Kekayaan alam seperti pepohonan yang rindang yang ada di Jogja selalu menjadi daya tarik tersendiri yang akhirnya mendorong untuk terbentuknya tempat wisata baru. Tak terkecuali potensi hutan pinus di Jogja yang kini menjelma menjadi tempat wisata alam baru yang dikelola dengan dilengkapi fasilitas spot-spot foto yang menarik.

Kehadiran tempat wisata dengan spot-spot foto yang menarik tersebut seolah benar-benar untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial yang hobi hunting foto. Keindahannya dan kesejukan Hutan Pinus Pengger menjadi alasan banyak wisatawan yang menjadikan tempat wisata tersebut menjadi salah satu tujuan favoritnya. Terkadang ada paket wisata yang turut memasukkan kawasan wisata ini sebagai alternatif pilihan bersama destinasi lainnya di sekitar Bantul.

Sejarah Singkat Hutan Pinus Pengger

Sebelum menjadi tempat wisata yang hits dan terkenal seperti sekarang, Hutan Pinus Pengger hanyalah hutan pinus biasa yang terlihat sunyi, gelap, dan menyeramkan. Kini hutan yang seram tersebut telah disulap menjadi tempat wisata menarik yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan mulai pagi hingga malam hari.

Wisatawan Hutan Pinus Pengger

Baca juga artikel, Taman Wisata Alam Posong

Keberhasilan Hutan Pinus Pengger menjadi tempat wisata favorit tidak terlepas dari peran Hutan Pinus Asri Mangunan yang masih berada dalam satu kawasan. Untuk membedakan kedua hutan pinus tersebut, pengelola Hutan Pinus Pengger membuat kreativitas dengan membangun spot-spot foto dari ranting pohon yang sudah kering.

Spot Foto Menarik di Hutan Pinus Pengger

Para wisatawan yang datang kesini dapat menikmati panorama keindahan kota Jogja dari ketinggian sehingga bagian bukit menjadi salah satu spot foto paling favorit. Spot-spot foto yang dibangun di tempat wisata ini menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk datang ke sini. Pemandangan indah dengan kabutnya ketika pagi hari, gemerlapnya lampu-lampu Kota Jogja ketika malam hari menjadi daya tarik yang selalu memikat.

Berikut ini beberapa spot foto yang wajib kamu coba untuk dijadikan latar belakang foto-foto instagramable:

  • Tangan raksasa yang terbuat dari ranting pohon yang sudah kering dengan latar pemandangan indah Kota Jogja
  • Sapu raksasa
  • Sangkar burung
  • Setengah lingkaran yang menyerupai gapura atau gerbang yang dihiasi lampu dan dibuat dari lilitan akar
  • Hammock yang digantung di antara pohon pinus

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Pengger

Berikut ini fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang ke tempat wisata alam ini:

Fasilitas Hutan Pinus Pengger

  • Ayunan
  • Camping ground
  • Spot foto
  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo
  • Warung makan

Rute Menuju Lokasi Wisata

Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit dari Kota Jogja dengan jarak 21 kilometer. Akses jalanan untuk menuju tempat wisata ini sudah cukup baik namun tetap harus berhati-hati karena banyak tanjakan dan tikungan. Terutama bagi para wisatawan yang menggunakan jasa sewa motor maupun sewa mobil dan belum hafal medan yang harus dilalui.

Rute untuk menuju Hutan Pinus Pengger ini bisa melalui Jalan Wonosari, Jalan Pleret – Pathuk, dan Jalan Dlingo – Pathuk. Untuk arahnya tinggal mengikuti petunjuk arah Hutan Pinus Pengger atau bisa mengikuti rute yang diarahkan google maps.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Berlibur ke Hutan Pinus ini tidak perlu merogoh kocek mahal apalagi jika mengambil paket wisata ke tempat-tempat wisata lainnya di sekitar hutan pinus ini. Berikut ini range tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika mau berlibur ke sini:

KeteranganHarga
Tiket masuk :Rp 7.000,00 per orang
Parkir sepeda motor :Rp 2.000,00
Parkir mobil :Rp 5.000,00
Parkir bus besar :Rp 20.000,00
Jasa foto :Rp 15.000,00 per satu foto
Camping ground :Rp 15.000,00 per orang

Jangan pergi dulu sebelum membaca, Bunker Kaliadem Merapi

Jika kalian ingin datang ke sini bisa setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 00.00 WIB dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sini. Selain biayanya yang murh tempat wisata pinus pengger jadi primadona wisata di daerah Bantul. Jadi kapan anda akan berkunjung ke lokasi ini?

Rate this post