Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kejenuhan tersebut ialah dengan meluangkan waktu sejenak untuk sekedar refreshing dan traveling. Ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan objek untuk tujuan tersebut, salah satunya ialah Embung Batara Sriten yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Objek wisata satu ini telah diresmikan pada bulan September 2014 yang lalu, dan hingga saat ini masih banyak orang yang mengakui keistimewaan yang ada di dalamnya.

Keistimewaan Embung Batara Sriten Sebagai Tempat Wisata

Sejatinya, Embung Batara Sriten ini adalah telaga buatan dengan kapasitas sekitar 10.000 meter kubik. Telaga buatan ini dirancang untuk mengatasi kekeringan yang biasa melanda area sekitar saat musim kemarau.

Namun, dalam perkembangannya, telaga ini juga dijadikan sebagai lokasi wisata. Berikut beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh objek wisata Gunung Kidul satu ini.

Pemandangan Embung Batara Sriten

Berada di Puncak Tertinggi di Gunung Kidul

Embung Batara Sriten ini posisinya ada di puncak tertinggi Gunung Kidul, yaitu di Perbukitan Baturagung. Posisi ini membuat embung tersebut mempunyai udara yang sejuk, sangat berbeda jauh dengan suasana kota.

Baca juga artikel lainnya: Jurang Tembelan

Apalagi di sekitar embung juga sudah terdapat kebun buah yang di dalamnya tumbuh tanaman sirsak, manggis, jeruk, kelengkeng serta durian.

Menawarkan Pemandangan Matahari Tenggelam

Karena posisinya berada di ketinggian, maka jika Anda berkunjung ke Embung ini, Anda bisa menikmati panorama matahari tenggelam saat sore hari.

Tenang saja, Anda dapat berdiam dan menunggu momen tersebut datang, karena objek wisata ini dibuka mulai pukul 05.00 pagi sampai pukul 18.00 sore. Tentunya, pemandangan maksimal akan Anda dapatkan jika cuaca sedang cerah.

Puncak Mangir

Di bagian belakang Embung Batara Sriten, ada Puncak Mangir. Puncak ini juga bisa Anda datangi dengan melalui jalur yang telah tersedia. Dari puncak ini nantinya Anda akan dapat melihat pemandangan alam Gunung Kidul yang lebih luas, lengkap dengan Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur di kejauhan.

Lokasi Aerosport

Tak hanya difungsikan sebagai lokasi wisata alam saja, tempat wisata ini sekaligus juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan olahraga aerosport atau olahraga dirgantara, seperti paramotor, gantole dan paralayang.

Terdapat Makam Syekh Wali Jati

Selain menjadi lokasi wisata alam dan olahraga, di area Embung ini juga ada makam. Masyarakat percaya bahwasanya makam tersebut adalah makamnya Syekh Wali Jati yang masih merupakan kerabat Sultan pada masa itu. Benar-benar destinasi yang menawarkan paket wisata ke jogja yang lengkap bukan?

Lokasi Camping dan Hammocking

Bahkan disini juga bisa Anda manfaatkan sebagai lokasi camping agar bisa menikmati pemandangan alam lebih lama. Jika tidak, Anda bisa membawa hammock, lalu bentangkan di salah satu sudut embung yang terdapat pepohonannya.

Fasilitas yang Ada Di Embung Batara Sriten

Sebagai tempat wisata yang menyajikan sejumlah keistimewaan, lokasi ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti di bawah ini.

  • Warung
  • Toilet
  • Area parkir
  • Gazebo atau pendopo

Lokasi Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Adapun lokasi Embung Batara Sriten ialah di Perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo yang masih merupakan bagian dari Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Jika perjalanan Anda dimulai dari Yogyakarta, maka Anda memerlukan waktu sekitar 1 jam hingga 1,5 jam untuk mencapai lokasi tersebut.

Baiknya, Anda gunakan kendaraan pribadi atau rental motor di jogja murah saja jika ingin datang ke sini. Tapi, upayakan supaya motor tersebut juga bukan motor matic, mengingat kondisi jalannya lumayan curam dan ekstrem.

Menggunakan mobil sebenarnya juga tidak masalah karena di lokasi wisata ini juga ada tempat parkir untuk mobil. Namun sebaiknya Anda gunakan mobil offroad dibandingkan mobil biasa. Sangat disarankan juga agar Anda menghindari musim penghujan karena beberapa bagian jalan akan menjadi sangat licin.

Lokasi Embung Batara Sriten

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Harga tiket masuk yang diberlakukan di Embung Batara Sriten ini cukup terjangkau, yakni hanya Rp 3.000 saja per orang. Sementara untuk biaya parkir hanya sebesar Rp 2.000 per unit untuk motor dan untuk mobil Rp 10.000 per unitnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 3.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 10.000,00

Wisata lainnya di Gunungkidul: Watu Payung Panggang

Mendatangi Embung Batara Sriten memang merupakan alternatif yang bagus untuk melepaskan pikiran dari rasa penat. Namun, sebelum Anda berangkat ke sana, pastikan cek kondisi kendaraan dengan sedetail mungkin. Pastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Dan jangan lupa juga untuk memastikan tubuh berada dalam kondisi yang fit juga ya.