Beri peringkat untuk posting ini

Merencanakan liburan ke Yogyakarta merupakan pilihan yang tepat bagi anda. Provinsi ini menyimpan berbagai pilihan wisata yang dapat anda kunjungi. Pilihan wisata yang ditawarkan mulai dari wisata belanja di Malioboro, wisata budaya di keraton maupun candi, wisata sejarah, dan juga wisata alamnya yang tidak kalah menarik. Salah satu wisata alam terunik di Yogyakarta dan satu-satunya di Indonesia adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah objek wisata terkenal di Yogyakarta yang semakin rama dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan luar. Kawasan gumuk ini bisa dikatakan hampir serupa padang pasir Sahara namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Sungguh areal unik yang bisa dibilang tidak dapat anda temukan di tempat lain selain Yogyakarta. Keunikan inilah yang banyak menarik wisatawan untuk datang.

Sekilas Informasi Mengenai Spot Wisata

Yang membuat lokasi wisata ini menarik adalah keberadaan padang pasir serupa gurun Sahara di daerah subur Yogyakarta. Uniknya lagi, gumuk ini terbentuk secara alami dari aktivitas alam tanpa campur tangan manusia sama sekali. Gundukan pasir ini bermula dari tumpukan material erupsi dari Gunung Merapi yang terjadi ratusan tahun lalu.

Baca juga, Goa Jomblang Gunungkidul, Wisata Uji Adrenalin Bersama Keluarga

Material vulkanik yang dihasilkan dari erupsi Gunung Merapi terbawa aliran air sungai kemudian berakhir di tepi pantai. Karena kondisi pantai daerah Selatan yang memiliki ombak laut besar membuat butiran pasir ini menjadi halus. Butiran yang halus ini kemudian diterbangkan oleh angin sehingga terbawa ke areal yang menjadi lokasi gumuk hari ini. Yang menarik dari lokasi wisata ini adalah disediakannya spot menarik oleh pengelola seperti tanaman kaktus, pepohon dengan daun yang gugur, semakin menambah kesan padang pasir yang dihadirkan oleh Gumuk Pasir.

Lokasi Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi areal wisata Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi satu dengan kawasan Pantai Parangkusumo. Tepatnya, lokasi padang pasir mini ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo RT 1, Grogol 10, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta anda dapat menuju areal lokasi ini dengan sangat mudah. Anda cukup mengambil jalan ke arah Jalan Parangtritis dan terus ke selatan. Jarak yang ditempuh sekitar 35 kilometer hingga sampai di pintu retribusi Pantai Parangtritis. Gumuk berada di pinggir jalan sebelum Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk ke lokasi wisata Gumuk Pasir sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 3000/orang. Harga tiket untuk pagi dan sore hari tetap sama. Dengan harga yang sangat murah ini anda dapat bebas menikmati fasilitas di sekitar gumuk dan ber-sandboarding dengan menyewa peralatan di lokasi.

Baca juga, Goa Kiskendo Kulon Progo, Misteri Raja Raksasa yang Kaya Raya

Fasilitas yang Disediakan Pengelola Wisata

Pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung wisata, seperti:

  1. Parkir Kendaraan Aman

Pengelola yang merupakan pemuda setempat benar-benar menjaga keamanan dari setiap kendaraan yang diparkir di areal parkiran. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan parkir kendaraan pribadi anda karena sudah ada pihak yang menjaga setiap kendaraan yang diparkir.

  1. Ayunan

Untuk menambah kenyamanan dan keindahan dari gumuk padang pasir ini, telah disediakan ayunan di lokasi gumuk. Ayunan ini bisa digunakan untuk spot berfoto maupun untuk melepas penat sembari bermain ayunan.

  1. Toilet Umum

Pengelola lokasi wisata ini sangat memperhatikan kebutuhan para pengunjungnya dengan menyediakan beberapa toilet umum di sekitar lokasi. Kondisi toilet umum ini cukup bersih sehingga anda tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakannya.

  1. Tempat Berteduh

Terdapat beberapa tempat berteduh yang dibangun di sekitar gumuk. Anda dapat berteduh di gazebo ini jika lelah berkeliling di pasir maupun jika kepanasan.

  1. Sewa Sandboarding

Bagi anda yang menyukai olahraga sandboarding, terdapat tempat penyewaan peralatan sandboarding di lokasi wisata ini. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa peralatan adalah Rp 150.000 untuk waktu yang tidak terbatas selama tidak dibawa keluar area gumuk. Untuk itu, lebih baik jika anda memang berniat main di gumuk seharian sehingga peralatan dapat anda gunakan sampai puas.

Berwisata terasa kurang jika tidak membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen yang ada di lokasi wisata. Untuk itu ingat untuk mengisi daya peralatan fotografi anda sampai penuh sebelum berangkat. Jika perlu bawalah power bank untuk cadangan. Sebaiknya anda membawa air mineral yang cukup ketika berkeliling gumuk. Anda bisa memilih waktu kapanpun untuk pergi. Namun kami sarankan untuk pergi pada pagi hari jika ingin melihat keindahan matahari terbit maupun sore hari untuk melihat matahari terbenam. Sebaiknya jangan mengambil waktu siang hari karena kondisi sangat panas terik.

Baca juga, Museum Perjuangan Yogyakarta, Bangunan Penyimpan Sejarah Indonesia

Itu merupakan beragam keasyikan yang ditawarkan oleh ikon wisata unik padang pasir yang terletak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Kapan lagi anda bisa mengunjungi padang pasir di Indonesia?  Segera rencanakan waktu liburan ke padang pasir ikonik ini. Anda akan disambut dengan hamparan padang pasir mirip seperti Gurun Sahara mini. Selain Gunung Pasir, Yogyakarta juga memiliki wisata menarik lainnya, agar bisa mengunjugi berbagai wisata tersebut dengan mudah, Anda dapat membeli paket wisata sesuai dengan keinginan.