Hutan Pinus Mangunan
5 (100%) 2 vote[s]

Provinsi Yogyakarta seolah tidak pernah ada habisnya menghadirkan tempat-tempat wisata baru yang mampu membius para wisatawan untuk datang ke kota yang mendapat julukan kota pariwisata ini. Salah satu konsep wisata yang paling banyak dikunjungi adalah wisata alam yang dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable. Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satunya.

Wisata ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan dan hal tersebut tidak terlepas dari perbaikan dan peningkatan spot wisatanya yang semakin baik.  Tidak hanya menyuguhkan panorama keindahan alam berupa rimbunnya pepohonan pinusnya akan tetap banyak sekali hal-hal menarik lainnya yang bisa didapatkan wisatawan di sini. Tak heran jika banyak sekali paket wisata 2 hari ke jogja yang menawarkan Hutan Pinus Mangunan ini sebagai salah satu destinasinya.

Daya Tarik Hutan Pinus Mangunan

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata yang menjadi satu bagian dari Resort Pengelolaan Hutan Mangunan ini tentu saja adalah rerimbunan pohon pinusnya. Selain menikmati keindahan pemandangan hutan pinus yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto, pengunjung juga dapat menikmati udara segar dan sejuk di sini sambil bersantai atau sekedar berjalan-jalan mengelilingi hutan.

Wisata lainnya di mangunan: Watu Goyang Mangunan

Aroma khas dari kayu pohon Pinus Merkusii yang menjulang tinggi dan eksotisme pemandangan di sini tak jarang menjadi spot romantis yang banyak digemari pasangan suami istri maupun pasangan kekasih. Banyak para wisatawan yang datang hanya untuk hunting foto maupun sekedar duduk santai dan tiduran di atas hammock yang tersedia di sini.

Pesona Hutan Pinus Mangunan

Spot Menarik di Hutan Pinus Mangunan

Selain menjadi tempat wisata atau tempat liburan, tak jarang Hutan Pinus Mangunan ini juga menjadi wisata edukasi baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ini spot-spot menarik yang harus dikunjungi jika sedang berlibur ke tempat wisata ini:

  • Di antara rerimbunan pohon pinus yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto
  • Rumah pohon
  • Panggung hiburan dari kayu yang dikelilingi tempat duduk yang terbuat dari kayu alami
  • Taman bunga yang semakin mempercantik kawasan wisata
  • Watu Tumpang yang merupakan batu besar yang berdiri kokoh dan hanya ditopang oleh batu kecil
  • Panggung alam yang sering digunakan untuk acara-acara yang diselenggarakan sekolah alam
  • Jembatan kayu di tengah hutan yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lainnya dan bisa dinaiki melalui tangga kayu
  • Gardu pandang yang terbuat dari susunan kayu yang membentuk kotak dan dikelilingi pagar besi
  • Patung burung elang yang terbuat dari kayu
  • Tempat duduk alami dari batang kayu pinus
  • Hammock yang disusun bertingkat antara satu pohon dengan pohon lainnya
  • Jalan setapak yang disusun dari batu alami

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai yang membuat para wisatawan yang datang merasa betah berlama-lama berada di sini. Para pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas seperti berikut ini:

  1. Outbound dengan tracking di jalur yang agak terjal
  2. Toilet
  3. Mushola
  4. Gardu pandang untuk beristirahat
  5. Area parkir
  6. Panggung hiburan
  7. Spot foto
  8. Warung makan
  9. Camping ground

Rute dan Lokasi Wisata

Lokasi Hutan Pinus Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak 24 kilometer. Tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju lokasi tempat wisata ini sehingga para pengunjung yang dari luar kota sangat disarankan untuk menggunakan jasa sewa mobil murah jogja atau sewa motor yang ada.

Rute yang bisa dilewati untuk bisa sampai di tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Imogiri Barat – lurus terus melewati Jalan Imogiri-Dlingo – sampai di Desa Mangunan ikuti petunjuk arah Hutan Pinus Mangunan – lurus turus di pertigaan yang mana kalau ke kanan menuju Kebun Buah Mangunan.

Spot Foto Hutan Pinus

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Hutan Pinus Mangunan ini tidak perlu khawatir dengan harganya yang mahal. Berlibur di sini termasuk wisata yang cukup murah dengan fasilitas-fasilitas yang ada apalagi untuk memasuki kawasan wisata ini masih belum dipungut biaya secara resmi alias gratis. Berikut tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika berlibur ke Hutan Pinus Mangunan:

Keterangan Harga
Parkir Motor Rp 3.000,00
Parkir Mobil Rp 10.000,00
Parkir Bus Rp 20.000,00
Foto Prewedding Rp 50.000,00
Panggung Sekolah Hutan Rp 2.500,00 per orang

Mampir juga ke: Hutan Pinus Pengger

Para wisatawan bisa datang setiap hari mulai pukul 06.00 hingga malam hari dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada di sini.