Goa Maria Tritis, Wisata Religi yang Alami di Gunung Kidul
5 (100%) 1 vote[s]

Berada di Kabupaten Gunung Kidul, ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari objek wisata pantai, budaya, alam hingga wisata religi. Nah, menyinggung soal objek wisata religi yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, salah satunya ada yang bernama Goa Maria Tritis.

Goa ini adalah goa alami, sama seperti Goa Maria Lawangsih yang ada di Kulonprogo. Goa ini sudah menjadi tempat ibadah dan ziarah umat Katolik sejak tahun 1974 yang lalu. Mereka yang ingin berziarah lama di Goa ini biasanya mengambil paket wisata 2 hari ke jogja demi kenyamanan ibadah mereka.

Pesona yang Ditampilkan Oleh Goa Maria Tritis

Sebelum dibuka menjadi tempat ibadah dan ziarah, Goa Maria Tritis ini adalah sebuah goa yang angker dan sepi sehingga kebanyakan orang tidak berani memasukinya. Karenanya, goa ini dulu sering dijadikan sebagai tempat persinggahan pangeran dari Kerajaan Mataram sekaligus menjadi tempat pertapaan.

Baca juga wisata lainnya: Watu Goyang Mangunan

Berbeda dengan sekarang, goa ini telah menjelma menjadi tempat yang sangat ramai apalagi pada bulan-bulan tertentu, seperti bulan Mei dan bulan Oktober yang merupakan bulan Maria. Adapun sebagian pesona yang ditampilkan oleh Goa Maria Tritis ini ialah sebagai berikut.

Wisata Religi Umat Khatolik

Suasana yang Tenang dan Damai

Lokasi tepatnya Goa Maria Tritis ini adalah diantara bebatuan karst serta pohon-pohon jati, berada di tengah ladang serta jauh dari pemukiman. Itu artinya, apabila Anda berada di sini Anda akan merasakan suasana yang begitu damai dan menenangkan.

Kalaupun ada suara, maka suaranya adalah suara kelelawar dan juga suara tetesan air yang turun melalui stalaktit, khas goa karst.

Goa yang Alami

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, goa yang juga disebut dengan Goa Tritis ini adalah goa yang alami. Kalaupun ada campur tangan manusia, itu hanya terdapat pada bagian lantainya serta ornamen-ornamen yang khas dari agama Katolik. Selebihnya tidak ada.

Ornamen yang dimaksud itupun hanya patung Bunda Maria saja yang tengah berdoa serta sebuah salib besar. Tak lupa, di depan patung Bunda Maria ini juga ada deretan kursi panjang yang dapat dimanfaatkan saat sedang berdoa serta altar yang dibuat dari batu alam dengan dihiasi aneka macam bunga.

Stalaktit dan stalagmit

Sama seperti kebanyakan goa karst, di Goa Maria Tritis ini juga ada stalaktitnya di bagian langit-langit. Stalaktit ini meneteskan air dan konon, kata ‘Tritis’ yang disematkan pada nama goa ini berasal dari tetesan air tersebut.

Sementara nama Maria sendiri, ini adalah tambahan yang disematkan sejak goa ini digunakan sebagai tempat Ekaristi Natal tahun 1974.  Selain stalaktit, di sini juga ada stalagmit yang menonjol dari bagian bawah goa.

Lokasi dan Akses Menuju Goa Maria Tritis

Lokasi Goa Maria Tritis atau yang biasa disebut juga dengan Goa Maria Perantara Wahyu Tritis ini adalah di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Goa ini berada di tepi JLS atau Jalan Lingkar Selatan Gunung Kidul, yang berada sekitar 50 km jauhnya dari Kota Yogyakarta.

Untuk menuju ke goa ini, Anda bisa langsung menuju ke Desa Giring lalu ikuti papan petunjuk yang ada. Bisa menggunakan motor pribadi atau mobil pribadi. Jika tidak, Anda bisa sewa motor atau rental mobil matic lepas kunci di jogja saja. Namun jika Anda lebih memilih menggunakan transportasi umum, Anda perlu menggunakan jasa ojek supaya bisa mencapai tempat parkir goa yang dimaksud.

Setibanya di lokasi parkir ini, Anda masih harus berjalan kaki dan melintasi ladang jati. Jalan yang tersedia sudah cukup baik, dan ada 2 pilihan rute yang dapat Anda pilih. Rute yang pertama ialah rute panjang, mungkin sekitar 1,5 km. Sementara rute yang kedua ialah rute pendek yang jauhnya hanya sekitar 500 meter.

Untuk rute panjang, ini adalah rute yang mengharuskan pengunjung untuk mengitari bukit karst. Di jalan ini total terdapat 14 stasi pemberhentian. Stasi pemberhentian tersebut dilengkapi dengan diorama kisah Yesus.

Pas di stasi yang ke-12, di sini ada 3 buah salib yang menggambarkan tentang Yesus yang disalib bersama dengan 2 orang lainnya. Sedangkan untuk rute yang pendek, ini sekaligus juga menjadi jalur keluar dari gua untuk menuju tempat parkir.

Fasilitas yang Ada di Goa Maria Tritis

Wisata Goa ini sudah dikembangkan sehingga saat berada di sini, Anda dapat melihat adanya beberapa fasilitas seperti berikut ini.

  • Buku panduan doa
  • Toilet
  • Gentong penampung air
  • Pondok penginapan
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Tempat untuk membeli souvenir

Suasana Goa Maria Tritis

Harga Tiket Masuk dan Parkir Goa Maria Tritis

Harga tiket masuk Goa Maria Tritis ini hanya sebesar Rp 5.000. Demikian pula dengan tarif parkirnya, sebesar Rp 5.000 juga. Nanti saat berada di area goa, Anda dapat memasukkan amal secara sukarela di kotak-kotak yang telah tersedia.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 5.000,00
Biaya Parkir Rp 5.000,00

Setelah Anda selesai berziarah ke Goa ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke sejumlah objek wisata lain yang lokasinya tidak begitu jauh. Beberapa diantaranya ialah Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Kukup dan lain-lainnya.

Jangan lupa mampir juga ke : Pantai Kukup

Ada baiknya jika Anda mengajak keluarga saat berkunjung ke Goa Maria Tritis Gunung Kidul ini supaya bisa menikmati ketenangan dan kedamaian bersama-sama. Momen yang bagus juga kan untuk menciptakan quality time bersama mereka?