Beri peringkat untuk posting ini

Menghabiskan waktu liburan ke tempat-tempat wisata yang berbau alam tentu menjadi salah satu cara bagi sebagian besar orang untuk refreshing dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Susur goa atau cave tubing kadang terdengar menyeramkan apalagi jika harus melewati bagian gelap di dalam gua. Akan tetapi, aktivitas ini bisa menjadi alternatif yang seru dan mengasyikkan untuk mengisi liburanmu dengan cara yang berbeda.

Gunungkidul terkenal sebagai daerah dengan kawasan karst atau kapur dan merupakan salah satu faktor terbentuknya goa alami di wilayah ini. Seiring dengan perkembangan pariwisata di Gunungkidul, kawasan wisata susur goa mulai bermunculan dan diminati banyak pengunjung. Terdapat salah satu goa yang cukup terkenal di antara 60-an goa di Gunungkidul yang dikelola menjadi kawasan wisata alam yang seru dan menantang.

Menyusuri Keindahan Alam di Balik Goa Kali Suci

Kali Suci Cave Tubing, Wisata Alam yang Seru dan Menantang

Kali Suci menawarkan paket wisata yang cukup menarik karena memadukan susur goa atau caving dengan arum jeram atau rafting di dalam sungai bawah tanah. Akan lebih afdol jika datang ke tempat ini membawa rombongan karena harus ada beberapa orang yang harus ikut andil untuk bisa mengikuti kegiatan caving dan rafting ini. Para pengelola akan menemani dengan ramah sebagai tour guide selama proses penyusuran goa berlangsung.

Baca juga, Taman Sari Yogyakarta, Tempat Wisata Murah di Kota Budaya

Para pengunjung akan mendapatkan perlengkapan seperti headlamp, jaket pelampung, pengaman lutut, helm, pengaman kaki, dan ban setelah diberikan pengarahan untuk keperluan penyusuran goa. Penyusuran sungai bawah tanah dengan menggunakan ban di Kali Suci ini dapat memakan waktu hingga 1,5 jam.

Pemandu wisata akan mengajak para pengunjung berjalan kaki dari basecamp menuju lokasi Kali Suci dengan melewati kebun pohon jati terlebih dahulu sampai akhirnya tiba di lokasi cave tubing. Pengarungan sungai akan dimulai setelah semua peserta duduk di atas pelampung dan mereka pun akan merasakan sensasi luar biasa ketika melewati beberapa titik yang penuh dengan bebatuan dan jeram.

Pemandangan berupa warna biru kehijauan air sungai yang terlihat kontras dengan warna coklat tanah, tebing karst, dan hijaunya daun di sekeliling sungai menjadi panorama yang begitu menyegarkan mata. Keindahan stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa menambah harmoni yang indah dalam satu kesatuan tempat wisata ini. Tak jarang para pengunjung pun akan mendapati kelelawar yang berkeliaran di sekitar goa karena binatang tersebut memanfaatkan langit-langit goa sebagai tempat tinggal.

Pengunjung pun akan merasakan sensasi petualangan dengan berganti suasana dari bagian yang remang, gelap ketika memasuki relung Goa Kalisuci dan Goa Gelatik, hingga pencahayaan yang terang dari sinar matahari langsung ketika keluar dari bagian dalam goa.

Jalur yang harus dilewati selama menyusuri goa sepanjang 600 – 700 meter ini dimulai dari Goa Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan Goa Mburi Omah sebagai pemberhentian terakhir. Selain mendapatkan pengalaman baru, para pengunjung pun dapat belajar banyak hal selama proses penyusuran karena pemandu akan menjelaskan dengan detail sejarah dan bagian-bagian yang terdapat di dalam goa.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Kali Suci Cave Tubing, Wisata Alam yang Seru dan Menantang

Lokasi kawasan wisata Goa Kali Suci ini sangat mudah dicari karena biasanya terdapat banyak petunjuk yang terpampang di jalan-jalan untuk menuju lokasi. Lokasinya tepat berada di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Rute yang harus dilewati jika berangkat dari Kota Jogja adalah dengan melewati jalur Piyungan – Patuk – Sambipitu – Hutan Rest Area Bunder. Kemudian lurus terus menuju anah alun-alun Wonosari – Baleharjo sampai menemukan Jembatan Jirak Semanu. Setelah itu, pilih arah ke kanan ke Pasar Semanu dan belok ke kanan ketika sampai di pertigaan Tri Wana Sakti. Jika datang bersama rombongan, akan lebih efektif jika menggunakan jasa sewa bus yang ditawarkan agen tour and travel di Jogja.

Harga tiket masuk yang ditawarkan merupakan paket lengkap wisata termasuk sewa perlengkapan yang ada. Setiap pengunjung akan dipatok dengan harga Rp 70.000,00 dan cukup membayar retribusi Rp 5.000,00 saja.

Baca Juga, Museum Anak Kolong Tangga Jogja, Salah Satu Wisata Edukasi di Yogyakarta

Jika ingin mencoba merasakan sensasi susur goa di Kali Suci ini, usahakan datang bersama rombongan minimal 4 orang agar bisa melakukan cave tubing bersama-sama. Namun, jika datang sendiri harus siap-siap menunggu rombongan lain datang karena penyusuran tidak bisa dilakukan jika hanya seorang diri. Berhati-hatilah selama proses penyusuran goa karena kedalaman sungai di sini berkisar 1 – 3 meter.