Selain berbelanja, menikmati aneka kuliner dan mempelajari sejarah, ternyata Yogyakarta juga cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Sepertinya, mengunjungi Yogyakarta tidak pernah ada bosannya, pasti ada saja wisata baru yang ditawarkan. Dari berbagai macam wisata yang ditawarkan, lantas mana pilihan wisata yang cocok dijadikan sebagai pilihan?

Salah satu wisata keluarga di Yogyakarta adalah Gembira Loka Zoo atau Kebun Binatang Gembira Loka. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, berikut beberapa informasi mengenai Gembira Loka.

Sekilas Informasi Mengenai Kebun Binatang Gembira Loka Zoo

Patung-Gembira-Loka-Zoo

Mungkin, tidak banyak wisatawan yang mengetahui bila kebun binatang ini merupakan museum satwa yang berada di Yogyakarta. Gembira Loka juga menjadi salah satu museum tertua di Yogyakarta. Gembira Loka berlokasi di lahan seluas 20 ha, dengan begitu banyak spesies satwa dan flora di dalamnya.

Baca juga, Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Pendidikan Kekinian di Kota Pelajar

Di sini, Anda bukan hanya menemukan kandang yang digunakan untuk mengoleksi satwa, namun juga ada pula wahana permainan serta taman bersantai. Awalnya, kebun binatang ini memelihara satwa untuk Keraton, Pada masa itu, Sri Sultan HB VII ingin Jogja memiliki sebuah tempat hiburan yang luas dan penuh dengan flora dan fauna. Setelah keinginan tersebut muncul, lahir Kebun Rojo, pembangunan kebun binatang kemudian diteruskan oleh Sri Sultan HB IX.

Pembangunan kebun binatang sempat terhenti karena Belanda mundur dan digantikan oleh Jepang. Setelah Indonesia merdeka, Gembira Loka dilanjutkan pembangunannya. Setelah resmi berdiri, Gembira Loka memiliki beragam satwa.

Lokasi

Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, anda bisa rental mobil matic di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Daya Tarik yang Dimiliki Gembira Loka

Fasilitas-Gembira-Loka-Zoo

Jika Anda sudah melewati loket, nantinya Anda akan langsung menemukan taman yang begitu luas. Di tengah-tengah taman, Anda juga akan menemukan danau, sehingga pemandangan menjadi semakin sejuk serta menyegarkan mata. Ada berbagai macam kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, seperti:

  1. Menaiki wahana air. Wahana yang dapat Anda coba di sini mulai dari becak air, speed boat, perahu kayuh, dan berbagai macam wahana yang lainnya.
  2. Menaiki kendaraan serta binatang wisata. Di Gembira Loka Zoo, Anda bisa berkeliling dengan menggunakan kereta mini, unta, gajah hingga ATV. Berbagai wahana dapat Anda nikmati hanya dengan Rp 20 ribuan saja.  
  3. Berbagai koleksi hewan dapat dilihat di sini, mereka ditempatkan dalam kandang yang sesuai dengan habitat mereka sehingga binatang nyaman berada di dalam kandang. Tiap kandang hewan sengaja diberi papan. Papan tersebut bertuliskan informasi mengenai keadaan hewan sekarang ini dan penyebaran hewan. Anda bisa belajar dari papan-papan yang disediakan di sini.
  4. Atraksi binatang. Di jam-jam tertentu, biasanya diadakan gelar satwa. Gelar satwa ini menjadi bagian pertunjukan di Gembira Loka Zoo. Berbagai macam hewan pun ditampilkan seperti beruang madu, kaka tua jambul kuning, orang utan dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin melihat gelar satwa ini, Anda bisa datang di jam-jam tertentu.
  5. Mencoba terapi ikan. Daya tarik Gembira Loka tidak sampai di sana, karena Anda dapat mencoba menikmati terapi ikan dengan cara mencelupkan kaki ke kolam yang penuh dengan ikan, setelah itu biarkan ikan menggigit kulit mati Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Gembira Loka buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Untuk harga tiket masuk, jika di hari Senin hingga Jumat memiliki harga Rp 20 ribuan. Sedangkan saat weekend di banderol dengan harga Rp 25 ribuan. Bagi Anda yang mengunjungi Gembira Loka secara rombongan dengan peserta minimal 25 orang. Sekaligus membawa surat pengantar yang berasal dari instansi bersangkutan, Anda akan memperoleh diskon khusus.

Gembira Loka Zoo memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet umum, tempat ibadah yang bersih, tempat parkir hingga free WiFi zone hingga tempat parkir yang luas. Di sekitar kebun binatang juga ditemukan banyak penginapan mulai dari kelas menengah hingga kelas atas. Warung makan pun juga tidak jauh dari Gembira Loka. Sehingga Anda tidak perlu cemas saat rasa lapar tiba-tiba datang. https://www.kartanesia.com sudah merangkum tempat wisata ini dalam sebuah paket wisata jogja murah terlengkap.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Gembira Loka, semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Jadi, kapan Anda mengunjungi wisata keluarga yang murah dan menarik ini? Sebenarnya, masih banyak lagi wisata menarik yang harus Anda kunjungi di Yogyakarta. Untuk memudahkan Anda mengunjungi berbagai wisata, Anda bisa membeli paket wisata yang sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki.