Berbicara mengenai tempat-tempat wisata yang menarik dan asik untuk dikunjungi di Jogja ternyata tidak ada habisnya. Banyak bermunculan tempat wisata baru yang menawarkan panorama keindahan yang menyejukkan mata, lengkap dengan fasilitas spot foto yang menarik. Seolah memanjakan para generasi milenial yang senang tampil eksis di sosial media.

Kali Kuning Park adalah Salah satu tempat wisata alam dan edukasi baru yang cukup banyak diminati pengunjung.  Dengan nuansa pegunungan dan alamnya yang masih sangat asri akan memanjakan para pengunjung yang datang sambil menikmati sepoi-sepoi angin dan udara yang sejuk. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja murah terlengkap.

Menariknya lagi, ide awal pembuatan tempat wisata ini berawal dari keprihatinan setelah terjadinya erupsi Gunung Merapi yang menyebabkan kawasan Kali Kuning menjadi area yang terbengkalai. Sekarang kawasan yang terbengkalai itu pun telah menjelma menjadi tempat wisata cantik yang memiliki nilai jual dengan beragam keindahan dan fasilitas yang tersedia.

Panorama dan Fasilitas yang Ditawarkan Kali Kuning Park

Panorama Kali Kuning Park

Kali Kuning Park bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tempat wisata yang baru digarap sejak pertengahan 2017 ini menyuguhkan pesona alam yang begitu istimewa mulai dari landscape Gunung Merapi, hamparan hijaunya hutan, pemandangan hutan pinus dari atas, serta air yang begitu jernih.

Baca juga, Candi Sewu Jogja

Pengunjung pun akan semakin tertarik dengan spot-spotyang sangat instagramable untuk berswafoto baik sendiri maupun bersama teman-teman. Seperti spot foto di jembatan, pagar kayu, atas bukit, spot foto dengan background berbentuk love yang dikelilingi bunga-bunga, kursi duduk yang menggantung, dan masih banyak lagi. Bahkan para pengunjung pun akan semakin tertarik dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di area Kali Kuning Park seperti berikut ini:

  • Berkemah

Membangun tenda-tenda kemah di tengah hamparan hijau yang luas dengan background pemandangan eksotisme Gunung Merapi tentu akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Tidur beratapkan langit, beralaskan tanah, dan ditemani kayu bakar yang diambil dari hutan untuk menghangatkan tubuh akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

  • Tracking

Bagi para pengunjung yang gemar dengan kegiatan alam, tracking di kawasan wisata Kali Kuning Park tidak akan membosankan. Para pengunjung akan belajar dan mengamati perubahan apa yang terjadi setelah erupsi Merapi atau melihat berbagai benda milik warga yang terkena abu vulkanik sambil menikmati udara segar serta suksesi yang mulai terjadi setelah erupsi. Keramahtamahan penduduk sekitar yang bekerja di kebun atau di hutan ketika berpapasan akan menambah pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

  • Bersepeda

Olahraga naik sepeda tidak hanya bisa dilakukan di jalan-jalan yang lapang. Pengunjung yang gemar bersepeda dan memacu adrenalin akan menghadapi tantangan dan rintangan berupa jalan bebatuan dan menanjak di kawasan wisata ini.

  • Wisata dengan Jip

Wisata dengan jip atau yang dikenal dengan Lava Tour menjadi salah satu ikon kegiatan wisata yang paling digemari di kawasan Kali Kuning Park. Sensasi menegangkan dan serunya berkeliling menggunakan jip tentu akan memberikan kesan yang berbeda disbanding dengan menggunakan mobil pribadi.

  • Pengamatan/Penelitian

Selain dibangun untuk tujuan wisata, Kali Kuning Park juga sering dijadikan tempat pengamatan dan penelitian karena kawasan ini memiliki ekosistem yang unik apalagi dengan suksesi serta vegetasi yang terbentuk setelah erupsi.

Fasilitas-fasilitas yang disediakan pun cukup memadai dan dapat mengakomodasi kebutuhan para pengunjungnya. Terdapat tempat parkir yang cukup luas, pusat informasi, toilet, mushola, warung, penginapan, serta camping ground. Dengan adanya fasilitas tersebut, para pengunjung pun akan merasa lebih aman dan nyaman serta bisa belajar lebih dekat dengan alam.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Kali Kuning Park

Area Kali Kuning Park berada di Pngukrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman yang lokasinya berada kurang lebih hanya 7 km dari puncak Merapi. Rute menuju lokasi tempat wisata ini pun cukup mudah dijangkau dengan hanya menyusuri sepanjang Jalan Kaliurang, lalu belok kanan  menuju arah Kaliadem sebelum Hotel Eden 2 (Jalan Kaliurang km 21/22). Tidak jauh dari pos retribusi, Kali Kuning Park terlihat dengan jelas di sisi kiri jalan. Jika Anda ingin menuju lokasi tempat wisata ini, anda bisa rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Harga tiket yang dipatok untuk memasuki kawasan wisata di Kali Kuning Park pun sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 7.500,00 rupiah saja sudah termasuk asuransi. Jika ingin berkemah dan membawa tenda sendiri, para pengunjung cukup membayar Rp 20.000,00 per orang. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki tenda, karena pihak pengelola menyewakan tenda dengan tariff Rp 50.000,00 per malam termasuk sleeping bag dan matras.

Baca juga, Gunung Ireng Srumbung

Kali Kuning Park juga menjadi pilihan berlibur yang sangat asyik bersama keluarga karena di sini juga disediakan fasilitas tenda family alias rumah kayu. Harga yang ditawarkan berkisar dengan range berikut ini:

Column 1Column 2
Paket StandarRp 600.000,00
Paket DeluxeRp 850.000,00
Paket PremiumRp 1.300.000,00

Pengalaman seru dan asyik selama berkunjung di Kali Kuning Park tentu akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan dengan segala panorama keindahan yang ditawarkan. Tunggu apa lagi? Para pengunjung bisa datang kapan saja di kawasan wisata Kali Kuning Park ini. Paket tour jogja banyak tersedia dan ditawarkan oleh pihak agen wisata jika bingung bagaimana datang ke tempat wisata ini.