Kabupaten Gunungkidul memang menjadi langganan wisata oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kondisi Gunungkidul yang berada di perbukitan karst membuat banyak sekali goa yang ternyata dijadikan sebagai destinasi wisata oleh pihak pengelola wisata Gunungkidul. Salah satu goa yang menarik untuk dikunjungi adalah Goa Tanding yang letaknya berdekatan dengan kawasan wisata Goa Pindul.

Jika Anda berkunjung ke Goa Pindul di saat liburan dan mendapati keramaian di sana. Maka, Anda bisa menjadikan goa yang satu ini sebagai destinasi wisata alternatif karena lokasi Goa Pindul yang penuh sesak.

Goa yang baru diresmikan pada awal tahun 2016 ini rupanya cukup menyita perhatian wisatawan. Goa yang memiliki bentuk duplikasi dari Goa Pindul ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Meski begitu, masih terdapat perbedaan di antara kedua goa ini yaitu terletak pada sungai bawah tanah Goa Tanding yang memiliki lorong lebih panjang dan ruangan goa yang lebih besar. Kartanesia tour telah merangkum tempat wisata ini dalam paket wisata ke yogyakarta murah terlengkap.

Objek Wisata Goa Tanding

Mengulik seputar asal-usul goa ini sendiri dimulai dari pembuatan sumur air yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi wisata yang diberi nama Harjo Tanding. Penggalian yang tak kunjung membuahkan air, membuat sang penggali terus menggali hingga akhirnya menemukan goa tersebut. Goa ini pada mulanya tidak memiliki akses keluar-masuk kecuali melewati sumur yang tadi digali tersebut.

Baca juga, Goa Jomblang Gunungkidul

Setelah diteliti dengan leih lanjut, goa ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru yang menyerupai Goa Pindul. Bahkan, luas dan panjang dari goa ini menandingi wisata Goa Pindul. Agar bisa dimasuki, pihak pengelola menambahkan akses keluar-masuk ke goa ini. Akhirnya, diresmikanlah wisata yang menawarkan keindahan susur goa seperti yang ditawarkan juga oleh Goa Pindul.

Beberapa hal menarik dapat Anda temui di dalam goa ini, antara lain sebagai berikut:

  • Batu stalaktit
  • Batu stalagmit
  • Batu kolom
  • Cave tubing
  • Camping
  • Mitos batu besar
  • Goa tersembunyi

Lokasi

Lokasi wisata ini berada di Dusun Gelaran II, Bejiharjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi Anda yang hendak menuju ke kawasan wisata ini, Anda bisa menuju ke arah Goa Pindul. Jika Anda berolak dari Jalan Wonosari-Yogyakarta, ikuti jalur provinsi hingga tiba di bundaran Siyono melalui Bukit Bintang. Setelah itu, akan banyak sekali penunjuk jalan yang mengarah ke Goa Tanding. Akses alat transportasi umum untuk menuju ke Goa Tanding memang sedikit sulit, sehingga bagi Anda yang berasal dari luar kota, Anda dapat menyewa mobil di jasa sewa mobil jogja terdekat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah dipatok sebesar Rp 250.000 per orang.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata adalah:

  • Toilet
  • Warung-warung kecil
  • Aneka peralatan cave tubing seperti jaket pelampung, perahu karet, helm, handlamp, dan lain sebagainya

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata ini, pastikan untuk mengenakan pakaian yang tidak terlalu tebal sehingga jikalau basah tidak akan memberatkan Anda.Selain itu, gunakan peralatan yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata dengan baik dan benar agar perjalanan Anda aman. Hal yang tak kalah penting adalah siapkan kamera yang berkualitas untuk mengabadikan momen Anda selama melakukan cave tubing di dalam goa.

Baca juga, Gunung Ireng Srumbung

Itulah tadi sensasi menarik dan serunya melakukan cave tubing di kawasan Goa Tanding yang ternyata merupakan duplikasi dari wisata Goa Pindul yang sudah terkenal di kalangan wisatawan lebih dulu. Meski Anda harus merogoh kocek yang agak dalam untuk menikmati sensasi menyusuri keindahan goa yang satu ini, namun untuk segala hal yang Anda dapatkan selama perjalanan. Anda tidak akan dibuat menyesal dan malah bisa jadi Anda ingin menyusuri goa ini lagi untuk kedua kalinya. Bagi Anda yang sudah siap berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke goa ini ya?