Yogyakarta memang tidak akan pernah kehabisan tempat-tempat wisata yang menarik yang bsia dijadikan sebagai tempat merefresh pikiran setelah menjalankan aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Embung Tambakboyo yang berada di kawasan Sleman, Yogyakarta. Kawasan wisata ini sendiri banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama di kala akhir pekan tiba.

Embung Tambakboyo merupakan sebuah danau atau waduk buatan yang banyak dikenal oleh masyarakat dalam atau luar Sleman dan dikenal sebagai objek wisata yang murah meriah. Disana Anda akan disuguhi dengan air yang jernih kehijauan dan tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat olahraga atau menyalurkan hobi di sana. Lokasi yang masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan ini membuat lokasi ini masih memiliki udara yang cukup segar di pagi hari. https://www.kartanesia.com telah merangkum tempat wisata ini dalam paket liburan ke jogja terlengkap.

Seputar Wisata Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Kawasan wisata ini sebenarnya sudah mulai dibangun sejak tahun 2003 hingga tahun 2008. Waduk yang memiliki luas sekitar 7,8 hektar dengan volume daya tampung air hingga 400.000 m3 memiliki wilayah yang dapat dikatakan luas. Fungsi daari waduk ini sendiri adalah sebbagai penyimpanan cadangan dan resapan air tanah bagi warga di sekitar kawasan Sleman, Bantul, dan Yogyakarta.

Selain itu, waduk ini juga dimanfaatkan untuk sistem pengairan dan untuk PDAM di masa mendatang. Namun, banyak warga juga yang memanfaatkan waduk ini sebagai tempat untuk memancing, berolahraga, atau piknik bersama.

Ada begitu banyak fakta-fakta menarik seputar Embung Tambakboyo ini, antara lain sebagai berikut.

  • Wisata murah yang kerap kali dijadikan sebagai lokasi olahraga jogging.
  • Lokasi bagi para pemancing ikan.
  • Memiliki latar belakang Gunung Merapi yang indah.
  • Waduk buatan yang digunakan sebagai irigasi dan cadangan air.
  • Pemandangan senja atau matahari terbenam yang sangat indah.

Baca Juga : Goa Jomblang Gunungkidul

Cukup banyak kegiatan atau aktivitas yang dapat Anda lakukan di kawasan ini. Bagi Anda yang gemar sekali olahraga memancing, maka Anda bisa membawa perlengkapan memancing untuk memancing di waduk ini. Di dalam waduk ini terdapat beberapa varian ikan, seperti wader, nila, lele, hingga gurameh. Tak hanya memancing, jika Anda ingin olahraga jogging maka Anda bisa memanfaatkan jalan berkonblok yang memiliki jarak cukup jauh. Sambil berjogging, Anda bisa menikmati pemandangan indah di sekeliling waduk. Lantas, dimana lokasi dari wisata ini?

Lokasi Embung Tambakboyo

Lokasi wisata ini terletak di Dusun Tambakboyo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Secara singkat, lokasi wisata ini berada di hilir Sungai Tambakboyo dan Buntung. Bahkan, diketahuijuga bahwa waduk ini terletak di tiga Desa, yaitu Condongcatur, Maguwo, dan Wedomartani. Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, anda bisa rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Rute Jalan Menuju ke Lokasi Wisata

Embung Tambakboyo

Agar Anda bisa sampai ke lokasi wisata ini, Anda bisa melalui perempatan Ringroad UPN Veteran Yogyakarta, kemudian mengarah ke arah utara sejauh 500 KM, kemudian masuklah ke kawasan Perumahan Mataram Bumi Sejahtera (MBS) dan mengarah ke timur sedikit. Anda akan mendapati kawasan Embung Tambakboyo di sana.

Harga Tiket Masuk ke Kawasan Wisata

Harga yang di banderol untuk bisa menikmati indahnya waduk buatan ini hanya cukup dengan membayar biaya parkir saja. Bagi pengguna kendaraan roda dua, Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 1.000 saja. Sedangkan, khusus pengguna kendaraan roda empat Anda hanya membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja. Bagaimana, cukup murah bukan?

Fasilitas yang Disediakan oleh Pengelola Wisata

Selain menikmati pemandangan di sekitar waduk buatan ini. Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner yang dijajakkan oleh pedagang di kawasan sekitar waduk ini. Harga yang ditawarkan juga terbilang cukup bersahabat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas penginapan yang juga tersedia di sekitar lokasi waduk. Jadi, jika Anda berasal dari luar kota dan ingin menginap di kawasan sekitaran waduk Anda bisa mudah mendapatkannya. Selebihnya banyak juga fasilitas olahraga yang bisa Anda manfaatkan di sana.

Meski kawasan ini banyak ditumbuhi dengan pepohonan yang cukup rindang, tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk datang di waktu pagi atau sore hari agar terhindar dari panas matahari yang menyengat. Selain itu, Anda juga bisa membawa alas duduk atau tikar untuk Anda bersantai di kawasan sekitar waduk ini.

Bisa juga, Anda membawa aneka makanan dari rumah dan berpiknik di sana. Adapun, hal terpenting bagi Anda adalah selalu awasi putra dan putri Anda karena waduk ini memiliki kedalaman yang cukup tinggi yaitu sekitar 7 meter sehingga berbahaya jika sampai tercebur ke dalam waduk.

Baca Juga : XT Square

Itulah tadi ulasan singkat seputar Embung Tambakboyo yang berada di kawasan Sleman. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, sempatkanlah waktu untuk berlibur juga ke destinasi wisata lainnya yang ada di Kota Yogyakarta. Dijamin, liburan Anda di Yogyakarta akan lebih berkesan. Agar lebih praktis dalam mengatur waktu liburan, Anda bisa membeli paket wisata, sesuai dengan wisata yang ingin Anda kunjungi.