Mendaki gunung menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari oleh para wisatawan. Apalagi bagi Anda yang mengikuti komunitas pendakian gunung tentunya. Rasanya semua gunung yang ada ingin ditaklukkan dengan baik bukan? Jika Anda sedang merencanakan berlibur dengan mendaki gunung, maka Anda bisa mencoba untuk datang langsung ke kawasan Gunung Ireng Srumbung yang letaknya berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Gunung yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan panorama sunrise yang begitu indah. Tak jarang wisatawan menghabiskan waktu untuk menunggu sinar matahari muncul dari balik peraduannya. Meski sebagian lagi wisatawan tak mengetahui lokasi wisata ini, namun kini juga banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke lokasi wisata ini. Ketika pagi datang, pantulan sinar matahari di atas hijaunya alam pegunungan akan menyambut Anda di pagi hari.

Sekilas Informasi Mengenai Gunung Ireng

Mengulas seputar wisata ini sendiri dimulai dari legenda yang mengiringi kisah Gunung Ireng ini. Ireng yang dalam bahasa Indonesia berarti hitam ini memang tercermin pada bagian puncak gunung yang terdiri dari bebatuan kapur berwarna gelap. Selain tampilan gunung yang unik, ternyata ada kisah legenda dibalik wisata ini. Menurut kisah, Raden Bratasena yang berniat mengusir monyet-monyet dari Gunung Merapi rupanya melakukan dengan cara menendangnya. Akan tetapi, tendangannya yang meleset tersebut mengenai bebauan dan serpihannya menjadikan gunung tersebut.

Baca juga, Gumuk Pasir Parangkusumo, Replika Padang Sahara di Kota Yogyakarta

Bagi Anda yang baru pertama kali kesana, lokasi spot paling pas untuk Anda nikmati adalah di bagian puncak untuk menyaksikan sunrise menjelang. Panorama alam yang sangat indah membuat lokasi ini kerap dijadikan sebagai lokasi melewatkan momen spesial bersama orang terkasih. Kabut tebal yang menyelimuti kawasan puncak membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di negeri atas awan.

Bebatuan yang ada di kawasan gunung ini sendiri rupanya hampir menyerupai dengan bebatuan vulkanis yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Dahulu, gunung ini pernah meletus dahsyat. Berada di puncak ini sendiri terasa sangat menyenangkan, meski dingin namun pemandangan yang akan Anda dapatkan akan membuat Anda takjub dan ingin berlama-lama di lokasi wisata ini.

Cukup banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengunjung jika berkesempatan mengujungi kawasan wisata ini. Selain berfoto mengabadikan setiap momen di lokasi wisata ini. Pengunjung bisa menikmati panorama yang indah dari atas gunung ini. Tak hanya itu, duduk santai sembari menunggu fajar menjelang menjadi rutinitas para wisatawan yang datang ke tempat ini. Adapun, Anda juga bisa melepas penat sejenak dengan menikmati setiap pemandangan yang disuguhkan oleh tempat wisata ini.

Lokasi Wisata Gunung Ireng

Lokasi wisata ini beralamat di Dusun Srumbung, Pengkok, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi Anda yang bertanya-tanya tentang rute menuju ke lokasi wisata ini. Anda bisa menaiki kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 30 KM. Mulai dari Perempatan Radio GCD, Anda bisa langsung ke arah kanan dan ke kiri mengambil arah ke Jalan Wonosari. Setibanya di Desa Pengkok, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kebun Kuninghingga tiba di Gapura Gunung Ireng.

Baca juga, Goa Jomblang Gunungkidul, Wisata Uji Adrenalin Bersama Keluarga

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata Gunung Ireng

Harga tiket masuk ke lokasi ini sendiri terbilang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 5.000,00 saja per orang Anda sudah bisa menikmati indahnya gunung ini.

Meski memiliki spot yang sangat menakjubkan, akan tetapi belum adanya sejumlah fasilitas pendukung di lokasi wisata ini membuat pengunjung kurang merasa nyaman. Contohnya seperti fasilitas toilet dan warung juga belum tersedia di kawasan ini sehingga pengunjung kurang dibuat nyaman ketika mengunjungi wisata yang satu ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, selain Anda harus mengenakan pakaian yang tebal dan juga membawa jaket karena udara di lokasi ini cukup dingin. Anda juga harus membawa kamera yang berkualitas agar hasil foto Anda bisa lebih baik. Selain itu, sebaiknya bawalah makanan dan minuman dari rumah karena di lokasi ini sama sekali tidak ada penjual. Bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di lokasi wisata jangan lupa untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan aman ahar Anda tidak mengalami insiden terpeleset dan lain sebagainya.

Baca juga, Goa Kiskendo Kulon Progo, Misteri Raja Raksasa yang Kaya Raya

Itulah ulasan singkat mengenai wisata Gunung Ireng yang terletak di kawasan Gunungkidul Handayani. Itulah keunikan dari Gunungkidul karena memiliki sejumlah wisata menarik yang sangat sayang jika Anda lewatkan. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat ke Yogyakarta, bertolaklah dengan meluangkan waktu seidkit untuk berkunjung ke kawasan gunung yang satu ini dan torehkan kenangan yang indah serta tak terlupakan di sana. Selamat berlibu dan berakhir pekan.

Rate this post