Yogyakarta adalah salah satu daerah yang telah sukses mengembangkan potensi wisatanya. Hal ini terbukti dengan banyaknya nama-nama objek wisata yang mulai bermunculan, seperti salah satunya adalah Jurang Tembelan. Seperti namanya, objek wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang tidak phobia dengan ketinggian.

Sebenarnya objek wisata ini juga baru dibuka jelang akhir tahun 2016 yang lalu. Namun karena banyak orang yang merasa kagum dengan pemandangannya, jadilah objek wisata ini begitu ramai dibicarakan di media sosial. Makanya tidak heran jika hampir setiap akhir pekan, tempat ini cukup ramai oleh wisatawan. Banyak juga tour and travel yang memasukan tempat ini ke dalam paket wisata 2 hari mereka.

Jurang Tembelan Menawarkan Pemandangan Sunset dan Sunrise

Sebelum populer seperti sekarang ini, Jurang Tembelan hanyalah salah satu area yang sepi dan tak begitu diperhatikan. Namun, setelah area ini dikembangkan dan ditambahkan dengan beberapa fasilitas, mulailah banyak orang yang berbondong-bondong mendatanginya.

Salah satu pemandangan yang ditawarkan oleh objek wisata satu ini ialah Sungai Elo. Dan karena posisi Jurang Tembelan ini juga cukup dekat dengan objek wisata yang lainnya, yaitu Mangunan, maka saat berada di sini, pengunjung bisa sekalian melihat gardu pandang Mangunan.

Lihat juga: Bukit Bintang

Selain bisa menyaksikan gardu pandang Mangunan tersebut, objek wisata ini juga memungkinkan pengunjungnya untuk menikmati pemandangan hijau yang sangat cantik. Dan apabila pengunjung datang saat sore hari atau pagi hari, pengunjung tersebut juga bisa sekalian menikmati sunset dan sunrise di Jurang Tembelan ini.

Kedua fenomena alam tersebut seringkali hadir dengan diselingi oleh kabut yang khas dari daerah Mangunan, terutama pada saat musim penghujan. Karena itu, supaya pemandangan sunset dan sunrisenya lebih bagus lagi, sebaiknya Anda datang pada saat musim kemarau saja.

Spot Foto Jurang Tembelan Begitu Kekinian

Tak hanya berniat menikmati pemandangan, umumnya orang-orang yang datang ke Jurang Tembelan ini juga sekalian mengambil foto dengan berlatarkan pemandangan sekitar. Apalagi pihak pengelola juga menyediakan spot yang sangat mendukung untuk itu berupa gardu pandang yang bentuknya seperti kapal.

Keindahan Alam Jurang Tembelan

Gardu pandang berbentuk kapal ini ada di atas ketinggian, sehingga tidak heran juga jika kemudian banyak orang yang memanggilnya dengan sebutan kapal Titanic di atas awan. Dari gardu pandang ini, setiap pengunjung bebas mengambil foto sesuai dengan keinginannya.

Secara keseluruhan, sebenarnya objek wisata Jurang Tembelan ini tidak terlalu luas. Bahkan cenderung sempit. Namun, karena pemandangannya yang sangat bagus ditambah dengan adanya gardu pandang kapal Titanic, tak ada salahnya juga jika Anda menjadikan tempat ini sebagai objek untuk refreshing dan kegiatan fotografi.

Lokasi Jurang Tembelan Mudah Diakses

Anda dapat mengunjungi Jurang Tembelan kapan saja, karena objek wisata ini dibuka 24 jam. Lokasinya sendiri berada di dekat Kebun Buah Mangunan, tepatnya adalah di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Lokasi tersebut dapat Anda akses dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau kalau kendaraan pribadi sedang tidak bisa diajak liburan, bisa juga dengan sewa mobil lepas kunci jogja atau motor. Hanya saja sebelum berangkat ke sana, pastikan bahwa kondisi tubuh benar-benar prima.

Fasilitas Wisata yang Ada di Jurang Tembelan

Tempat wisata ini memang baru dibuka beberapa waktu yang lalu. Namun objek wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantara fasilitas yang dapat ditemukan di lokasi wisata ini ialah sebagai berikut.

  • Gardu pandang
  • Gazebo
  • Warung
  • Tempat parkir
  • Toilet

Harga Tiket Masuk di Jurang Tembelan

Spot Foto Jurang Tembelan

 

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini ini tidak ada atau gratis. Hal ini berlaku apabila tujuan Anda datang ke sana adalah untuk sekedar jalan-jalan saja. Tetapi kalau Anda ingin mengambil foto, Anda perlu membayar seikhlasnya. Mau foto prewedding di sini? Bisa juga kok.

Kunjungi juga wisata alam lainnya, Hutan Pinus Pengger

Harga tiketnya hanya Rp 50.000. Sementara untuk biaya retribusi atau parkir, hanya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan dengan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan dengan roda 4. Sangat terjangkau bukan?

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Foto PreweddingRp 50.000,00
Parkir Roda DuaRp 3.000,00
Parkir Roda EmpatRp 5.000,00

Apapun alasan Anda datang ke Jurang Tembelan ini, sebaiknya pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan, supaya kebersihan objek wisata satu ini tidak terganggu. Jangan lupa untuk mengajak teman pergi ke sana, karena pemandangan alam yang bagus seperti ini lebih enak bila dinikmati bersama-sama.