Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah di Provinsi Yogyakarta yang sangat identik dan terkenal dengan kekayaan alamnya berupa pantai-pantainya yang indah dan eksotis. Tak heran jika setiap hari libur dan weekend tiba jalan menuju wilayah pantai di Gunungkidul selalu padat kendaraan para wisatawan yang datang berkunjung.

Keindahan dan pesona alam pantai dengan ciri khas pasirnya yang putih dan airnya yang berwarna kebiruan menjadi pemandangan yang banyak diburu para wisatawan. Para wisatawan biasanya akan menikmati keindahan laut dan pantainya dengan bermain di bibir pantai baik sekedar duduk santai maupun bermain bersama ombak.

Bagaimana jika menikmati keindahan pantai tersebut dapat dilakukan di atas bukit yang menyuguhkan keindahan pantai tersebut dari atas? Puncak Kosakora akan menjawab semuanya karena tempat ini merupakan suatu bukit yang posisinya berada di jajaran pantai yang ada di Gunungkidul.

Baca Juga, Kali Kuning Park, Wisata Alam dan Edukasi yang Instagramable

Pesona Keindahan Pantai dari Puncak Kosakora

Bukit Kosakora Gunungkidul

Siapapun yang pernah berkunjung ke pantai-pantai di Gunungkidul maupun hanya melihatnya melalui foto-foto di internet pasti akan mengakui keindahan dan keelokannya. Kejernihan airnya yang berwarna biru yang selaras dengan warna langit, pasirnya yang bersih berwarna putih, karang-karangnya nan elok, ombak. Melihatnya dari berbagai sudut pun akan tetap nampak indah dan keindahan tersebut akan tampak lebih menawan ketika melihatnya dari atas bukit.

Puncak Kosakora dengan ketinggian 50 mdpl ini letaknya persis di samping Pantai Ngrumput dan di dekat Pantai Drini dan untuk mencapai puncak ini pengunjung harus rela trekking berjalan kaki. Lelahnya berjalan kaki melewati tanjakan dan bukit-bukit serta lading penduduk pun terbayar dengan keindahan berupa kemegahan pantai yang didapat ketika berada di puncak bukit.

Baca Juga, Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain Keluarga di Kota Yogyakarta

Tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk hunting foto sunrise maupun sunset dengan background air laut dan pesisir pantai yang begitu mengagumkan. Para wisatawan dapat melihat bentang garis pantai-pantai di Gunungkidul lainnya dengan pemandangan lautnya yang terlihat luas. Tak jarang banyak wisatawan yang bermalam di sini dengan mendirikan tenda-tenda sambil menyalakan api unggun di sekitar tenda.

Tips Berwisata di Puncak Kosakora

Mengingat untuk mencapai Puncak Kosakora ini sedikit butuh perjuangan, agar perjalanan menjadi tidak sia-sia tentu ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian ikuti jika hendak berkunjung ke Kosakora:

  • Siapkan stamina karena untuk mencapai puncak harus dengan berjalan atau trekking melewati tanjakan dengan keadaan jalan tanah yang bervariasi
  • Pakailah alas kaki yang aman dan nyaman agar tidak menginjak batuan karang yang tajam yang terdapat di sekeliling jalan setapak
  • Jika kalian ingin menginap di sini lebih baik dirikan tenda sendiri dan camping di atas bukit agar lebih hemat. Jika tidak punya peralatan camping¸ di sini juga terdapat tempat penyewaan alat-alat camping dan kayu bakar pun dijual di sini
  • Bawalah kamera terbaik yang dipunya untuk mengabadikan momen-momen berharga seperti sunrise maupun sunset

Rute dan Lokasi  Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Yogyakarta

Lokasi Puncak Bukit Kosakora berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak 61 kilometer. Tidak ada kendaraan umum yang sampai langsung ke tempat ini sehingga para wisatawan khususnya yang berasal dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa motor atau sewa mobil yang tersedia.

Rute menuju Bukit Kosakora ini pun tidak sulit dan bisa melewati rute dari pusat Kota Jogja – ke arah Jalan Wonosari – lurus terus sampai perempatan Amigo – lurus terus sampai pertigaan Mulo – belok kiri ke arah Pantai Indrayanti – lurus terus sampai pertigaan SMKN 1 Tepus – belok kanan sampai menemukan pos retribusi – lurus terus sampai menemukan pertigaan arah Pantai Sundak – belok kanan ke arah Pantai Drini – tidak jauh dari Pantai Drini sampailah di Puncak Kosakora.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Para pengunjung dapat datang ke lokasi Puncak Kosakora ini setiap hari dan buka selama 24 jam. Tempat wisata ini tergolong murah dan sangat direkomendasikan karena tempatnya bersih dan para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama keindahan yang begitu mempesona. Tak jarang banyak yang memanfaatkan paket wisata untuk sekaligus berwisata dan mengunjungi pantai-pantai lain di sekitarnya.

Baca Juga, Goa Jomblang Gunungkidul, Wisata Uji Adrenalin Bersama Keluarga

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek mahal untuk datang ke tempat wisata ini dan cukup membayar range tiket dan tarif berikut ini:

KeteranganHarga
Retribusi portal pantaiRp 10.000
Tiket Bukit KosakoraRp 2.000
Parkir motorRp 3.000
Parkir mobilRp 5.000
Camping di KosakoraRp 10.000

Berlibur ke Puncak Kosakora ini seperti paket komplit karena bisa menikmati banyak hal seperti pemandangan pantai nan indah, udaranya yang segar, dan serunya camping bersama teman maupun keluarga.

Rate this post