Objek wisata Goa Selarong di Bantul bukan hanya Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan pantai-pantai lainnya. Bantul juga mempunyai objek wisata religi yang dikenal dengan nama Pemakaman Imogiri. Selanjutnya, Bantul pun mempunyai objek wisata alam seperti Mangunan dan objek wisata sejarah, salah satunya Goa Selarong.

Selain disebut dengan nama Selarong, goa ini juga disebut dengan Goa Diponegoro. Goa ini selain dikenal karena merupakan peninggalan sejarah, juga terkenal dengan misteri-misteri yang ada di dalamnya.

Keistimewaan Goa Selarong Sebagai Bagian Sejarah Indonesia

Goa memang sering sekali dikaitkan dengan tempat bersejarah dan mistis. Tak terkecuali Goa Selarong ini. Bukan hanya sekedar cerita, tetapi memang goa yang ada perbukitan kapur Bantul ini adalah markasnya Pangeran Diponegoro ketika melawan penjajah dahulu, setelah kediaman beliau diserang dan dibakar oleh musuh.

Keterangan ini terdapat dalam teks sejarah Goa Selarong yang dipasang di sekitar objek wisata. Berikut ini adalah berbagai hal lain yang membuat Goa Diponegoro begitu istimewa.

Patung Pangeran Diponegoro di Goa Selarong

Karena Goa Selarong adalah tempat yang berhubungan dengan Pangeran Diponegoro, maka jangan heran jika nanti Anda akan melihat beberapa patung beliau di sini. Contohnya, ketika berada di gapura, Anda akan melihat adanya patung Pangeran Diponegoro.

Baca juga artikel lainnya: Bukit Mojo Gumelem

Patung ini seolah menampilkan sang pahlawan nasional saat tengah menunggang kuda dan memakai jubah hitam. Patung ini juga sekaligus menjadi simbol keberanian dan perjuangan beliau dalam melawan Belanda.

Patung Pangeran Diponegoro juga akan Anda lihat beberapa meter dari tempat parkir. Bedanya, di patung yang ini, Pangeran Diponegoro tampak mengenakan jubah putih. Posisinya yang berada di perbukitan dengan tinggi sekitar 35 meter juga membuat suasana sekitar objek wisata begitu sejuk. Apalagi hal ini didukung dengan banyaknya tumbuhan yang rindang dan lebat.

Markas biasanya identik dengan tempat yang lumayan besar. Namun ternyata, Goa Selarong ini hanyalah goa kecil yang lebarnya hanya 3 meter, panjang ke bagian dalamnya juga 3 meter dan tingginya malah tidak sampai 2 meter. Goa Selarong mempunyai 2 buah lubang, dimana lubang inilah yang menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat beliau dikejar oleh Belanda.

Apabila hendak diperhatikan, Goa Selarong ini memang buntu. Namun Pangeran Diponegoro bersama dengan para pengikutnya bisa masuk ke dalamnya. Anehnya lagi, beliau dan pengikutnya ini tidak terlihat dari luar. Jika hendak diistilahkan, goa ini layaknya pintu gaib yang menyembunyikan keberadaan Pangeran Diponegoro bersama para pengikutnya. Bahkan meski pasukan Belanda berada di goa ini juga, mereka tidak berhasil menemukan orang-orang yang dicari.

Selain itu, berdasarkan keterangan masyarakat sekitar, pada malam-malam tertentu seperti Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon, di area ini sering terdengar lantunan gending jawa tetapi tidak tampak siapa yang melakukannya. Goa Selarong bukanlah satu-satunya goa yang ada di area objek wisata tersebut. Di sini juga ada dua buah goa yang lainnya yang disebut dengan Goa Kakung serta Goa Putri. Meskipun jaraknya terpisah, namun kedua goa tersebut masih merupakan bagian dari goa yang menjadi markas Pangeran Diponegoro.

Tak hanya bisa melakukan wisata sejarah, pengunjung yang datang ke sini juga bisa melihat dua buah sendang yang masing-masing namanya adalah Sendang Umbul Moyo dan Sendang Manik Moyo. Sementara jika Anda kebetulan datang ke sana saat musim penghujan, maka Anda dapat menyaksikan air terjun yang jaraknya hanya beberapa meter saja dari goa.

Sanggar Diponegoro ini adalah tempat dimana Anda bisa membeli oleh-oleh berupa souvenir yang dibuat dari kayu. Letaknya ada di dekat gapura.

Lokasi

Lokasi atau alamat Goa Selarong ini adalah di Dusun Kembangputihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Jika diukur dari Kota Yogyakarta, jaraknya adalah sekitar 30 km, dengan estimasi waktu yang diperlukan sekitar 45 menit.

Untuk menuju ke sini, Anda perlu membawa mobil pribadi karena kendaraan umum yang ada tidak bisa mencapai lokasi. Jika tidak ingin membawa kendaraan pribadi, Anda bisa sewa mobil matic jogja atau motor saja. Adapun soal jalan, jalan yang menuju ke sana kondisinya sudah bagus dan beraspal.

Fasilitas

Memang Goa ini dulu digunakan sebagai markas, namun sekarang ini sudah menjadi objek wisata yang cukup ramai terutama saat hari libur. Banyak juga yang memasukan goa ini ke dalam paket wisata 3 hari ke jogja. Makanya goa ini kemudian dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti berikut ini.

  • Tempat Belanja Souvenir
  • Masjid
  • Toilet
  • Taman bermain yang ada di kaki bukit
  • Peta Obyek wisata Goa Selarong

Harga Tiket Masuk Goa Selarong

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 6.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir Mobil dan BusRp 5.000,00 – Rp 10.000,00

Menapak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong ini termasuk salah satu alternatif yang bagus untuk menghabiskan waktu luang. Bukan hanya bisa menyaksikan sejumlah keistimewaan goa saja, tetapi Anda juga bisa sedikit berolahraga, karena untuk mencapai goa langsung Anda harus melalui anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak. Jadi mendapatkan 2 manfaat sekaligus bukan?