Perkembangan pariwisata yang cukup pesat di Gunungkidul ditandai dengan munculnya tempat-tempat wisata baru yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya terkenal dengan eksotisme pantai dengan pasir putihnya, Gunungkidul yang juga dikenal dengan sebutan pegunungan seribu ini menawarkan keindahan alam berupa pemandangan perbukitan nan hijau.

Tak heran jika wilayah di ketinggian atau bukit menjadi spot wisata baru yang dibangun untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Pemandangan hijau dari ketinggian ditambah udaranya yang sejuk seolah menjadi suasana refreshing yang paling banyak ditunggu terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Apalagi jika di tempat tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai dan akses yang mudah. Tak heran jika Green Village Gedangsari yang baru dikembangkan pada tahun 2016 kini menjadi primadona wisata baru terutama bagi pecinta sunset yang ingin melihat pemandangan matahari terbenam dengan suasana yang berbeda.

Panorama Keindahan Alam di Green Village Gedangsari

Panorama Green Village Gedangsari

Begitu sampai di tempat wisata ini, pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pepohonan hijau rindang  dengan hawa yang sejuk dari ketinggian. Pemandangan Kota Jogja dan daerah lain seperti Klaten maupun Solo pun bisa dilihat dari atas bukit. Momen-momen seperti sunrise dan sunset menjadi hal yang paling banyak diburu terutama para fotografer yang ingin mengabadikan landscape indah di atas bukit ini.

Baca juga, Goa Jomblang Gunungkidul

Para pengunjung pun akan dimanjakan dengan banyaknya spot-spot foto yang sangat menarik untuk dijadikan background foto yang instagramable. Seperti spot di bagian depan dengan tulisan besar “Green Village Gedangsari”, puncak bukit, tangga setapak yang sengaja dibuat melingkar, gazebo, spot dengan bentuk menyerupai sangkar burung, spot dengan bentuk sayap burung, dan masih banyak lagi. Selain itu, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang seru dan menarik yang disediakan oleh pihak pengelola.

Fasilitas di Green Village

Siapa sangka jika di Kabupaten Gunungkidul yang letaknya di atas bukit dengan jalanan berkelok-kelok ini memiliki flying fox terpanjang se-Asia Tenggara. Panjang lintasannya mencapai 625 meter dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam. Bagi para pengunjung yang senang dengan kegiatan yang memacu adrenalin tentu mencoba flying fox di sini akan memberikan sensasi tersendiri.

Jika ingin menikmati pemandangan dari atas, para pengunjung pun tidak perlu khawatir kehujanan atau kepanasan karena disediakan gazebo-gazebo untuk tempat para pengunjung bersama teman atau keluarganya duduk istirahat sembari menikmati pemandangan yang ada. Kamar mandi umum yang bersih serta mushola untuk tempat ibadah pun tersedia di sini. Bahkan tak jauh dari lokasi Green Village terdapat pula pusat oleh-oleh berupa berbagai hiasan kerajinan dan makanan khas dari Gunungkidul.

Rute dan Lokasi Green Village Gedangsari

Lokasi Green Village Gedangsari tepatnya berada di Guyangan Lor, Kec Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil atau menggunakan bus bersama rombongan karena belum ada rute transportasi umum yang tersedia untuk menuju lokasi tempat wisata ini.

Rute yang paling mudah untuk menuju tempat wisata ini adalah dengan melewati Jalan Jogja-Wonosari, setelah itu ambil ke arah utara atau kiri ketika sampai di pertigaan Sambi Pitu, lurus terus hingga bertemu dengan tiang rambu lalu lintas lalu ambil jurusan Gedangsari, dan lurus hingga Polsek Gedangsari.

Perjalanan belum selesai karena setelah melewati Polsek masih harus ke utara sampai di pertigaan Clongop lalu ambil arah ke Mangli, lurus hingga menemukan dusun Banyu ke arah timur, dan sampailah di Green Village.

Akses menuju lokasi wisata pun cukup mudah dan jalanan aspal yang bagus membuat para pengunjung tak perlu khawatir jika ingin mengendarai kendaraan pribadi ke sini. Namun, harus tetap hati-hati apalagi ketika lalu lintas sedang padat karena jalanannya berkelok-kelok dengan banyak tanjakan dan tikungan. Jika membawa banyak rombongan sangat disarankan untuk sewa bus jogja atau kendaraan berikut sopirnya karena lebih aman.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Lokasi Green Village Gedangsari

Tempat wisata Green Village Gedangsari termasuk tempat wisata yang sangat murah untuk berlibur karena tidak dipungut biaya dan hanya cukup membayar jasa parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Sedangkan untuk tariff menggunakan flying fox sendiri dipatok Rp 100.000,00. Cukup mahal memang tapi sangat sebanding dengan pengalaman dan sensasi yang akan dirasakan ketika meluncur dengan lintasan terpanjang se-Asia Tenggara.

Liburan pun tak harus mahal ketika ingin mengajak teman atau keluarga refreshing menikmati keindahan alam. Green Village Gedangsari tentu menjadi pilihan wisata yang sangat tepat dengan fasilitas yang memadai ketika ingin berlibur. Untuk berlibur ke tempat ini pun bisa dengan mengambil paket tour jogja yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata yang banyak tersebar di Jogja.