Bagi para pecinta kesenian, tentu tidak akan pernah melewatkan yang namanya tempat atau gedung yang menyimpan berbagai hasil kesenian. Salah satu gedung kesenian di kawasan Yogyakarta yang cukup terkenal adalah Jogja National Museum. Letaknya berada di Jalan Amri Yahya Yogyakarta ini. Museum ini sendiri sudah berdiri cukup lama dan menyajikan berbagai karya seni menarik nanapik.

Jika Anda belum pernah berkunjung ke Jogja National Museum. Secara singkat museum ini mempertontonkan aneka karya seni kontemporer yang unik dan berkualitas tinggi. Bagi Anda yang sangat suka atau sedang menempuh studi seputar karya seni kontemporer, maka keputusan untuk berkunjung ke tempat ini sangatlah tepat. Anda akan disambut dengan karya-karya seni rupa dari berbagai seniman dan juga dengan kreativitas, serta keunikannya masing-masing.

Berbagai Hal Seputar Wisata Jogja National Museum

Pameran-Jogja-National-Museum

Pembangunan museum ini sendiri dibangun dari bekas bangunan Kampus Akademi Seni Rupa Indonesia dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Setelah vakum dan dibiarkan begitu saja hingga tak terawat lagi, pihak Ketua Yayasan Seni Yogyakarta kemudian memutuskan untuk merenovasi bangunan terbengkalai tersebut pada tahun 2006 untuk dijadikan sebagai museum seni. Akhirnya, disebutlah museum ini dengan sebutan Jogja National Museum.

Baca juga, Gembira Loka Zoo, Wisata Keluarga yang Menarik di Kota Gudeg

Dana yang diperoleh untuk pembangunan museum ini sendiri didapat dari penjualan hasil lukisan yang dipamerkan saat acara bertajuk Melukis Lagi di Gampingan. Selain melakukan renovasi yang cukup banyak di beberapa bagian, pihak pengelola juga menambahkan sejumlah fasilitas tambahan, seperti kantin, art shop, dan beberapa ruangan yang dijadikan sebagai tempat pameran karya seni. Sekitar tahun 2008, renovasi dipusatkan di gedung utama agar pengunjung dibuat nyaman ketika berkunjung ke kawasan wisata seni ini.

Kompleks JNM ini sendiri kemudian dibagi menjadi 4 ruang pamer, yaitu Ruang Fine Art Museum Gallery, Pendopo Ajiyasa, Ruang Seni Situs Patung, dan juga Ruang Situs Kriya. Bagi seniman pemula, diberikan juga ruang tersendiri untuk mengadakan atau menampilkan karya seninya di sebuah galeri  tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Lokasi Wisata Jogja National Museum

Lokasi JNM sendiri berada di Jalan Amri Yahya Nomor 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di tengah-tengah Kota Yogyakarta membuat lokasi museum ini sering kali dipadati oleh para wisatawan apalagi para pecinta kesenian kontemporer.

Akses atau rute perjalanan yang bisa Anda tempuh untuk bisa mencapai JNM adalah Anda bisa menaiki kendaraan pribadi, alat transportasi umum, atau juga rental mobil untuk sampai kesana. Anda tinggal mencari lokasi titik di Jalan Amri Yahya melalui maps di handphone dan Anda akan diantar menuju ke lokasi dengan selamat.

Baca juga, Museum Vredeburg, Wisata Peninggalan Belanda Wajib Anda Kunjungi

Hal yang Dapat Dilakukan di Lokasi Wisata

Keunikan-National-Museum-Jogja

Jika Anda sudah tertarik dan hendak berkunjung ke JNM, Anda bisa melakukan banyak kegiatan di lokasi wisata seni yang satu ini, seperti:

  • Melihat-lihat banyak koleksi

Banyak sekali koleksi karya seni yang ditampilkan atau dipajang di museum seni ini. Mulai dari seniman yang sudah terkenal hingga para seniman pemula sering menggelar pameran keseniannya di JNM untuk menarik para pengunjung pecinta karya seni.

  • Berfoto dan mengabadikan momen

Tidak adanya larangan untuk membawa kamera atau handphone masuk ke dalam galeri museum membuat Anda bisa mengabadikan momen ketika berkunjung ke sana. Banyak karya unik yang bisa Anda jadikan sebagai objek berfoto Anda sehingga foto Anda akan tampak lebih menarik. Jadi, jangan lupa siapkan kamera Anda jika berkunjung ke sana.

  • Mengikuti diskusi seni

Jika Anda hobi dengan dunia kesenian, maka Anda bisa turut bergabung dalam diskusi seputar kesenian yang sering diadakan di museum ini. Seniman terkenal yang ada di Yogyakarta sering kali mengisi diskusi di sana sehingga Anda bisa lebih leluasa dan menggali pengetahuan seputar kesenian secara lebih dalam.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang berkunjung di hari-hari biasa, maka Anda beruntung karena pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun untuk bisa masuk kesana alias gratis. Namun, jika ada pameran pertunjukan yang diadakan di sana, harga tiket yang ditawarkan disesuaikan oleh pihak penyelenggara pameran kesenian tersebut.

Baca juga, Sumur Gemuling Tamansari, Spot Foto Paling Instagramable Di Kota Jogja

Fasilitas yang Disediakan oleh JNM

JNM sendiri menawarkan berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di sana, antara lain sebagai berikut:

  • Ruang galeri

Ruang galeri menampilkan banyak sekali karya kesenian yang unik. Susunan karya seni yang rapi dan unik membuat para pengunjung betah berkeliling di ruangan yang satu ini.

  • Ruang workshop

Pengelola di JNM sendiri memang sering kali mengadakan workshop di museum ini sehingga ruangan inilah yang dijadikan sebagai tempat acara workshop berlangsung. Bagi para pecinta kesenian, tentunya acara workshop yang diselenggarakan tidak boleh untuk dilewatkan,

  • Kantor pengelola

Pihak pengelola museum juga memiliki kantor tersendiri yang bisa Anda datangi jika Anda ingin bertanya-tanya seputar museum tersebut.

  • Artshop

Jika Anda ingin membeli beberapa karya kesenian di sana, juga ada ruangan artshop dimana di sana dijual aneka benda kerajinan dengan kualitas tinggi.

  • Internet gratis

Fasilitas internet gratis yang disediakan oleh pihak pengelola menjadi salah satu fasilitas unggulan yang ada di kawasan museum ini sehingga banyak sekali pengunjung yang datang dan memanfaatkan internet gratis ini untuk mengakses jaringan internet.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai JNM yang berada di kawasan Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin berkunjung selalu perhatikan keamanan barang-barang kesenian jangan sampai Anda merusak atau mengotorinya.

Rate this post