Goa Kiskendo Kulon Progo, Misteri Raja Raksasa yang Kaya Raya

//Goa Kiskendo Kulon Progo, Misteri Raja Raksasa yang Kaya Raya

Wisata goa memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di kawasan Yogyakarta juga terdapat banyak goa mempesona yang bisa wisatawan kunjungi di waktu berlibur. Salah satu goa yang menawarkan keindahan alam adalah Goa Kiskendo yang terletak di kawasan Kulonporgo, Yogyakarta. Selain menyuguhkan keindahan alamnya, goa ini ternyata menjadi saksi bisu kisah Ramayana yang merupakan tokoh pewayangan.

Bagi Anda yang penasaran dengan goa ini. Goa ini sendiri berada di alam terbuka dan merupakan goa alami yang hingga kini masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bagian dalam goa ini terbilang cukup luas dan memiliki banyak cekungan pada bagian dalamnya.

Cekungan pada dinding ini kerap dijadikan sebagai tempat bersemedi. Pada zaman dahulu, goa ini dijadikan sebagai tempat tinggal dua raksasa yang bernama Mahesasura dan Lembusasura. Mahesasura adalah raksasa yang memiliki bentuk kepala kerbau dan Lembusasura adalah raksasa yang memiliki bentuk kepala sapi.

Mengulas Berbagai Hal Mengenai Wisata

Mengulas seputar wisata ini sendiri dapat dimulai dari letaknya yang berada di pegunungan menoreh. Goa ini berada di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut dan berada di tengah-tengah hutan. Akan tetapi, kini hutan tersebut sudah dijadikan sebagai pemukiman warga. Suasanya yang bisa Anda rasakan di goa ini adalah sejuk dan dingin.

Baca juga, Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain Keluarga di Kota Yogyakarta

Berdasarkan sejarah, Goa Kiskendo ini ditemukan pada tahun 1820 dan pada tahun 1964 lokasi ini dijadikan sebagai wisata religi. Goa ini kemudian diresmikan pada tahun 1979 untuk dijadikan sebagai wisata resmi yang dikelola secara resmi.

Berdasarkan kisah mitos yang berkembang, goa ini ini adalah sebuah kerajaan Guwa Kiskenda yang dipimpin oleh Prabu Mahesasura. Menurut mitos, kedua raksasa ini memiliki kekuatan yang sakti. Meski memiliki kekayaan dan kejayaan, keduanya memiliki sifat tamak dan sombong yang pada akhirnya menghancurkan keduanya.

Sepenggal kisah menarik, Prabu Mahesasura mengutus adiknya untuk meminang Dewi Tara. Akan tetapi karena ditolak, akhirnya Prabu Mahesasura menghancurkan khayangan dan membawa Dewi Tara turun ke bumi. Hal ini kemudian membuat para dewa meminta bantuan dari Subali yang tak lain adalah putra resi gotama yang tengah bertapa di goa tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, di kawasan Goa Kiskendo ini terdapat beberapa tempat untuk lokasi bertapa, yaitu Pertapaan Tledek, Kusuma, Padasan, Sabtri Tani, Semelong, Selumbung, Lumbung Kampek, dan lain sebagainya.

Hal yang Dapat Dilakukan di Lokasi Wisata

Di lokasi wisata ini Anda bisa mengabadikan foto dengan latar belakang dalam goa yang indah. Selain itu, Anda bisa belajar mengenai sejarah goa ini.  Atau sekadar melepas penat sembari menikmati indahnya goa menjadi hal yang dapat Anda lakukan di sana.

Lokasi Tempat Wisata

Lokasi ini beralamat di Jalan Goa Kiskendo, Girimulyo, Sukomoyo, Jatimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Rute menuju ke lokasi wisata adalah jika Anda bertolak dari titik 0 KM Yogyakarta, susuri Jalan KH. Ahmad Dahlan lurus hingga ke Jalan Wates. Setibanya di perempatan, mengarahlah ke utara melewati Jalan Siliwangi lurus terus. Sampai di perempatan, menujulah ke barat melewati Jalan Godean lurus terus menuju Jalan Kaligesing.

Perjalanan ke lokasi wisata bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 dan juga roda 2. Jika anda bersama keluarga, mungkin transportasi paling rekomended adalah mobil avanza, karena lokasi yang cukup menanjak jadi perlu kendaraan bertenaga dan ramping.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini terbilang cukup murah, yaitu hanya dipatok sebesar Rp 5.000 per orang. Semnetara itu, untuk harga tiket parkir kendarana roda dua dipatok sebesar Rp 2.000 sedangkan kendaraan roda empat dipatok Rp 5.000.

Fasilitas Pendukung di Tempat Wisata

Fasilitas-fasilitas pelengkap wisata Goa Kiskendo ini, antara lain sebagai berikut:

  • Area parkir yang cukup luas sehingga memudahkan pengunjung untuk parkir.
  • Loket karcis yang strategis.
  • Beberapa kios yang menjual souvenir dan makanan.
  • Tempat informasi jika Anda bingung atau ingin menanyakan sesuatu ke petugas.
  • Papan informasi yang memuat informasi terkait dengan lokasi wisata.
  • Taman bermain untuk anak-anak bisa bermain sejenak.
  • Taman bermain keluarga yang sangat seru untuk dikunjungi.
  • Panggung kesenian yang sering digunakan untuk pertunjukan kesenian daerah setempat.
  • Toilet yang cukup bersih.
  • Gazebo tempat beristirahat para pengunjung setelah berkeliling goa.

Tips Berwisata

Tips utama yang harus Anda lakukan adalah bawalah barang yang penting-penting saja. Selain itu, simpanlah handphone menggunakan kantong antiair mengingat sebagian kawasan goa ini berair sehingga handphone Anda akan tetap aman.

Selain itu, kenakan pakaian yang nyaman agar Anda bisa menyusuri goa dengan baik. Hal yang tak kalah penting adalah untuk membawa kamera sebagai alat untuk mengabadikan momen Anda selama berada di dalam goa.

Jika ada merupakan wisatawan dari luar jogja, anda tidak perlu kawatari soal kendaraan, karena di Jogja banyak sekali penyedia rental mobil yang siap mengantar pengunjung dilokasi wisata

Baca juga, Museum Perjuangan Yogyakarta, Bangunan Penyimpan Sejarah Indonesia

Itulah tadi ulasan singkat mengenai wisata alam menyusuri goa yang ternyata masih sangat berkaitan erat dengan kisah pewayangan Ramayana. Bagi Anda yang ingin berkunjung dalam waktu dekat, wisata ini menjadi rekomendasi pertama yang harus Anda kunjungi.

By |2019-04-17T07:16:02+07:00April 6th, 2019|Tempat Wisata|0 Comments

Leave A Comment

× Reservasi