Beri peringkat untuk posting ini

Di era digital saat ini, peran sosial media dalam mengembangkan potensi wisata di suatu daerah memiliki pengaruh yang sangat besar. Tak jarang banyak tempat wisata baru bermunculan yang langsung menjadi hits dan banyak dikunjungi setelah viral di sosial media. Apalagi jika tempat-tempat wisata tersebut memiliki spot-spot foto yang instagrammable sehingga terlihat apik ketika diposting di akun sosial medianya.

Pesona keindahan yang disuguhkan alam memang selalu memikat dan menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung. Kota Jogja yang terkenal sebagai kota pariwisata ini tak ketinggalan menghadirkan wisata alam baru yang unik dan menarik. Salah satunya adalah kebun tebu yang disulap menjadi tempat wisata yang sangat hits di daerah Kulonprogo.

Panorama Keindahan Kebun Tebu Girimulyo

Panorama Kebun Tebu Girimulyo

Bukan hal yang tabu lagi jika Jogja terkenal sebagai surganya wisata alam yang bahkan hampir di setiap kabupaten atau kota terdapat wisata alam yang sangat menarik. Baru-baru ini Kebun Tebu Girimulyo yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Kulonprogo menjadi salah satu perbincangan di sosial media lantaran view atau pemandangan yang disuguhkan merupakan perpaduan yang indah dan sangat instagrammable.

Baca Juga, De Mata Trick Eye Museum, Wisata Yogyakarta yang Instagrammable Banget

Kecantikan pemandangan hamparan hijau dari pohon tebu ini semakin menambah kecantikan dengan bunganya yang berwarna putih bermekaran ketika di bulan April hingga Juli.

Hamparan hijau dan bunga dari pepohonan tebu yang awalnya nampak biasa ini menjadi sangat indah dipandang mata ketika melihat hasil jepretan di sosial media yang nampak sangat apik. Keelokan kebun tebu ini semakin terkenal ketika dijadikan sebagai lokasi shooting sebuah film yang cukup sukses.

Sangat disarankan untuk datang ke Kebun Tebu Girimulyo ini ketika sebelum sunrise dan sunset agar tidak ketinggalan momen indah terbit dan terbenamnya di balik hamparan pepohonan tebu. Selain menjadi lokasi wisata alam baru yang cukup hits di Jogja, kebun tebu ini juga sering dijadikan tempat untuk mengambil momen foto prewedding atau post wedding, syuting video klip, photoshoot produk, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih ciamik, para pengunjung bisa mencoba mengambil foto di beberapa spot berikut ini:

  • Jalan setapak dan kebun tebu yang letaknya berada tepat di tepi jalan utama sehingga sangat mudah ditemukan karena tidak sulit untuk mengaksesnya.
  • Rumah kayu yang dibangun dengan tiga tingkat di tepi jalan utama kebun tebu ini dengan biaya seikhlasnya jika ingin menggunakan fasilitas rumah kayu ini.
  • Papan nama kebun yang menjadi ikon sekaligus papan informasi mengenai Kebun Tebu Girimulyo yang lokasinya tidak jauh dari rumah kayu.
  • Jalan setapak di lading tebu yang lokasinya berada persis di sebelah papan nama.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Rute ke Kebun Tebu Girimulyo

Kebun Tebu Girimulyo tepatnya berlokasi di Dusun Sibolong, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo dan tidak sulit untuk menemukan kebun tebu ini karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Selain itu, jalan atau akses untuk menuju lokasi tempat wisata ini searah dengan jalur menuju Goa Kiskendo.

Dari arah Yogyakarta, pengunjung yang akan menuju lokasi kebun tebu ini bisa melalui Jalan Godean kemudian lurus terus ke barat hingga perempatan Kenteng dan ambil kanan ke arah Kalibawang. Setelah itu, cukup lurus saja menuju Goa Kiskendo/Goa Maria hingga menemukan hamparan persawahan. Tidak jauh dari situ setelah jalanan yang sedikit menanjak akan kita temukan hamparan Kebun Tebu Girimulyo yang letaknya berada di sebelah kanan.

Wisata alam ke tempat hits satu ini pun tidak membuat kantong menipis karena untuk memasuki kawasan wisata ini tidak dipungut biaya tiket masuk sama sekali. Kemudian tinggal bagaimana para pengunjung untuk tetap bisa menjaga keasrian hamparan alam di kebun tebu ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memetik bunga atau dedaunan pohon tebu ini seenaknya sendiri.

Baca Juga, Monumen Jogja Kembali, Wisata Replika Sejarah Yang Sarat Edukasi

Tentu kebun tebu ini akhirnya menjadi salah satu alternatif untuk tetap bisa berwisata dan menikmati alam tanpa harus merogoh kocek banyak. Nah jika ingin datang berkunjung ke kebun tebu ini jangan lupa untuk membawa kamera, agar tidak kehilangan momen untuk mengabadikan pemandangan apik di sini. Selain itu, jika Anda datang dari luar kota tak perlu khawatir tidak ada angkutan umum karena terdapat banyak tempat penyewaan motor atau mobil untuk mengakomodasi kebutuhan perjalananmu.