Posisi Kabupaten Gunungkidul yang berada di perbukitan mendorong munculnya wisata gardu pandang yang salah satunya adalah Gardu Pandang Mangol Kencana. Panorama cantik sunrise dan sunset dari atas bukit ini menjadi pemandangan yang paling diburu oleh para pengunjung yang datang. Obyek wisata yang masih sangat baru ini ternyata mampu menyedot minat banyak wisatawan untuk datang ke sini.

Suasana di tempat wisata ini sangat romantis apalagi ketika senja tiba, sehingga mengajak pasangan menghabiskan sore di sini akan menjadi hal yang mengesankan. Tak jarang tempat ini juga menjadi incaran para fotografer maupun videografer yang hobi hunting foto.

Panorama Keindahan di Gardu Pandang Mangol Kencana

Gardu Pandang Mangol Kencana

Lokasi gardu pandang ini berada di pinggir sebuah jurang yang tinggi sehingga para wisatawan bisa memandang sekeliling dengan pandangan yang lebih luas dan indah. Semilir angin sejuk yang berhembus dengan pemandangan indah berupa hamparan hijau pepohonan dan kerlap-kerlip lampu jogja menjadi daya tarik tempat wisata ini. Pengunjung pun semakin merasa nyaman menikmati suasana sore maupun pagi dengan udara yang masih sangat segar jauh dari polusi.

Wisata lainnya di gunungkidul: Goa Maria Tritis

Pemandangan Kota Jogja terlihat jelas dari atas bukit ini, bahkan jika beruntung ketika cuaca cerah gagahnya Merapi dapat terlihat dengan jelas dan indah dari sini. Sekilas bukit ini bisa dibilang mirip dengan Bukit Bintang Patuk yang lebih dulu terkenal. Namun, posisi bukit ini lebih tinggi dibandingkan dengan Bukit Bintang sehingga pemandangan sekeliling berupa hamparan hijaunya pepohonan dan rumah-rumah di Kota Jogja terlihat lebih jelas.

Di bukit ini juga terdapat beberapa spot foto menarik seperti di gazebo yang terbuat dari kayu dan beratapkan daun kering. Selain itu, berfoto di depan tulisan “Mangol Kencana” juga menjadi salah satu spot yang banyak diambil dan terbukti banyak berseliweran di media sosial. Mengambil siluet senja di balik pagar kayu juga menjadi salah satu momen terbaik untuk berfoto, namun harus tetap berhati-hati karena posisinya berada di pinggir jurang.

Munculnya nama Mangol Kencana ini memiliki cerita unik di mana nama tersebut diambil dari keberadaan Watu Mangol di sini. Watu Mangol sendiri memiliki arti batu yang menonjol atau muncul ke atas dari batu-batu lainnya. Konon katanya di sini terdapat pula Watu Kandang yang dulunya dimanfaatkan sebagai kandang lembu.

Fasilitas yang Tersedia di Gardu Pandang Mangol Kencana

Tempat wisata Gardu Pandang Mangol Kencana memang terbilang masih sangat baru, namun fasilitas yang tersedia di sini sudah cukup memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjung yang datang:

  • Mushola
  • Toilet
  • Area parkir
  • Gazebo yang terlihat vintage
  • Spot foto menarik
  • Warung makan
  • Camping ground

Rute dan Lokasi Gardu Pandang Mangol Kencana

Gardu Pandang Mangol Kencana berlokasi di Sumber Tetes, Patuk, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 30 – 45 menit dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata ini karena tidak tersedia kendaraan umum. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota tak perlu khawatir karena di Jogja sendiri banyak agen-agen yang menawarkan jasa sewa motor maupun renta mobil matic di jogja.

Lokasi tempat wisata ini cukup dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran sehingga bisa sekaligus mengambil paket wisata 2 hari ke jogja ke tempat wisata tersebut. Akses untuk menuju tempat wisata ini pun cukup baik dengan jalanan yang sudah beraspal. Namun, harus tetap berhati-hati ketika membawa kendaraan karena banyak tantangan berupa tanjakan, tikungan, turunan, dan tak jarang jalanan curam dan berlubang.

Rute yang bisa dilewati untuk sampai di tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus mengikuti Jalan Wonosari – belok kiri ke arah Gunung Api Purba Nglanggeran di perempatan timur Radio GCD FM – ikuti papan petunjuk ke arah kiri sekitar 400 meter menuju Mangol Kencana.

Spot Foto Mangol Kencana

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Mangol Kencana

Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati segala keindahan dari atas gardu pandang ini. Pengunjung hanya cukup membayar Rp 5.000,00 saja per orang sebagai tiket masuk. Harga tersebut masih bisa berubah-ubah dan menyesuaikan kondisi dan sebagai biaya cadangan jangan lupa menyiapkan budget untuk membeli makan dan minum.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00

Sebelum pergi baca juga: Pantai Greweng

Mengabadikan momen pagi dan senja sambil menikmati pemandangan indah di sekitar menjadi aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Kesegaran udaranya membuat siapapun yang datang akan merasa nyaman sambil menikmati keindahan yang ada. Gardu Pandang Mangol Kencana menjadi pilihan destinasi yang tepat untuk refreshing dari kepenatan sehari-hari sambil menghabiskan akhir pekan.