Tak heran jika Jogja disebut sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak hal menarik dan istimewa di kota ini yang tidak boleh Anda lewatkan sama sekali. Selain dikenal dengan makanan khas atau kuliner yang enak, Yogyakarta menjadi salah satu kota yang banyak melahirkan para seniman-seniman berbakat yang karyanya tidak perlu diragukan lagi.

Banyak juga museum atau galeri seni yang dibangun di kawasan Yogyakarta untuk tempat menyimpan berbagai karya dari seniman-seniman Yogyakarta, salah satunya adalah Jogja Gallery yang letaknya tak jauh dari Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Galeri ini sendiri, difungsikan sebagai tempat untuk memamerkan karya-karya dari para seniman. Banyak karya dari seniman-seniman Yogyakarta yang kemudian dipajang dan dipamerkan di galeri atau museum ini. Jogja Gallery ini juga kerap kali dikunjungi oleh para pecinta seni atau wisatawan yang ingin melihat langsung karya-karya kesenian yang menjadi warisan bagi seni Indoneisa.

Baca Juga: Gereja Sayidan Yogyakarta, Wisata Artistik Eropa Klasik Eropa Klasik

Wisata Jogja Gallery

Wisata Jogja Gallery

Bangunan museum ini sendiri dibangun sekitar tahun 1929 silam. Pembangunan ini sendiri dilakukan oleh pihak Kolonial Belanda. Dulunya, gedung yang juga digunakan sebagai bioskop ini semakin lama semakin tidak berfungsi dan dilupakan begitu saja. Hingga akhirnya, pihak pengelola memutuskan bangunan ini untuk dijadikan sebagai museum agar bisa dimanfaatkan untuk melestarikan kesenian sebagai warisan budaya Indonesia kelak.

Baca Juga: Masjid Jogokariyan, Wisata Religi dan Budaya Kota Yogyakarta

Kemudian, sejak Sri Sultan Hamengku Buwono X menjabat. Galeri ini kemudian diresmikan langsung oleh beliau pada 19 September 2006. Biasanya, di galeri ini keap kali mengadakan acara-acara seperti pameran lukisan, pameran karya seni rupa, pemutaran film, dan berbagai acara kesenian lainnya. Pengunjung galeri ini juga cukup lumayan setiap harinya.

Berbagai Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Jogja Gallery

Tempat ini menjadi salah satu tempat di Yogyakarta yang menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa melakukan banyak aktivitas di lokasi ini, antara lain sebagai berikut:

  • Menikmati berbagai keindahan lukisan

Ruangan galeri yang terdiri dari tiga bagian ini memiliki lukisan-lukisan yang rapi terpasang di dinding. Lukisan dengan aliran surialis, futuris, abstrak, impresionis banyak dipajang di ruangan ini. Seniman yang membuat lukisan-lukisan tersebut adalah seniman daerah setempat.

  • Menikmati karya seni rupa 3D

Selain karya seni lukis, terdapat juga karya seni 3D yang menarik untuk Anda saksikan. Mulai dari patung, relief, mozaik, grafis, dan berbagai kesenian lainnya dipajang di ruangan ini. Jika di waktu event pameran, Anda akan mendapati banyak sekali karya seni 3D yang dipajang di ruangan ini.

  • Menyaksikan film dokumenter

Bagi Anda yang sangat suka menonton film dokumenter, maka hal ini bisa Anda lakukan jika berkunjung ke museum ini.

  • Berfoto di Galeri

Bangunan khas Belanda yang berada di depan galeri ini menjadi salah satu spot yang kerap digunakan oleh orang-orang untuk membidik foto yang ciamik. Bahkan, jika Anda memotret dengan benar Anda akan mendapatkan hasil foto yang menkajubkan.

  • Berwisata kuliner

Kuliner di sekitar kawasan museum ini juga sudah terkenal enak sehingga Anda bisa mencicipinya ketika Anda mampir ke Jogja Gallery ini.

  • Berwisata di sekitar galeri

Terdapat sejumlah destinasi wisata yang juga dapat Anda kunjungi setelah Anda berkunjungi ke galeri kesenian ini, antara lain Jogja Natonal Museum, Museum Sonobudoyo, Benteng Vredeburg, Museum Perjuangan, Museum Yogyakarta, dan Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman.

 Lokasi Jogja Gallery

Jogja Gallery, Gudang Karya Seni Indonesia di Kota Istimewa

Lokasi wisata ini berada di Jalan Pekapalan 7, Alun-Alun Utara Yogyakarta. Sehingga lokasi ini sangat dekat dengan pusat Kota Yogyakarta. Bagi Anda yang bertolak dari Stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa langsung mengarah menyusuri kawasan Jalan Maliobro dan mengarah langsung ke arah Alun-Alun Utara Yogyakarta. Tak jauh dari Alun-Alun Utara Yogyakarta, Anda akan mendapati galeri kesenian ini di sekitarnya. Namun, berapa harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata ini?

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata

Museum yang beroperasi mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB ini membanderol tiket masuk bagi para pengunjungnya sebesar Rp 3.000,00 per orang. Harga demikian cukup murah mengingat apa yang dapat Anda saksikan di dalam museum tersebut. Sejumlah fasilitas disediakan oleh pihak pengelola museum ini, antara lain galeri kesenian, tempat parkir yang cukup luas bagi kendaraan roda dua maupun roda empat, aneka kuliner yang ada di sekitar kawasan wisata, toilet umum yang cukup bersih, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang tak kalah penting.

Terdapat tips-tips bagi Anda yang ingin berkunjung ke kawasan wisata ini. Anda harus berhati-hati agar tidak sampai merusak karya seni yang dipajang di galeri ini. Selain itu, siapkan kamera bagi Anda yang ingin mengabadikan momen disana.

Baca Juga: Taman Pelangi, Wisata Malam Hari yang Unik di Yogyakarta

Itulah tadi ulasan singlat mengenai kawasna Jogja Gallery yang menarik untuk Anda kunjungi. Jika Anda ingin berlibur kesana, jangan lupa untuk selalu berhati-hati di dalam perjalanan dan jangan ketinggalan mengabadikan momen sekecil apapun. Namun, bila Anda ingin lebih praktis mengunjungi Jogja Gallery dan wisata lain di Jogja, Anda dapat memilih paket wisata sesuai dengan keinginan.