Berwisata dengan mencoba permainan yang seru dan cukup memacu adrenalin seperti tubing menjadi wisata yang cukup banyak diminati para wisatawan. Sehingga selain menikmati pemandangan alam yang indah di sekeliling wahana, para wisatawan juga dapat merasakan serunya bermain dan melewati rintangan di sungai tersebut.

Tak heran wisata seperti ini sering ramai peminat dan muncullah penawaran-penawaran dalam bentuk paket wisata. Wisata Karst Tubing di Sedayu menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai pengunjung meskipun masih tergolong baru.

Pengunjung akan merasakan sensasi menyusuri sungai menggunakan ban dengan melewati rintangan-rintangan seperti batuan maupun derasnya air. Keseruan ini tentu hanya bisa dirasakan jika berani mencoba untuk memacu adrenalin dengan bermain wahana tersebut.

Serunya Body Rafting di Karst Tubing

Karst Tubing Bantul

Kegiatan utama yang ditawarkan dari wisata Karst Tubing ini adalah body rafting atau wisata menyusuri Sungai Konteng dengan menggunakan ban. Disebut Karst Tubing karena terdapat batuan jenis karst di sepanjang sungai yang dilewati. Batuan tersebut merupakan batuan yang berasal dari lahar dingin yang membeku dan agak licin dengan tekstur yang empuk sehingga jika dihentak dengan keras akan mudah pecah.

Baca Juga, Embung Nglanggeran, Pesona Danau Dipuncak Bukit Kota Istimewa

Selama proses penelusuran sungai, para pengunjung akan didampingi pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang kondisi sungai. Terdapat tiga spot titik yang akan didatangi para wisatawan, yaitu spot foto di titik pertama, lingkaran untuk loncat dari tebing di titik kedua, dan tikungan agak jeram di titik ketiga. Ketika melewati tikungan tersebut, para pengunjung akan membentuk formasi memanjang seperti kereta yang sambung-menyambung setelah turun dari arung jeram kecil.

Salah satu momen yang cukup menarik adalah ketika para pengunjung diajak berdiri di atas ban. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan nan indah berupa pepohonan nan rindang di kanan kiri sungai. Sungai ini hampir tidak pernah mati karena airnya terus mengalir dengan aliran yang berasal dari beberapa sungai yang berakhir di Kaliprogo.

Fasilitas yang Tersedia di Karst Tubing

Karst Tubing Jogja

Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan selama berada di kawasan wisata Karst Tubing:

  • Kamar mandi dan toilet
  • Kantin
  • Mushola
  • Tempat bermain anak-anak
  • Panggung Terbuka
  • Tempat parkir

Kegiatan Lain yang Bisa Dilakukan di Karst Tubing

Selain body rafting sebagai permainan inti yang ditawarkan di Karst Tubing ini para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain yang tak kalah serunya. Berikut ini beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan selama berwisata ke Karst Tubing:

  1. Bersepeda (cycling) di pinggiran persawahan dan masuk ke dalam perkampungan menggunakan sepeda tua
  2. Kursus tari kuda lumping bersama para seniman kuda lumping sekaligus bisa untuk melakukan pentas bersama
  3. Menyewa dan menginap di pondok dan rumah tinggal yang disediakan dengan harga terjangkau
  4. Mengambil paket kegiatan outbound untuk pengembangan diri/tim dan sangat cocok untuk dijadikan sarana membangun keakraban suatu tim
  5. Berkemah di camping ground yang lokasi tepatnya berada di pinggiran sungai dengan suasana yang alami

Rute dan Lokasi Karst Tubing

Lokasi Karst Tubing berada di Jalan Wates km 9.5, Dusun Surobayan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat Kota Jogja dengan jarak 12 kilometer. Pengunjung bisa datang setiap hari ke sini mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga,  Jogja Bay, Liburan Bersama Keluarga Murah dan Lebih Seru

Rute yang bisa dilalui dari adalah dari pusat Kota Jogja – lurus kea rah Jalan Wates – belok kiri ke Jalan Glondong setelah melewati Jalan Wates km 9.5, belok kanan dan lurus terus hingga sampai di Karst Tubing. Tak perlu khawatir jika masih bingung karena di zaman yang serba canggih ini para wisatawan bisa memanfaatkan Google Maps.

Harga Tiket Masuk Karst Tubing

Memasuki kawasan wisata ini memang tidak dipungut biaya, namun para pengunjung yang ingin merasakan sensasi tubing di sungai pun sangat diperkenankan dengan harga yang cukup murah. Berikut ini range harga tiket yang ditawarkan oleh pihak pengelola:

KeteranganHarga
Wisatawan domestic dengan durasi 900 meter – 30 menitRp 40.000,00
Wisatawan mancanegara dengan durasi 900 meter – 35 menitRp 60.000,00
Wisatawan domestic dengan durasi 900 meter – 30 menitRp 50.000,00
Wisatawan mancanegara dengan durasi 1.400 meter – 45 menitRp 70.000,00

Harga tersebut sudah termasuk peralatan safety seperti helm, jaket pelampung, sepatu, pemandu wisata, asuransi, kopi, air hangat, rebusan ubi rambat, dan makanan tradisional lainnya.

Jika ingin menggunakan jasa videographer dan fotografer di sini, para wisatawan harus mengeluarkan biaya tambahan Rp 75.000,00. Untuk dapat menyusuri sungai ini dalam satu grup minimal harus ada 6 orang dengan didampingi 1 atau 2 orang pemandu wisata.

Baca Juga, Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise, Surganya Berburu View Sunrise

Merasakan sensasi tubing menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan sekitar yang asri dan udaranya yang sejuk tentu menjadi pilihan yang tepat untuk refreshing melepaskan kepenatan sehari-hari.

Rate this post