Jembatan Gondolayu Jogja – Siapa bilang jika Yogyakarta tidak memiliki wisata yang insatagramable? Selain berbagai museum 3D yang menarik, Yogyakarta memiliki wisata antimainstream. Jembatan Gondolayu dikenal sebagai pemersatu antar daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Keberadaan jembatan di salah satu kota yang terbilang cukup padat ini, memang mempermudah akses transportasi bagi para masyarakat yang memang memanfaatkan alat transportasi setiap harinya untuk melakukan berbagai aktivitas.

Daya tarik jembatan ini sendiri membuat lokasi ini kerap kali dijadikan sebagai lokasi pemotretan. Berkat adanya jembatan ini, pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan ini juga terbilang lebih meningkat. Banyak hal membuat para masyarakat diuntungkan berkat pembangunan jembatan ini. Jembatan layaknya jembatan yang juga ada di beberapa wilayah ini rupanya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi lokasi wisata ini.

Mengulas Hal Seputar Lokasi Wisata

Sekilas-Tentang-Jembatan-Gondolayu

Di kala sore mulai tiba, akan banyak ditemukan pemandangan anak-anak muda sedang bersantai dan nongkrong di kawasan ini. Dulunya, pohon-pohon rindang yang berdiri di sisi jembatan membuat lokasi ini sangat nyaman digunakan untuk tempat bersantai di sore hingga menjelang malam hari. Namun, seiring berjalannya wkatu pepohonan rindang tersebut tergantikan dengan bangunan-bangunan gedung yang tinggi dan juga megah.

Baca juga, Gereja Sayidan Yogyakarta, Wisata Artistik Eropa Klasik Eropa Klasik

Salah satu daya tarik dari adanya jembatan ini sendiri adalah aliran Kali Code yang membelah kawasan Kota Yogyakarta sehingga banyak pengunjung yang tertarik menyaksikan pemandangan tersebut di lokasi wisata ini. Tidak hanya itu saja, pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang dapat disaksikan melalui jembatan ini sendiri menjadi pemikat jembatan ini.

Terdapat salah satu cerita menarik tentang perkampungan di bawah jembatan ini. Dahulu di tahun 80-an, terdapat perkampungan kumuh di bawah jembatan ini. Nama wilayah tersebut adalah Kali Code. Rumah-rumah di bawah jembatan ini masih menggunakan bambu. Kemudian Y.B. Mangunwijaya bersama dengan mahasiswa dan relawan menata kawasan tersebut dan memberikan sejumlah fasilitas disana. Berkat pembangunan tersebut, akhirnya kawasan ini sempat mendapatkan penghargaan internasional di bidang arsitektur. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Hal yang Dapat Dilakukan di Lokasi Wisata

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di lokasi wisata ini, antara lain sebagai berikut:

  1. Menyaksikan pemandangan di pagi hari dari atas jembatan.
  2. Menyaksikan musisi jalanan yang beraksi di sekitar jembatan.
  3. Berburu aneka kuliner di kawasan ini. Berbagai kuliner di sekitar jembatan bahkan dijual dengan harga yang cukup murah.
  4. Menikmati senja pulang ke peraduan.
  5. Berfoto dengan latar belakang jembatan.
  6. Bersantai ria di sekitar jembatan.

Lokasi Jembatan Gondolayu

Lokasi wisata ini berada di kawasan yang strategis dan mudah untuk Anda lalui. Jika Anda ingin berkunjung ke kawasan Gunung Merapi, maka Anda bisa langsung singgah ke jembatan ini karena letaknya yang sejalur dengan kawasan wisata ke Gunung Merapi. Akses yang mudah dan juga letaknya yang tidak terlalu jauh membuat para wisatawan biasanya singgah ke kawasan wisata ini dengan rental mobil jogja.

Berapa Harga Tiket Masuk yang Harus Dibayar?

Harga tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung sendiri adalah gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali sehingga lokasi wisata ini kerap dibanjiri wisatawan yang tidak ingin melewatkan momen menyaksikan pemandangan dari jembatan ini tanpa membayar sepeserpun.

Fasilitas yang Diberikan

Terdapat sejumlah fasilitas yang diberikan bagi para pengunjung wisata ini, antara lain sebagai berikut:

  • Fasilitas swafoto alias pemandangan yang indah.
  • Aneka kuliner yang dijajakan oleh pedagang makanan.
  • Pertunjukan kesenian oleh para musisi jalanan.
  • Tempat bersantai ria di sore menjelang malam hari.
  • Aneka destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi, seperti Tugu Yogyakarta, Museum Sandi, Malioboro, Benteng Vredeburg, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Alun-Alun Utara Yogyakarta, dan Pasar Beringharjo.

Wajib Perhatikan Hal ini sebelum Nongkrong

Kegiatan di Jembatan Gondolayu

Tips berwisata yang harus Anda terapkan jika Anda berkunjung ke kawasan wisata ini, antara lain sebagai berikut:

  • Selalu menjaga kebersihan di kawasan wisata.
  • Membawa bekal makanan atau minuman agar tidak perlu membeli lagi.
  • Memakai pakaian yang sopan.
  • Membawa kamera yang berkualitas agar hasil fotonya bagus.
  • Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  • Membawa uang receh untuk memberikan sedikit uang kepada musisi jalanan disana.
  • Melindungi selalu barang bawaan Anda.
  • Melakukan pengawasan kepada anggota keluarga Anda.

Itulah tadi pembahasan mengenai wisata Jembatan Gondolayu yang ternyata berada di kawasan Yogyakarta. Anda bisa datang di waktu pagi atau sore menjelang malam untuk menyaksikan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Bagi Anda yang sedang ingin melintas menuju ke kawasan wisata Gunung Merapi, maka sempatkanlah waktu untuk bisa mampir ke kawasan jembatan yang terkenal di Kota Yogyakarta ini. Selamat berlibur dan selalu hati-hati di jalan ya.