Kulonprogo adalah salah satu wilayah kebanggaan Yogyakarta yang sangat kaya akan potensi wisata alamnya. Ada cukup banyak destinasi yang bisa Anda tuju saat berada di kabupaten yang ada di gugusan Perbukitan Menoreh ini. Salah satunya adalah Kalibiru Kulonprogo.

Kalibiru ini sendiri sebenarnya merupakan kawasan hutan lindung. Namun hutan lindung tersebut telah dikelola sedemikian rupa oleh masyarakat sekitar, sehingga sekarang berubah menjadi area yang hits dan dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Sekilas Informasi Mengenai Wisata Kalibiru Kulonprogo

Sebelumnya, area Kalibiru ini adalah kawasan perkampungan biasa yang bahkan hutannya sendiri sempat mengalami pembalakan liar besar-besaran. Akibatnya, area ini menjadi area kosong yang membawa sejumlah dampak buruk seperti kekeringan dan longsor.

Baca juga, Waduk Gajah Mungkur, Bendungan yang Memiliki Daya Tarik Wisata

Pada tahun 1999 hingga tahun 2008, Kalibiru kemudian dikelola sehingga sekarang menjadi begitu menarik untuk dikunjungi. Objek wisata Kulonprogo satu ini  menawarkan pemandangan cantik yang berupa Bendungan Sermo dan Perbukitan Menoreh di Kejauhan.

Pastinya pemandangan tersebut akan dirasakan apabila Anda berada di puncak bukit. Dan untuk mencapai puncak bukit tersebut, Anda harus melalui jalan mendaki yang cukup menguras tenaga. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda membawa perbekalan, terutama air dalam jumlah yang cukup banyak.

Sesampainya di puncak pun, ada beberapa gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pemandangan yang lebih ideal lagi. Dan sebagai tambahan informasi, puncak keindahan yang ditawarkan oleh Kalibiru sebenarnya akan berlangsung saat sore hari atau pagi hari. Mengapa demikian?

Karena di kedua waktu tersebut, pesona sunrise dan pesona sunset juga akan mengenai daerah ini sehingga pemandangannya akan lebih menakjubkan lagi.

Aktifitas Seru di Objek Wisata Kalibiru

Tak hanya bisa menikmati pemandangan saja, saat berada di objek wisata Kalibiru Kabupaten Kulonprogo ini, setiap wisatawan juga bisa melakukan aktifitas seru lainnya. Diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Berfoto

Bisa dikatakan bahwa aktifitas berfoto adalah salah satu kegiatan yang difavoritkan oleh pengunjung yang datang ke Kalibiru. Ada lima spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola, dan masing-masing spot foto tersebut mempunyai harga yang berbeda-beda.

  • Outbond

Aktifitas yang lainnya ialah memacu adrenalin melalui permainan outbond. Adapun permainan outbond yang tersedia di sini diantaranya adalah flying fox, sling, climbing, spider web dan wooden bridge. Sama seperti aktifitas yang pertama, untuk menikmati permainan outbond ini pengunjung harus membayar terlebih dahulu.

  • Menikmati Fasilitas yang Ada

Selain bisa melakukan kedua aktifitas di atas, setiap pengunjung objek wisata Kalibiru juga bisa melakukan aktifitas lain berupa menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di sana. Tentunya untuk yang satu ini juga ada harganya.

Fasilitas yang Ada di Objek Wisata Kalibiru

Objek wisata Kalibiru telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang bisa membuat pengunjung menjadi lebih nyaman. Diantara fasilitas-fasilitas tersebut ialah sebagai berikut.

  • Camping ground
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Warung yang menjual aneka makanan dan minuman
  • Lahan parkir yang cukup luar
  • Homestay atau pondok wisata
  • Toilet umum

Lokasi Objek Wisata Kalibiru Kulonprogo

Objek Wisata Kalibiru Kulonprogo

Lokasi objek wisata Kalibiru ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, lokasi ini masih termasuk dalam kawasan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru dengan ketinggian sekitar 450 mdpl.

Objek wisata Kulonprogo yang satu ini juga termasuk dalam wilayah Perbukitan Menoreh, yang berada sekitar 45 km jauhnya dari pusat Kota Yogyakarta. Sedangkan cara untuk mencapai ke sana ialah bisa dengan sewa motor atau mobil jika memang tidak punya kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Kalibiru

Berbagai fasilitas yang disediakan di objek wisata Kalibiru ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda, dan tentunya terpisah dari tiket masuk. Dengan demikian, setiap wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sesuai dengan fasilitas yang ingin dinikmatinya saja.

Baca juga, Waduk Sermo, Keindahan di Balik Perbukitan Menoreh Kulonprogo

Adapun informasi estimasi harga tiket masuk beserta dengan harga fasilitas yang terdapat di objek wisata Kalibiru ialah sebagai berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000 per orang
Tarif Parkir Roda 2Rp 2.000 per unit
Tarif Parkir Roda 4Rp 5.000 per unit
Harga Sewa Kamar HomestayRp 120.000 per malam
Harga sewa pendopoRp 150.000 dan sudah gratis makan malam
Biaya berfoto di spot 1Spot panggung dan spot bundar sebesar Rp 15.000
Biaya berfoto di spot 2 dan spot loveRp 10.000

Terjangkaunya harga tiket masuk dan harga fasilitas-fasilitas yang ada di Kalibiru Kulonprogo tentu tidak akan membuat kantong jadi jebol. Lebih dari itu, berada di objek wisata yang istimewa ini juga merupakan momen yang tepat untuk menghilangkan penat. Agar lebih mudah dan praktis liburan di Kalibiru Anda bisa membeli paket wisata yang ditawarkan oleh tour and travel.

Kalibiru Kulonprogo, Hutan Lindung dengan Daya Tarik Wisata
5 (100%) 1 vote[s]