Apa yang seseorang rasakan ketika melihat hamparan hijau pepohonan dengan udaranya yang sejuk setelah berhari-hari. Sebelumnya selalu berkutat dengan kepenatan, polusi, dan kemacetan di jalanan? Perasaan fresh dan segar seolah menghampiri seketika dan menghilangkan kepenatan yang ada sebelumnya. Berwisata ke alam menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress dan menyegarkan pikiran kembali.

Kebun teh menjadi salah satu tempat wisata yang sangat banyak diminati karena sifat pepohonan ini yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi dengan udara yang dingin atau sejuk. Selain melihat keindahan alam berupa hamparan hijau yang tampak segar di mata, badan dan pikiran pun dapat sejenak beristirahat dan merasakan sejuknya udara tanpa polusi. Bukan hanya di Bandung saja kita bisa menemukan hamparan kebun teh, di Jogja pun juga dapat kita temukan Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo.

Sekilas Tentang Kebun Teh Kulonprogo

Sekilas Kebun Teh Kulonprogo

Kebun Teh Kulonprogo merupakan sebuah kebun teh biasa yang sudah ada sejak belasan tahun lalu sebagai mata pencaharian warga sekitar Pagerharjo. Namun, seiring dengan perkembangan potensi wisata yang ada kebun teh ini kemudian dikelola menjadi salah satu tempat wisata yang sangat banyak diminati pengunjung untuk menghabiskan waktu liburannya.

Keindahan panorama sunrise dan sunset selalu dinanti para wisatawan karena bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam di balik hamparan hijau pohon the. Selain itu, jika berada di puncak perkebunan teh yang lokasi tepatnya berada di atas ketinggian 800 mdpl pengunjung bisa melihat 8 puncak gunung yang indah, yaitu Merapi, Slamet, Merbabu, Prau, Ungaran, Telomoyo, Sumbing, dan Sindoro.

Baca Juga : Jembatan Gondolayu Jogja, Nongkrong Pinggir Jalan? No Problem

Bisa dikatakan Kebun Teh Kulonprogo memiliki fungsi ganda sebagai mata pencaharian petani teh tradisional yang memetik daunnya untuk dijual ke pabrik atau penyalur teh, sekaligus sebagai penghasilan tambahan dari sisi wisata karena tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan Desa Nglinggo sendiri telah dikenal sebagai desa wisata sehingga pengelolaannya dilengkapi dengan fasilitas yang sangat komplit.

Fasilitas di Kebun Teh Kulonprogo

Bagi yang tinggal di luar daerah tidak perlu khawatir mencari penginapan karena penginapan berupa homestay tersedia di sekitar Desa Nglinggo ini atau menggunakan voucher hotel yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata. Fasilitasnya pun sangat memadai layaknya di hotel-hotel lainnya seperti tempat tidur yang nyaman, toilet yang bersih, dan makanan tradisional khas Samigaluh yang bakal memanjakan para wisatawan. Selain itu, terdapat pula warung-warung yang menjajakan camilan dan aneka makanan lainnya atau menikmati teh asli racikan warga Nglinggo.

Beberapa spot foto yang terdapat di area kebun teh yang berada di bagian Pegunungan Menoreh ini pun sangat menarik untuk dijadikan tempat hunting foto atau video. Apalagi jika berada di puncak perkebunan ini, pemandangan indah berupa gunung-gunung yang menjulang tinggi dan hamparan asrinya pepohonan di sekitar kawasan kebun akan menjadi momen indah yang tidak terlupakan.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Kebun Teh Kulonprogo

Kebun Teh Nglinggo lokasinya berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo tepatnya di sebelah barat dari kota Jogja dengan akses yang cukup jauh dari pusat kota. Untuk menuju tempat ini bisa melalui jalur Jalan Godean hingga menemukan Jembatan Kali Progo lalu belok ke kanan usai menemukan lampu merah. Pada lampu merah kedua yang berada di perempatan Dekso, ambil ke arah kiri dan akan ditemukan Pasar Plono sekitar 10 km jauhnya lalu ikuti papan petunjuk untuk menuju lokasi.

Jalanan dan akses menuju lokasi Kebun Teh Nglinggo memang sudah beraspal namun tetap harus berhati-hati karena banyak jalanan berlubang yang sewaktu-waktu bisa membahayakan pengendara. Apalagi ketika musim hujan tiba jalanan licin dan harus sangat berhati-hati karena banyak tanjakan dan tikungan yang harus dilewati.

Baca Juga : Menikmati Karya Seni Menakjubkan di Museum Affandi Yogyakarta

Liburan ke Kebun Teh Nglinggo selain untuk berwisata menyegarkan mata, pengunjung bisa sekaligus belajar melihat langsung bagaimana daun-daun teh dipetik oleh para petani sebelum akhirnya disalurkan ke pabriknya. Untuk memasuki kawasan wisata ini pun para pengunjung hanya cukup membayar Rp 3.000,00 saja sebagai tiket masuk.

Menghabiskan waktu liburan tidak harus dengan cara yang mahal, menikmati pemandangan dengan suasana yang sejuk tentu akan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melepas penat. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo. Apalagi jika datang bersama rombongan dengan menyewa bus tentu perjalanan akan menjadi lebih mengesankan.

Rate this post