Beri peringkat untuk posting ini

Lagi-lagi Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang takkan pernah lekang oleh waktu. Mulai dari wisata edukasi, wisata sejarah, hingga wisata berbelanja semua tersedia di kawasan Yogyakarta. Salah satu lokasi yang menarik untuk Anda kunjungi adalah kawasan Gunungkidul yang menjadi pusatnya destinasi wisata alam.

Terletak cukup lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta, akan tetapi banyak wisatawan yang berkunjung ke setiap wisata yang ada di sana. Salah satunya adalah wisata Goa Rancang Kencono yang memang berada di kawasan Gunungkidul Handayani.

Goa Rancang sendiri menjadi salah satu wisata berbentuk goa yang memiliki keunikan tersendiri. Goa ini berada di kawasan perbukitan karst yang memiliki keistimewaan berbeda dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya. Keberadaan goa ini sendiri masih menjadi misteri hingga kini, karena kemungkinan goa ini pernah dijamah oleh manusia pada ratusan atau ribuan tahun yang silam.

Di daerah ini sendiri terdapat sejumlah goa yang tersimpan di bawah perut bumi dan mampu menawarkan keindahan yang mempesona. Bagi Anda yang hendak masuk ke lokasi wisata ini, Anda akan disambut dengan sejumlah anak tangga yang mengarah turun ke bawah dan juga sebatang pohon klumpit yang memiliki tinggi hingga melampaui atap goa.

Mengulas Berbagai Hal Seputar Lokasi Wisata

Goa Rancang Gunungkidul, Jogja

Goa yang letaknya berada di kawasan Gunungkidul ini memiliki bentuk vertikal yang letaknya berada di bebatuan kapur. Goa ini sudah dimanfaatkan sejak zaman megalithikum, kerajaan Islam, dan perjuangan setelah kemerdekaan Indonesia. Menyimpan pemandangan stalaktit yang indah dan kisah sejarah yang unik membuat destinasi wisata ini kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan. Selain dijadikan objek wisata, goa ini juga dijadikan sebagai lokasi studi bagi sebagian orang.

Baca juga, Goa Tanding, Lokasi Wisata Bawah Tanah Menajubkan di Gunung Kidul

Sejarah goa ini bermula dari kisah pelarian seorang Laskar Mataram untuk melawan penjajah Belanda pada tahun 1720 di dalam goa tersebut. Goa ini dijadikannya sebagai tempat persembunyian dirinya selama perang berlangsung. Dahulu, goa ini juga dimanfaatkan sebagai tempat semedi dan penyusunan strategi perang. Kata rancang sendiri memiliki arti rencana dan kencono memiliki arti emas atau mulia. Jadi, dapat diartikan bahwa goa ini memiliki arti sebagai tempat untuk merancang atau merencanakan suatu perbuatan yang mulia.

Bagi Anda yang ingin masuuk ke dalam Goa Rancang, Anda bisa menuruni anak tangga yang letaknya berada di bawah tanah. Di sebelah anak tangganya, terdapat pohon klumpit yang berdiri gagah dan menjadi keunikan bagi goa ini. Menuju ke ruangan pertama, kini dijadikan sebagai tempat perkumpulan warga sekitar.

Sementara itu, di ruangan kedua terdapat arca yang bentuknya menyerupai arca Nandi yang tak lain adalah kendaraan Dewa Siwa. Adapun runagan ketiga terbilang cukup sempit sehingga Anda harus merangkak di dalamnya. Di dalam ruangan ini terdapat lukisan bendera merah putih, lambang Garuda, dan juga tulisan “Prasetya Bhinnekaku” yang merupakan penyemangat bagi Laskar Mataram.

Hal yang Dapat Dilakukan di Lokasi Wisata

Air Terjun Sri Gethuk & Goa Rancang

Selain Anda dapat berfoto, Anda juga bisa mempelajari sekilas terkait dengan sejarah goa ini. Tak hanya itu, karena goa ini juga bisa dijadikan sebagai tempat studi. Bagi Anda yang ingin rileks sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, maka lokasi ini sangat cocok untuk Anda kunjungi di kala liburan tiba. Jika Anda ingin bekrunjung ke destinasi wisata di sekitar goa, maka Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang tak jauh dari goa ini.

Baca juga, Gunung Ireng Srumbung, Spot Hunting Sunrise Terbaik di Jogja

Alamat Tempat Wisata

Lokasi Goa Rancang ini beralamatkan di Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Anda sudah pernah mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk, maka lokasi goa ini berada tak jauh dan masih berada satu kompleks dengan air terjun tersebut.

Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata

Jika Anda takut tersasar, rute singkatnya adalah jika Anda mulai dari pusat 0 KM Yogyakarta, menujulah ke arah timur melewati Jalan Panembahan Senopati, lalu ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso lurus hingga tiba di pertigaan. Kemudian beloklah ke ke arah timur melewati Jalan  Kolonel Sugiyo lurus ke pertigaan. Berbeloklah hingga melewati Jalan Sisingamaraja, lurus terus melewati Jalan Imogiri barat lurus terus hingga ke Ringroad selatan dan ikutilah petunjuk yang ada.

Harga Tiket Masuk Goa Rancang

Bagi wisawatan yang ingin masuk ke lokasi wisata, diabnderol dengan harga tiket sebesar Rp 35.000 per orang. Tiket parkir roda dua sebesar Rp 2.000 dan roda empat Rp 5.000.

Baca juga, Gumuk Pasir Parangkusumo, Replika Padang Sahara di Kota Yogyakarta

Fasilitas Pendukung Wisata

Fasilitas yang mendukung wisata ini, antara lain toilet, tempat ibadah, area parkir yang cukup luas, dan area camping.

Tips Berwisata

Berkunjunglah di kala pagi atau siang hari dimana hasil foto Anda akan terlihat lebih bagus karena terbantu dengan sinar matahari yang masuk ke goa. Siapkan juga kamera terbaikmu untuk membidik momen di sana.