5. Gratis hotspot area
  6. Mushola
  7. Telepon umum
  8. Dekat dengan fasilitas umum seperti bank, pasar, minimarket, dan kantor pemerintahan

Rute dan Lokasi

Lokasi Desa Wisata Brajan berlokasi di Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit. Para wisatawan khususnya yang datang dari luar kota dapat memanfaatkan jasa sewa mobil atau sewa motor yang biasanya ditawarkan agen tour dan wisata.

Rute yang bisa dilewati untuk sampai di Desa Wisata Brajan dari pusat Kota Jogja – lurus ke arah Terminal Jombor – ambil jalur ke Jalan Kebonagung – lurus sampai menemukan Lapangan Kebonagung – lurus ke selatan sampai menemukan gerbang menuju Desa Wisata Brajan yang terletak di sebelah timur

Baca Juga, Jogja Bay, Liburan Bersama Keluarga Murah dan Lebih Seru

Harga Tiket Masuk

Berikut ini harga-harga yang ditawarkan untuk setiap fasilitas yang terdapat di Desa Wisata Brajan:

Tiket MasukHarga
Taman bungaRp 5.000
Paket outbound untuk anak-anakRp 35.000 dengan minimal peserta 25 orang
Paket outbound untuk dewasaRp 55.000 dengan minmal peserta 25 orang (harga tersebut sudah termasuk fasilitas peralatan outbound dan makan siang)
Menginap di homestayRp 80.000/orang per hari dan sudah termasuk biaya makan 3 kali
Sewa rumah limasanRp 250.000/paket dan biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan
Sewa sound systemRp 250.000/paket
Tour GuideRp 70.000/orang
Kontribusi ke desa wisataRp 5.000/orang
Kunjungan ke kebun rambutanRp 10.000/orang
Atraksi menggarap sawahRp 15.000/orang
Atraksi panen padiRp 10.000/orang
Memancing ikanRp 40.000/kg
Menangkap ikan/pakecehanRp 15.000/orang
Tracking/petualanganRp 6.000/orang
Sepak bola sawahRp 5.000/orang
Bola voliRp 5.000/orang
Penyambutan/kuntulan/campursariRp 15.000/orang
Cokekan/karawitan/sholawatRp 12.500/orang
Belajar gamelanRp 10.000/orang
Pentas kuntulan/campursariRp 50.000/orang untuk kurang lebih 3 jam

Dengan paket selengkap itu para wisatawan yang datang dapat menikmati dan belajar banyak hal yang menyenangkan dan tentu saja bermanfaat.