Di era modernisasi seperti sekarang ini, kehadiran pedesaan yang masih memegang teguh kearifan lokal, kelestarian lingkungan, dan nilai-nilai budayanya terbilang mulai jarang. Sehingga adanya desa wisata sebagai salah satu alternatif destinasi wisata akhirnya menjadi solusi untuk tetap menghadirkan nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari.

Desa Wisata Jelok atau biasa disingkat dewi elok bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata ke desa wisata. Di sini pengunjung akan disuguhkan wisata yang memiliki nilai edukasi, belajar tentang tradisi dan kebudayaan pedesaan, sekaligus merasakan petualangan yang seru. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Paket Wisata yang Ditawarkan Desa Jelok

Desa Wisata Jelok

Di tempat wisata ini para pengunjung dapat mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang ditawarkan dalam bentuk paket wisata jogja 1 hari seperti berikut ini:

Paket Wisata Budaya dan Pendidikan

  • Belajar bermain gamelan atau karawitan
  • Belajar bertani dan bercocok tanam
  • Belajar melukis di celengan tanah dan caping
  • Belajar membatik dengan tangan
  • Belajar menari tarian tradisional
  • Belajar memasak makanan tradisional
  • Mengikuti setiap kegiatan tradisi dan budaya seperti menonton wayang, tradisi kendurian, tradisi Merti Kali, Tradisi Methik, dan lain-lain
  • Menerbangkan layang-layang di pematang sawah atau lapangan hijau bersama anak-anak

Wisata Petualangan

  • Body Rafting
  • Village Tracking (berjalan menyusuri pedesaan)

Wisata Outbound dan Berkemah

  • Outbound dan outing
  • Camping

Selain itu, para wisatawan yang datang juga dapat menikmati wisata kuliner khas makanan Gunungkidul seperti Gudeg Sinuwun yang berbahan dasar jantung pisang, sayur lombok ijo, teh poci gula batu, wader, wedang secang, bebakaran, dan lain-lain.

Panorama Keindahan di Desa Wisata Jelok

Desa Wisata Jelok

Para wisatawan yang datang akan bertemu langsung dengan warga penduduk yang ramah dan merasakan suasana yang sejuk dan asri karena jauh dari bisingnya jalan raya. Panorama keindahan yang disuguhkan di Desa Wisata Jelok ini, di antaranya adalah:

  1. Hamparan bukit dan persawahan yang terbentang luas
  2. Keindahan sunrise dan sunset di puncak bukit
  3. Rumah-rumah panggung yang terbuat dari bambu dan kayu sebagai bangunan utamanya
  4. Jembatan gantung sepanjang 82 meter dan lebar 1 meter yang melintasi Sungai Oyo
  5. Kolam-kolam ikan yang tampak jernih
  6. Sebuah gua yang menarik perhatian
  7. Lapangan hijau yang dikelilingi pohon kelapa dan pepohonan lainnya

Rute dan Lokasi

Lokasi Desa Wisata Jelok berada di Dusun Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan jarak 30 kilometer. Pengunjung harus melewati sebuah jembatan yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua atau dengan jalan kaki. Sehingga sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa memanfaatkan jasa sewa motor yang ada. Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, Anda bisa rental mobil jogja lepas kunci atau dengan supir.

Rute untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini tidak begitu sulit dan bisa ditempuh dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Jogja-Wonosari – lurus terus sampai Kantor Kecamatan Patuk – lurus sampai di SMK Muhammadiyah 1 Patuk – lurus sampai tikungan Beji – belok ke kanan di pertigaan menuju Desa Beji – lurus terus sampai Kantor Kepala Desa Beji – lurus sampai menemukan Plakat Jelok dan ikuti petunjuk arahnya.

Harga Tiket Masuk

Para wisatawan bisa datang ke lokasi wisata ini setiap hari mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Untuk menikmati setiap paket wisata yang ditawarkan para pengunjung harus merogoh kocek lebih dengan range harga berikut ini:

Wisata Petualangan

Rafting dilakukan dengan menggunakan perahu kano untuk menyusuri Sungai Oyo yang merupakan sungai terbesar di Gunungkidul dengan rincian sebagai berikut:

  • Trip I: Rp 70.000,00 dari Hutan Bunder menuju Kampoeng Wisata
  • Trip II: Rp 60.000,00 per orang dari Kampoeng Wisata menuju Wonolagi
  • Trip III: Rp 100.000,00 per orang dari Hutan Bundar menuju Dodogan

Harga tersebut sudah termasuk biaya pemandu, transport ke titik start, makan dan minum, asuransi, dan sewa alat. Minimal harus ada 6 orang untuk bisa mengambil paket wisata ini.

  • Paket Susur Goa: Rp 50.000,00 sudah termasuk sewa alat, asuransi, dan pemandu wisata dengan minmal 6 orang – 20 orang dalam sehari.
  • Trail Adventure: Rp 150.000,00 termasuk sewa alat dan asuransi dengan melewati track yang menantang selama 1 sampai 2 jam.
  • ATV: Rp 25.000,00 per 15 menit menggunakan ATV Moustrack menjelajahi Kampoeng Wisata.
  • Flying Fox: Rp 25.000,00 per orang.

Wisata Outbound dan Berkemah

  • Outbond dan outing: Rp 75.000 – Rp 200.000,00 per orang
  • Berkemah: tersedia untuk 20 – 1000 peserta

Wisata Budaya dan Pendidikan

  1. Paket One Day: Rp 75.000,00 – Rp 150.000,00
  2. Paket Live in Homestay: Rp 250.000,00 per orang untuk 2 hari 1 malam
  3. Paket Live in Cottages dengan menginap di satu rumah limasan yang terdiri dari dua kamar tidur
  4. Paket 1 hari 1 malam (1 rumah limasan): Rp 750.000,00
  5. Paket 1 hari 1 malam (1 kamar tidur): Rp 400.000,00

Harga tersebut sudah termasuk snack, makan, dan minum 2 kali.

Berwisata dan mengunjungi desa-desa wisata termasuk Desa Wisata Jelok ini membuat kita turut andil dalam upaya meningkatkan dan melestarikan budaya serta lingkungan.